Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Daya dalam Bidang Pertanian MESIN DIESEL SEBAGAI PENGHASIL DAYA DALAM BIDANG PERTANIAN ANGGOTA: FATMA RIDHA.N(105100200111036) NIKEN LILA WIDYAWATI(105100201111016)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Daya dalam Bidang Pertanian MESIN DIESEL SEBAGAI PENGHASIL DAYA DALAM BIDANG PERTANIAN ANGGOTA: FATMA RIDHA.N(105100200111036) NIKEN LILA WIDYAWATI(105100201111016)"— Transcript presentasi:

1 Daya dalam Bidang Pertanian MESIN DIESEL SEBAGAI PENGHASIL DAYA DALAM BIDANG PERTANIAN ANGGOTA: FATMA RIDHA.N( ) NIKEN LILA WIDYAWATI( ) ANNISA RASTIKA I.K( )

2 Sejarah Bahan Bakar pada Mesin Pertanian  Awal mula daya untuk alat dan mesin pertanian adalah menggunakan tenaga kuda dan hewan lainnya. Dengan adanya penemuan mesin uap, muncul mesin-mesin yang mampu digunakan di lapang (mesin portabel), dan kemudian mesin traksi yang menggantikan fungsi kuda dalam menarik alat dan mesin pertanian. Mesin ini dulunya merupakan modifikasi dari lokomitif uap. Mesin uap ini juga mampu menggerakan mesin lainnya melalui mekanisme sabuk dan puli.

3  Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) mulai menggantikan mesin uap  Awalnya mesin bensin digunakan, namun perlahan digantikan oleh mesin diesel karena mampu menghasilkan daya yang tinggi pada waktu yang relatif lebih lama. Mesin jenis ini juga menjadi kunci perkembangan mesin combine harvester yang merupakan mesin pemanen yang memiliki sumber daya sendiri sehingga tidak digerakkan dengan traktor.  Selain traktor, kendaraan lain yang juga digunakan antara lain truk untuk pengangkutan hasil pertanian, dan pesawat terbang untuk penyemprotan di udara.

4 MESIN OTTO  Siklus termodinamika yang paling banyak digunakan dalam kehidupan manusia.  Siklus kerjanya :  1. Isap  2. Kompresi  3. Ekspansi  4. Buang Contoh aplikasi:  Mobil  Sepeda motor berbahan bakar bensin (Petrol Fuel)

5 Macam- macam mesin: 1. Mesin dua tak 2. Mesin empat tak 1. Mesin dua tak Mesin yang memerlukan dua kali gerakan piston naik turun untuk sekali pembakaran (agar diperoleh tenaga).  Banyak digunakan pada motor-motor kecil.  Tidak menghasilkan asap sebagai sisa pembakaran dari oli pelumas.

6 2. Mesin empat tak  Mesin yang tidak memerlukan empat kali gerakan piston untuk sekali pembakaran.  Sedikit menghasilkan sisa pembakaran karena bahan bakarnya hanya bensin murni.

7 Kelebihan Mesin Otto  Akselerasi mesin jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain dapat mudah dicapai.  Suara yang dihasilkan saat mesin dinyalakan hingga berakselerasi terdengar lebih halus.  Tingkat polusi udara jauh lebih rendah.  Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami.  Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

8 Kelemahan Mesin Otto  Hanya dapat digunakan untuk kinerja yang terlalu berat  Harga bahan bakar mesin otto lebih mahal daripada mesin diesel  Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi  Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar  Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit  Mesin bensin lebih rentan terhadap air dan banjir karena terdapat komponen kelistrikan di dalamnya.

9 MESIN DIESEL  Mesin yang bekerja pada siklus dasar diesel dengan tekanan yang konstan.  Aplikasi Mesin Diesel  Mobil  Trailer  Alat – alat pertanian (traktor, mesin penyiang, pompa diesel, dll)

10 Kelebihan Mesin Diesel  Mesin ini dapat bekerja dalam hitungan bulan non-stop dengan kinerja yang stabil  Biaya bahan bakar mesin diesel relative lebih murah dan daya yang dihasilkan lebih besar dibanding mesin otto.  Lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan.

11 Kelemahan Mesin Diesel  suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin  Injektor pada mesin diesel jika tercampur air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah  Akselerasi mesin memiliki respon yang lebih lambat dibandingkan mesin bensin  Beban pajak kendaraan bermotor mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bensin  Tingkat pencemaran udara lebih tinggi.

12 MOTOR LISTRIK  Penghasil daya yang kelompok perangkatnya bekerja dengan mengubah energy mekanik menjadi energy gerak. atau energi listrik menjadi energi mekanik, dengan cara elektromagnetik.

13 Kelebihan Motor Listrik  Dapat dihidupkan dengan hanya memutar sakelar  Suara dan getaran tidak menjadi gangguan  Udara tidak ada yang diisap, juga tidak ada gas buang, karena itu tidak perlu mengukur polusi lingkungannya atau membuat ventilasi  Motor DC mempunyai daya besar pada putaran rendah. Di lain pihak motor AC yang menggunakan sumber daya umum tidak mudah mengubah putarannya.

14 Kelemahan Motor Listrik  Motor listrik membutuhkan sumber daya, kabelnya harus dapat dihubungkan langsung dengan stopkontak, dengan demikian tempat penggunaannya sangat terbatas panjang kabel.  Kalau dipergunakan baterai sebagai sumber daya, maka beratnya akan menjadi besar  Secara umum biaya listrik lebih tinggi dari harga bahan bakar minyak  Untuk menghasilkan daya yang sama dihasilkan oleh sebuah motor pembakaran, maka motor listrik akan lebih berat.

15 KESIMPULAN  Dari ketiga mesin (otto, diesel, listrik), yang paling efisien untuk alat – alat pertanian yang menunjang penghasilan pertanian terutama di Indonesia adalah menggunakan mesin diesel.

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Daya dalam Bidang Pertanian MESIN DIESEL SEBAGAI PENGHASIL DAYA DALAM BIDANG PERTANIAN ANGGOTA: FATMA RIDHA.N(105100200111036) NIKEN LILA WIDYAWATI(105100201111016)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google