Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tata Tulis Laporan Ilmiah Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tata Tulis Laporan Ilmiah Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom."— Transcript presentasi:

1 Tata Tulis Laporan Ilmiah Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom

2 Ciri-ciri Bahasa Ilmiah Bahasa Ilmiah harus tepat dan tunggal makna, tidak remang nalar ataupun mendua. Bahasa Ilmiah harus tepat dan tunggal makna, tidak remang nalar ataupun mendua. Contoh:”penelitian ini mengkaji teknik pentajaman objek yang efektif dan efisien” Contoh:”penelitian ini mengkaji teknik pentajaman objek yang efektif dan efisien” Bahasa Ilmiah mendefinisikan secara tepat istilah, dan pengertian yang berkaitan dengan suatu penelitian, agar tidak menimbulkan kerancuan. Bahasa Ilmiah mendefinisikan secara tepat istilah, dan pengertian yang berkaitan dengan suatu penelitian, agar tidak menimbulkan kerancuan.

3 Ciri-ciri Bahasa Ilmiah (2) Bahasa Ilmiah itu singkat, jelas dan efektif. Bahasa Ilmiah itu singkat, jelas dan efektif. Contoh:”tulisan ini (dilakukan dengan maksud untuk) membahas kecendrungan teknologi informasi menjelang abad ke-21”. Contoh:”tulisan ini (dilakukan dengan maksud untuk) membahas kecendrungan teknologi informasi menjelang abad ke-21”. Catatan: kata-kata yang didalam kurung sebaiknya dihilangkan.

4 Koherensi Kalimat Hal-hal yang dapat mengganggu koherensi kalimat Tempat kata Tempat kata Pekan Olah Raga Bekas Penyandang Kusta Nasional Pekan Olah Raga Bekas Penyandang Kusta Nasional Pemilihan dan Pemakaian Kata Pemilihan dan Pemakaian Kata Memilih kata depan atau kata penghubung yang salah: Memilih kata depan atau kata penghubung yang salah: Dari hasil perhitungan….. Dari hasil perhitungan….. Memilih dua kata yang kontradiktif atau medan maknanya tumpang tindih: Memilih dua kata yang kontradiktif atau medan maknanya tumpang tindih: Banyak penderita-penderita …. Banyak penderita-penderita …. Suatu ciri-ciri yang didapatkan…... Suatu ciri-ciri yang didapatkan…...

5 Koherensi Kalimat (2) Menggunakan kata yang tidak sesuai: Menggunakan kata yang tidak sesuai: Walaupun banyak artikel berpendapat….. Walaupun banyak artikel berpendapat….. Menggunakan nama atau istilah yang benar, tetapi penulisannya keliru: Menggunakan nama atau istilah yang benar, tetapi penulisannya keliru: Poison (Poisson) distribution Poison (Poisson) distribution

6 Kalimat yang Efektif membahayakan bagi penderita membahayakan bagi penderita membicarakan tentang penyakit membicarakan tentang penyakit mengharapkan akan tindakan mengharapkan akan tindakan para dokter saling bantu- membantu para dokter saling bantu- membantu keharusan daripada dilakukannya tindakan pembedahan keharusan daripada dilakukannya tindakan pembedahan membahayakan penderita membahayakan penderita membicarakan penyakit membicarakan penyakit mengharapkan tindakan mengharapkan tindakan para dokter saling membantu para dokter saling membantu keharusan melakukan pembedahan keharusan melakukan pembedahan

7 Struktur Penulisan Kalimat Kelengkapan SPOPel-K. Kelengkapan SPOPel-K. Subjek : siapa/ apa, tidak didahului preposisi. Subjek : siapa/ apa, tidak didahului preposisi. Predikat : mengapa/ bagaimana. Predikat : mengapa/ bagaimana. Objek : diperlawankan dengan subjek. Objek : diperlawankan dengan subjek. Pelengkap : tidak dapat menjadi subjek dalam kal. pasif. Pelengkap : tidak dapat menjadi subjek dalam kal. pasif. Keterangan : memberi info pelengkap. Keterangan : memberi info pelengkap. Contoh: Contoh: 1. Pamanku membelikan anaknya rumah mungil. 2. Banyak orsospol berlandaskan Pancasila. 3. John Smith memberi barang antik. 4. Annisa mengirim kopiah bludru untuk kakaknya.

