Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA. SIFAT DAN JENIS MATERI Sifat materi ada 4 yaitu sifat ekstensif, sifat intensif, sifat fisika dan sifat kimia Wujud materi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA. SIFAT DAN JENIS MATERI Sifat materi ada 4 yaitu sifat ekstensif, sifat intensif, sifat fisika dan sifat kimia Wujud materi."— Transcript presentasi:

1 KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA

2 SIFAT DAN JENIS MATERI Sifat materi ada 4 yaitu sifat ekstensif, sifat intensif, sifat fisika dan sifat kimia Wujud materi ada 3 yaitu padat (solid), cair (liquid) dan gas (gas)

3 PERUBAHAN MATERI Perubahan materi ada 2 yaitu perubahan fisika dan kimia Ciri – ciri perubahan kimia yaitu menghasilkan zat baru (terjadi perubahan suhu, timbul gas, warna, bau dan terbentuk endapan) Ciri – ciri perubahan fisika yaitu tidak menghasilkan zat baru

4 PERUBAHAN KIMIA & FISIKA Perubahan kimia meliputi peristiwa pembakaran, perkaratan, peragian, fotosintesis, pelapukan, pembusukan Perubahan fisika meliputi peristiwa perubahan wujud, aliran listrik

5 SKEMA MATERI ZAT TUNGGAL UNSUR SENYAWA CAMPURAN HOMOGEN HETEROGEN LOGAM NON LOGAM LARUTAN KOLOID SUSPENSI

6

7 PEMISAHAN CAMPURAN Proses penyaringan (filtrasi) Proses pemutaran (sentrifuge) Proses penguapan (evaporasi) Proses kristalisasi Proses sublimasi Proses penyulingan (distilasi) Proses kromatografi Proses ekstraksi

8 Proses penyaringan (filtrasi) Penyaringan adalah pemisahan campuran berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Penyaringan dilakukan untuk memisahkan zat padat dari zat cairnya.

9 Proses pemutaran (sentrifuge) Pemutaran dilakukan apabila komponen dalam suspensi berjumlah sedikit. Pemutaran suspensi dalam suatu tabung dengan kecepatan yang tinggi akan menghasilkan gaya sentrifugal yang lebih besar dari gaya gravitasi, sehingga partikel – partikel komponen dalam suspensi akan mengendap pada dasar tabung.

10 Proses penguapan (evaporasi) Penguapan dilakukan untuk memisahkan komponen zat terlarut dari pelarutnya. Contoh : Proses pembuatan garam dapur dari air laut.

11 Proses kristalisasi Kristalisasi didasarkan pada perbedaan kelarutan dari komponen campuran zat padat dalam pelarut tertentu. Kristalisasi dapat digunakan untuk memurnikan suatu zat dari pengotornya.

12 Proses sublimasi Sublimasi merupakan pemisahan campuran berdasarkan perubahan wujud zat dari zat padat menjadi gas tanpa melalui zat cair lebih dahulu. Contoh : Kapur barus yang bercampur dengan tanah.

13 Proses penyulingan (distilasi) Penyulingan adalah pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih komponen.

14 Proses kromatografi Kromatografi adalah teknik pemisahan campuran berdasarkan pada perbedaankecepatan perambatan komponen dalam medium tertentu.

15 Proses ekstraksi Ekstraksi merupakan pemisahan campuran dimana zat terlarut akan didistribusikan dalam dua buah pelarut yang tidak dapat bercampur.


Download ppt "KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA. SIFAT DAN JENIS MATERI Sifat materi ada 4 yaitu sifat ekstensif, sifat intensif, sifat fisika dan sifat kimia Wujud materi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google