Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBANGUNAN DAN LINGKUNGAN HIDUP P. PEMBANGUNAN Proses mengubah masyarakat di negara-negara berkembang secara terencana, transformatif (menjadi lebih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBANGUNAN DAN LINGKUNGAN HIDUP P. PEMBANGUNAN Proses mengubah masyarakat di negara-negara berkembang secara terencana, transformatif (menjadi lebih."— Transcript presentasi:

1 PEMBANGUNAN DAN LINGKUNGAN HIDUP P

2 PEMBANGUNAN Proses mengubah masyarakat di negara-negara berkembang secara terencana, transformatif (menjadi lebih baik), sesuai dengan program- program yang sudah ditentukan secara politik oleh para pengambil kebijakan.

3 Pembangunan Manusia UNDP (1990:1) Suatu proses untuk memperbesar pilihan-pilihan bagi manusia ("a process of enlarging people's choices"). Fokus pembangunan suatu negara adalah penduduk karena penduduk adalah kekayaan suatu negara. Definisi ini lebih luas dari definisi pembangunan yang hanya menekankan pada pertumbuhan ekonomi. Dalam konsep pembangunan manusia, pembangunan seharusnya dianalisis serta dipahami dari sudut manusianya, bukan hanya dari pertumbuhan ekonominya, Sebagaimana dikutip dari UNDP (1995:118): Pembangunan harus mengutamakan penduduk sebagai pusat perhatian; Pembangunan dimaksudkan untuk memperbesar pilihan-pilihan bagi penduduk, tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan mereka; oleh karena itu, konsep pembangunan manusia harus terpusat pada penduduk secara keseluruhan, dan bukan hanya pada aspek ekonomi saja; Pembangunan manusia memperhatikan bukan hanya pada upaya meningkatkan kemampuan (kapabilitas) manusia tetapi juga pada upaya- upaya memanfaatkan kemampuan manusia tersebut secara optimal; Pembangunan manusia didukung empat pilar pokok, yaitu : Prodiktifitas, pemerataan, kesinmabungan, dan pemberdayaan; Pembangunan manusia menjadi dasar dalam penentuan tujuan pembangunan dan dalam menganalisis pilihan-pilihan untuk mencapainya.

4 PEMBANGUNAN POSITIF (EKONOMI) NEGATIF (LINGKUNGAN) PEMBANGUNAN KONVENSIONAL

5

6

7 PRIHATIN SADAR/TJAWABPEDULI LAHIRNYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

8 ECO DEVELOPMENT (SUISTAINABLE DEVELOPMENT) PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN (KEBUTUHAN HAYATI & MANUSIAWAI) LESTARI FUNGSI LINGK (TDK CEMAR DAN RUSAK) LINGKUNGAN (SUMBER DAYA)

9 PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

10

11 PENGELOLAAN YANG UNGGUL TERPADUSEIMBANG

12

13 INDEKS PEMBANGUNAN Kekayaan Rata2-PNB & PDB Distribusi dan Pemerataan Pendapatan Kualitas Hidup: PQLI (Harapan Hidup, Kematian Bayi & % Buta dan Melek huruf)

14

15

16

17 FEED BACK SUPRA STRUKTUR INFRA STRUKTUR SUB STRUKTUR TEKNOLOGI EKONOMI PENDIDIKAN HUKUM

18

19 Negara Indonesia 6,4 6,7 2. Malaysia 5,3 5,3 3. Singapora 5,5 4,8 4. Thailand 4,5 4,8 5. Filipina 5,0 5,3 6. Cina 9,6 9,2 7. India 8,2 8,8 8. Negara Maju 2,2 2,4 9. Negara Berkembang 6,6 6,2