8 Best Practice Struktur Bab 1 bab minimal terdiri dari 3 sub bab. 1 bab minimal terdiri dari 3 sub bab. 1 sub bab minimal terdiri dari 3 alinea (pengantar, isi dan penutup). 1 sub bab minimal terdiri dari 3 alinea (pengantar, isi dan penutup). 1 alinea minimal terdiri dari 3 kalimat. 1 alinea minimal terdiri dari 3 kalimat. Kedalaman sub bab maksimal 3 level. Kedalaman sub bab maksimal 3 level. Contoh benar: 2.1, Contoh benar: 2.1, Contoh salah: 3.2, 3.2.1, Contoh salah: 3.2, 3.2.1,

9 Kalimat Aktif dan Pasif Kalimat aktif : Kalimat aktif : jika subjek suatu kalimat merupakan pelaku perbuatan yang dinyatakan pada predikat. Contoh: Beberapa bank memberikan kemudahan permintaan kredit kepada nasabah. Kalimat pasif : Jika subjek kalimat tidak berperan sebagai pelaku, tetapi sebagai sasaran perbuatan yang dinyatakan predikat. Contoh: Kemudahan permintaan kredit diberikan oleh beberapa bank kepada para nasabah.

10 Pemakaian Kata yang Tidak Tepat Hasil daripada penjualan saham akan digunakan untuk memperluas bidang usaha Baik pedagang ataupun konsumen masih menunggu kepastian harga sehingga tidak terjadi transaksi jual beli Peningkatan mutu tersebut memerlukan keterlibatan para ahli dalam berbagai bidang ilmu, seperti misalnya ahli kedokteran, ahli pendidikan, ahli komunikasi dan lain-lain Sehubungan dengan itu maka suatu penelitian harus dibatasi secara jelas supaya simpulannya terandalkan Penambahan daya tampung tergantung fasilitas yang tersedia.

11 Rambu-rambu Jangan menggunakan Wikipedia sebagai sumber kutipan. Jangan menggunakan Wikipedia sebagai sumber kutipan. Wikipedia tidak diakui secara akademis sebagi sumber literatur karena semua orang boleh menyumbang tulisan yang belum tentu benar. Wikipedia tidak diakui secara akademis sebagi sumber literatur karena semua orang boleh menyumbang tulisan yang belum tentu benar. Jangan pula blog personal, kecuali blog ilmiah/ milik lembaga resmi dan jelas siapa penulisnya. Jangan pula blog personal, kecuali blog ilmiah/ milik lembaga resmi dan jelas siapa penulisnya. Sumber dari internet yang boleh dipakai sebagai referensi: Sumber dari internet yang boleh dipakai sebagai referensi: org org gov gov ac.kode_negara/ edu ac.kode_negara/ edu com/ co (vendor aplikasi/ software) com/ co (vendor aplikasi/ software)

12 Hal-hal Penting Semua gambar dan tabel harus diberi komentar dalam suatu paragraf. Semua gambar dan tabel harus diberi komentar dalam suatu paragraf. Komentar boleh sebelum atau sesudah gambar atau tabel. Komentar boleh sebelum atau sesudah gambar atau tabel. Kata “gambar” kalau diikuti nomor ditulis dengan diawali huruf kapital. Kata “gambar” kalau diikuti nomor ditulis dengan diawali huruf kapital. Judul Gambar di tengah bawah. Judul tabel di tengah atas. Judul Gambar di tengah bawah. Judul tabel di tengah atas.

13 Contoh (1) Dari Gambar 2.1 terlihat bahwa komputer multimedia dilengkapi dengan speaker. Dari Gambar 2.1 terlihat bahwa komputer multimedia dilengkapi dengan speaker. Semua gambar yang dilampirkan pada skripsi ini diambil dengan kamera. Semua gambar yang dilampirkan pada skripsi ini diambil dengan kamera. Semua gambar gedung yang baru terlihat pada Gambar 2.5. Semua gambar gedung yang baru terlihat pada Gambar 2.5.

