Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I – KONSEP PBO DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I – KONSEP PBO DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom."— Transcript presentasi:

1 BAB I – KONSEP PBO DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.

2 BAHASA PROSEDURAL 1. Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur. 2. Cara pandang  program adalah suatu urutan instruksi. 3. Adanya pemecahan program utama menjadi modul-modul kecil.

3 BAHASA PROSEDURAL 4. Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama. 5. Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data. 6. Data bersifat pasif.

4 Pemrograman Berorientasi Objek 1. Fungsi dan data BUKAN menjadi dua hal yang terpisah. 2. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut objek aktif. 3. Cara pandang  program adalah serangkaian objek yang bekerja sama menyelesaikan masalah.

5 Prosedural VS OOP Fokus terhadap cara komputer menyelesaikan suatu tugas Fokus terhadap objek yang sedang digunakan PROSEDURALOOP

6 PENGERTIAN OBJECT ORIENTED Suatu paradigma yang menggunakan objek dengan identitas yang membungkus propertis dan operasi, melewatkan pesan, dan inheritance untuk menyelesaikan domain permasalahan.

7 PENGERTIAN OO SYSTEM Sebuah sistem yang dibangun berdasarkan metode berorientasi objek.

8 OBJEK 1. Semua benda di dunia nyata bisa dianggap sebagai objek. 2. Contoh: kursi, meja, buku, sepeda, komputer. 3. Penggambaran pemrograman berorientasi objek = penggambaran di dunia nyata.

9 OBJEK Abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu yang ada di dunia nyata dan harus dapat dibedakan dengan objek lain.

10 CLASS 1. Kumpulan objek-objek yang memiliki atribut yang sama. 2. Template untuk membuat objek. 3. Prototipe atau blue print yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum.

11 CLASS 4. Objek merupakan hasil instansiasi dari class. 5. Proses pembentukan objek dari suatu class disebut INSTANTIATION. 6. Objek disebut juga INSTANCES.

12 ANALOGI CLASS DAN OBJEK Di dalam proses memasak puding, class dianalogikan sebagai cetakan tempat puding dibentuk sedangkan objek dianalogikan sebagai puding-puding hasil cetakan tersebut. 1 CLASS = N BUAH OBJEK

13 ANALOGI CLASS DAN OBJEK CLASS VS OBJECT = DATA TYPE VS VARIABEL

14 ATTRIBUTES 1. Data yang membedakan antara object yang satu dengan yang lain. 2. Contoh: Manusia  Salah satu mahluk hidup. Atributnya: status, berat badan, dan tinggi badan. 3. Di dalam class atribut disebut sebagai VARIABEL.

15 INSTANCE VARIABLE 1. Atribut untuk tiap objek dari class yang sama. 2. Tiap objek menyimpan dan mempunyai nilai atributnya sendiri. 3. Tiap objek dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang sama ataupun berbeda.

16 CLASS VARIABLE 1. Atribut untuk semua object yang dibuat dari class yang sama. 2. Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. 3. Semua objek dari class yang sama mempunyai satu nilai yang sama.

17 BEHAVIOR 1. Hal-hal yang bisa dilakukan sebuah object dari sebuah class. 2. Digunakan untuk mengubah nilai atribut sebuah objek, menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk menyelesaikan suatu task.

18 BEHAVIOR 3. Contoh pada objek manusia: Mengerjakan tugas kuliah, Mandi, Tidur, Makan. 4. Dalam sebuah class, behavior sering disebut sebagai METHODS.

19 METHODS 1. Serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task. 2. Cara objek berkomunikasi dengan objek lain adalah dengan menggunakan methods.

20 CONTOH

21 class lagu{ char judul[35]; char penyanyi[25]; int durasi; void check_durasi(int durasi){ if(durasi>0) System.out.println(“Valid”); } NAMA CLASS INSTANCE VARIABLE METHOD

22 KONSEP DASAR OOP 1. Enkasulapsi (Encapsulation). 2. Pewarisan (Inheritance). 3. Polimorfisme (Polymorphism).

23 ENKAPSULASI

24 1. Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah object yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. 2. Variabel dan method yang dipunyai sebuah object bisa ditentukan hak aksesnya.

25 ENKAPSULASI 3. Contoh: MOBIL. Mobil sangat dibutuhkan orang sebagai sarana transportasi tapi cara kerja tiap bagian di dalam mobil tersebut tidak penting untuk diketahui.

26 INHERITANCE

27 1. Pewarisan atribut dan method dari suatu class ke class yang lainnya. 2. Class yang mewarisi  Superclass. 3. Class yang diwarisi  Subclass. 4. Subclass bisa menjadi superclass bagi class yang lainnya  Multilevel Inheritance.

28 KEUNTUNGAN INHERITANCE 1. Subclass bisa menyediakan behaviornya sendiri. 2. Memungkinkan mempergunakan ulang souce code dari superclass. 3. Bisa mendeklarasikan superclass yang bersifat generik  Abstact Class.

29 SINGLE INHERITANCE 1. Satu class hanya diperbolehkan mempunyai satu superclass. 2. Bahasa  JAVA.

30 MULTIPLE INHERITANCE 1. Satu class diperbolehkan mempunyai lebih dari satu superclass. 2. Variabel dan method yang diwariskan merupakan kombinasi dari para superclassnya. 3. Bahasa  C++.

31 POLYMORPHISME

32 Kemampuan suatu object untuk mempunyai berbagai bentuk.

33 TUGAS 1. Carilah konsep PBO di web-web terkait lalu pelajari! 2. Buatlah laporan tentang konsep PBO sesuai dengan poin-poin yang sudah dijelaskan! (perkelompok) 3. Kumpulkan 2 minggu lagi.

34 EPISODE AKAN DATANG ADT (Abstract Data Type) Pelajari struct (record)!!!

35


Download ppt "BAB I – KONSEP PBO DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google