20

21 LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA

22

23

24 Orang Asing Saja Kagum

25 PEMANFAATAN SKA < POT LESTARI SKA BID KP TUMP. BANG LANJUT HARAPAN SKA BID KP > ± 50 % DARI PDB KONTRIBUSI HASIL SKA SAAT INI = 13,35 % DARI PDB SEBAGAI PERBANDINGAN : -CINA 37 % -JEPANG 43 % -ISLANDIA 54 % PEMANFAATAN SKA < POT LESTARI SKA BID KP TUMP. BANG LANJUT HARAPAN SKA BID KP > ± 50 % DARI PDB KONTRIBUSI HASIL SKA SAAT INI = 13,35 % DARI PDB SEBAGAI PERBANDINGAN : -CINA 37 % -JEPANG 43 % -ISLANDIA 54 % SURVIVAL PENGELOLAAN SKA BID KP SURVIVAL PENGELOLAAN SKA BID KP 25

26 APA TIDAK KASIHAN

27 Lanjutan Sejak kecil sy sdh seperti ini sikat gigi, mandi, cuci beras. Apakah sdh mencemari? Siapa berwenang menindak?

28 120 JUTA HA 62,6 % RI HUTAN TROPIKA TERLUAS KE 3 -FUNGSI HUTAN, - KONSERVASI = keaneka ragaman/ekosIstm - HUTAN LINDUNG = hydro-orology/tata air HUTAN PRODUKSI = memproduksi HHK & HHNK HUTAN JUGA PRODUSEN OXYGEN HUTAN JUGA PENYERAP CO2 MEMPUNYAI FUNGSI GLOBAL

29 KABUT ASAP AKIBAT KEBAKARAN LAHAN TIDUR TIDAK DIJAGA DAN TIDAK DITANAMI PEMILIK IJIN

30 Kebakaran Hutan

31 31 HASIL PENGUKURAN DAN PENGHITUNGAN SAMPAI DENGAN TANGGAL 20 JUNI 2007 ± BATANG

32

33

34

35 Pencemaran Emisi Industri Asap sdh hitam dan terjadi setiap hr dan sdh lama Apakah sdh mencemari? Siapa berwenang menindak? Undang-undang yg digunakan? Apakah dibiarkan saja begitu terus?

36 Pencemaran Emisi Transportasi Apakah sdh mencemari? Siapa berwenang menindak? Undang-undang yg digunakan? Apakah dibiarkan saja begitu terus?

37 Lanjutan Melalui internet, ini masuk laris di Indonesia Produksi tiap hari seiring dg pemakaiannya. Apa mengandung bahan kimia?

38 Lanjutan..... Melalui internet, ini masuk laris di Indonesia Produksi tiap hari seiring dg pemakaiannya. Apa mengandung bahan kimia?

39 Limbah Impor Demi uang, kita impor aja ke Indonesia Melalui internet, laris di Indonesia Bisa dikreasi menjadi barang asesoris Apa mengandung bahan kimia? Kalau ada pengguna tercemar, bgm?

40

41

42 Lanjutan.... Demi uang, kita impor aja ke Indonesia Melalui internet, laris di Indonesia Bisa dikreasi menjadi barang asesoris, baju. Apa mengandung bahan kimia? Kalau ada pengguna tercemar, bgm?

43

44

45

46

47

48

49

50

51

52 Indonesia Maju

53

54

55 JAYALAHINDONESIAKUJAYALAHINDONESIAKU Sekian dan Terima Kasih Sekian dan Terima Kasih

56 PEMBANGUNAN Dalam praktiknya, karena kebijakan bersifat politik, maka pembangunan lekat dengan ideologi tertentu, dalam hal ini adalah kapitalisme, yang relatif liberal dan menganut ekonomi pasar, dalam sosiologi pembangunan akan dipelajari bagaimana disiplin ilmu ini melihat proses pembangunan. Di masa lalu pembangunan terkait dengan perang dingin antara blok komunis dan kapitalis sehingga teori yang lahir adalah modernisasi vs dependencia (ketergantungan). Kini blok kapitalis di atas angin, namun benturan pembangunan (yang notabene berasal dari Barat) dengan kondisi lokal akan menjadi perhatian utama


Download ppt "PEMBANGUNAN DAN LINGKUNGAN HIDUP P. PEMBANGUNAN Proses mengubah masyarakat di negara-negara berkembang secara terencana, transformatif (menjadi lebih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google