Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
KOMPONEN SISTEM KOMPUTER Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
2
1. brainware (manusia/perangkat otak/pemikir)
KOMPONEN SISTEM KOMPUTER Terdiri atas 3 elemen : 1. brainware (manusia/perangkat otak/pemikir) 2. hardware (perangkat keras) 3. software (perangkat lunak/program)
3
Brainware Peran manusia dalam komputerisasi terbagi menjadi 3: operator programer system analyst
4
brainware Operator adalah SDM yang bertugas mengoperasikan komputer. Seorang operator hanya dituntut dapat mengoperasikan suatu program sehingga komputer dapat dimanfaatkan untuk suatu pekerjaan. Programer adalah SDM yang bertugas menyusun instruksi-instruksi yang dikemas dalam file program sehingga tercipta perangkat lunak yang mngarahkan komputer pada kemampuan tertentu. Programer adalah pembuat program/software. System analyst adalah SDM yang bertugas menganalisis persoalan-persoalan yang berhubungan dengan komputerisasi. System analyst mendata kebutuhan pengguna komputer dalam bidang tertentu untuk kemudian menjada bahan dalam merancang suatu software.
5
Hardware/perangkat keras
adalah seluruh perangkat penunjang terlaksananya komputerisasi. Secara garis besar dikelompokkan menjadi 4 : perangkat input /masukan (mouse, keyboard, scanner, foto digital, microphone, pembaca sidik jari, digital movie camera ) perangkat penyimpan (CD R/W, DVD R/W, Flash disk, Harddisk ) perangkat pemroses (Indonesia didominasi oleh produk Intel dan produk AMD. Intel terkenal dengan prosesor pentium AMD terkenal dengan prosesor Athlon ) perangkat keluaran (Monitor, Speaker, Printer )
6
Sistem Operasi (Operating System),
Perangkat lunak : terbagi menjadi 4 macam Sistem Operasi (Operating System), Program Aplikasi (Application Programs), Bahasa Pemrograman (Programming Language), Program Bantu (Utility)
7
Sistem Operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain
8
Program Aplikasi (Aplication Programs)
adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
9
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
10
Program Bantu (Utility)
merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
11
Pengenalan Perangkat Keras Komputer
Struktur Komputer Memory CPU Input Unit Output Unit Secondary Storage Slamin
12
Pengenalan Perangkat Keras Komputer
Input unit : Mata dan telinga komputer. Digunakan untuk menerima informasi. Keyboard, mouse, digital camera. Output unit : Mulut, tangan dan kaki komputer. Digunakan untuk memberi informasi. Monitor, printer, speaker. CPU (Central Processing Unit) : Otak komputer. Slamin
13
Pengenalan Perangkat Keras Komputer
Memory : Digunakan CPU untuk menyimpan instruksi dan data. Mengambil perintah dari CPU dan melakukan perintah tersebut. Disebut juga RAM (Random Access Memory). Secondary Storage : Menyimpan program dan data untuk jangka panjang. Harddisk, floppy disk, CD. Slamin
14
ALAT INPUT Alat-alat untuk memasukkan data ke sistem komputer
Misal : keyboard, mouse, dsb. Input bisa berupa : Data Program (maintenance input)
15
ALAT OUTPUT Alat untuk mengeluarkan hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh sistem komputer Misal : layar (monitor), printer, dsb.
16
CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)
Unit/peralatan untuk melaksanakan instruksi- instruksi program Merupakan pusat dari suatu sistem komputer Pada prinsipnya semua peralatan komputer dijalankan melalui serangkaian instruksi
17
ALAT INPUT TIDAK LANGSUNG
Input tidak langsung diolah oleh sistem komputer, tetapi disimpan pada suatu media tertentu, kemudian melalui mekanisme tertentu input tersebut dibaca oleh sistem komputer Jenis : key-to-card, key-to-disk,key-to-tape
18
ALAT INPUT TIDAK LANGSUNG
19
ALAT INPUT LANGSUNG Input yang dimasukkan langsung diolah oleh sistem komputer Mekanisme dibuat agar sistem komputer langsung melaksanakan pengolahan dari alat input jenis ini Misal : keyboard
20
TERMINAL Alat input yang sekaligus dilengkapi alat output
Umumnya manusia memerlukan alat untuk meyakinkan apakah input yang dimasukkan ke sistem komputer sesuai yang diinginkan, untuk itu biasanya diperlukan layar untuk menampilkan apa yang sedang diinput
21
TERMINAL +
22
JENIS TERMINAL DUMB TERMINAL; terminal yang tidak mempunyai kemampuan pemrosesan data, sekedar sebagai alat input SMART TERMINAL; terminal yang mempunyai kemampuan koreksi input sebelum dikirim ke sistem komputer INTELLIGENT TERMINAL; terminal yang mempunyai kemampuan pemrosesan data sendiri, tidak bergantung sepenuhnya pada sistem komputer
23
JENIS TERMINAL
24
JENIS-JENIS INPUT TEKS; huruf (a-z, A-Z), angka (0-9), simbol (, . : ; ‘ $ % ….) CITRA (IMAGE); pola garis (vector) dan pola titik (bitmap) OBJEK; pemandangan alam, benda, manusia, dsb. SUARA; musik, percakapan, dsb. POSISI; titik, posisi relatif dari titik, gerakan, dsb.