14 Contoh (2) Dari Tabel 2.1 terlihat bahwa file dengan format.jpg menghasilkan rasio paling besar. Dari Tabel 2.1 terlihat bahwa file dengan format.jpg menghasilkan rasio paling besar. Semua tabel yang memuat hasil kompresi tidak dilampirkan pada skripsi ini. Semua tabel yang memuat hasil kompresi tidak dilampirkan pada skripsi ini. Dua buah tabel umur siswa digabungkan menjadi Tabel 2.4. Dua buah tabel umur siswa digabungkan menjadi Tabel 2.4.

15 Penulisan Jika menggunakan istilah asing, ditulis dengan huruf tebal/ miring/ garis bawah. Mahasiswa boleh menggunakan kata “penulis” hanya di Kata Pengantar. Huruf TNR 12. Huruf TNR 12. Paragraf baru menjorok 1.5 cm ke dalam. Paragraf baru menjorok 1.5 cm ke dalam. Bulletting harus bergantian formatnya (angka-huruf). Bulletting harus bergantian formatnya (angka-huruf). Gambar/ tabel tidak boleh melebihi margin. Gambar/ tabel tidak boleh melebihi margin. Tabel tidak boleh terputus. Spasi dan ukuran huruf boleh dikecilkan. Jikalau terpaksa, maka ditulis: Lanjutan Tabel X.Y …. Tabel tidak boleh terputus. Spasi dan ukuran huruf boleh dikecilkan. Jikalau terpaksa, maka ditulis: Lanjutan Tabel X.Y …. Teks dalam gambar/ tabel harus terbaca dengan jelas. Teks dalam gambar/ tabel harus terbaca dengan jelas.

16 Daftar Pustaka 1. Anonym, Tata Tulis Laporan Ilmiah, Teknik Mesin Universitas Riau. 2. Zainal A. Hasibuan, Siti Aminah, (2002). Scientific Writing. Faculty of Computer Science, University of Indonesia. 3. Buku Panduan Skripsi Progdi Sistem Informasi UPNVJT 2010.

17 Tugas Besar Membuat proposal Tugas Akhir. Membuat proposal Tugas Akhir. Progress report: Progress report: Pekan 10 (1 Desember 2011) : mengumpulkan Bab I Pekan 10 (1 Desember 2011) : mengumpulkan Bab I Pekan 12 (15 Desember 2011) : mengumpulkan Bab II Pekan 12 (15 Desember 2011) : mengumpulkan Bab II Saat UAS : mengumpulkan Bab III Saat UAS : mengumpulkan Bab III Format: Format: Cover  Judul, logo UPN, nama, NPM. Cover  Judul, logo UPN, nama, NPM. Bab I Pendahuluan Bab I Pendahuluan Bab II Tinjauan Pustaka Bab II Tinjauan Pustaka Bab III Analisa dan Desain Bab III Analisa dan Desain Daftar pustaka. Daftar pustaka. Lampiran rencana jadwal kegiatan penelitian. Lampiran rencana jadwal kegiatan penelitian. Kertas A4, margin 4433, spasi double. Kertas A4, margin 4433, spasi double.

18 Presentasi Bedah Skripsi Pekan 9 (Judul & Bab I): s/d Pekan 9 (Judul & Bab I): s/d Pekan 10 (Bab II & Daftar Pustaka): s/d Pekan 10 (Bab II & Daftar Pustaka): s/d Pekan 11 (Bab III): s/d Pekan 11 (Bab III): s/d Pekan 12 (Bab IV): s/d Pekan 12 (Bab IV): s/d Pekan 13 (Bab V & VI): s/d Pekan 13 (Bab V & VI): s/d Note: Note: Waktu presentasi 15 menit/ mahasiswa. Waktu presentasi 15 menit/ mahasiswa. Pekan 14  Pembuatan makalah + Kuis. Pekan 14  Pembuatan makalah + Kuis.


Download ppt "Tata Tulis Laporan Ilmiah Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google