25
JENIS-JENIS ALAT INPUT LANGSUNG
KEYBOARD POINTING DEVICES SCANNER MICROPHONE SENSOR CAMERA
26
KEYBOARD Digunakan dengan menekan tombolnya
Macam dan bentuk bervariasi, misal : keyboard HP, keyboard ATM, keyboard PC, keyboard QWERTY, keyboard huruf Kanji, dsb. Biasanya digunakan untuk menginput data jenis teks
27
KEYBOARD
28
POINTING DEVICES Mouse Stylus Light pen Joystick Touched-screen
Digunakan dengan menggeser atau menggerakkan Biasanya digunakan untuk menginput data jenis posisi atau perubahan posisi Mouse Light pen Touched-screen Stylus Joystick Digitizer
29
Pointing devices
30
SCANNER Digunakan dengan mencitra data atau pola, misal : berupa gambar atau pola di kertas Jenis-jenis : GRAPHIC SCANNER; untuk menginput teks agar dapat diedit kembali MICR; untuk menginput tulisan menggunakan tinta magnetik seperti pada cek BARCODE READER; untuk menginput kode yang ditulis dengan Barcode
31
SCANNER (lanjutan) Jenis-jenis (lanjutan) :
MAGNETIC READER; untuk menginput kode yang ditulis dengan stripe magnetik, misal : pada kartu ATM OCR READER; untuk menginput kode yang ditulis dengan huruf/font OCR OMR; untuk menginput kode yang dibuat dengan pensil-2B 3-D SCANNER; untuk menginput kontur 3-D benda atau gerak benda
32
SCANNER (lanjutan) Jenis-jenis (lanjutan) : Biometric scanner;
Fingerprint scanner; untuk menginput pola/gambar sidik jari Retina scanner; untuk menginput pola retina mata
33
SCANNER
34
SCANNER
35
MICROPHONE Untuk menginput suara, misal : percakapan
Data yang dimasukkan akan diproses oleh sistem pemrosesan suara (voice processing) maupun pengenalan suara (voice recognizing) Pemrosesan suara : manipulasi suara dengan mengubah berbagai parameter, misal : amplitudo, frekuensi, pola suara, dsb. Pengenalan suara : pencocokan suara dengan suara yang telah ada
36
MICROPHONE
37
SENSOR Untuk menginput data berbentuk besaran fisika, misal : kecepatan, temperatur, dsb. Setiap besaran fisika memerlukan jenis sensor tersendiri Setiap sensor dilengkapi dengan modul pengubah dari besaran fisika menjadi data digital
38
SENSOR
39
CAMERA DIGITAL Untuk menginput data jenis objek
Hasilnya pada sistem komputer berupa citra (gambar pola titik); biasanya dapat diedit dengan program pengedit gambar Gambar diam : berupa pola titik yang tidak punya efek bergerak Gambar bergerak : pola titik terdiri dari banyak frame sehingga punya efek bergerak; setiap frame berisi satu gambar diam
40
CAMERA DIGITAL
41
DRIVER Merupakan program yang digunakan untuk mengoperasikan alat input tertentu Setiap jenis alat input mempunyai drivernya masing-masing Driver menyediakan sekumpulan perintah yang dapat diterima oleh masing-masing alat input yang dapat diberikan melalui sistem komputer
42
INTERKONEKSI ALAT INPUT DENGAN KOMPUTER
Sistem untuk menghubungkan antara alat input (maupun alat lain) kepada sistem komputer Serial Paralel PS-2 USB Bloetooth Infra merah
43
INTERKONEKSI
44
INTERKONEKSI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.