Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK PEMBUATAN MAKALAH Kelompok 1: Ariesta Carmelita(125030200111004) Dena Diamanta (125030206111001) Faishal Pradipta C (125030200111014) Natalina Putri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK PEMBUATAN MAKALAH Kelompok 1: Ariesta Carmelita(125030200111004) Dena Diamanta (125030206111001) Faishal Pradipta C (125030200111014) Natalina Putri."— Transcript presentasi:

1 TEKNIK PEMBUATAN MAKALAH Kelompok 1: Ariesta Carmelita( ) Dena Diamanta ( ) Faishal Pradipta C ( ) Natalina Putri ( ) Rahmah Febrina ( )

2 MAKALAH  Uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut. (Kamus Bahasa Indonesia. W.J.S Poerwadarminta, 1994 : 496)  Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris – objektif. (E. Zaenal Arifin, 2000 : 2);  Karya tulis yang bersifat ilmiah tentang topik terfokus yang cakupannya berada pada ruang lingkup suatu pembahasan, permasalahan, dan juga kesimpulan dari penyajian pembahasan.

3 Makalah dapat dibedakan menjadi tiga macam: 1.Makalah deduktif membahas masalah atas dasar kajian teori tertentu yang relevan dengan masalah yang dibahas. Dengan kata lain makalah jenis ini menerapkan teori tertentu untuk memecahkan masalah yang dipilihnya. 2.Makalah induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas. 3.Makalah campuran merupakan makalah yang menggabungkan kedua makalah sebelumnya, yaitu penulisannya didasarkan pada kajian teoritis dan data empiris yang relevan.

4 MAKALAH YANG BAGUS MEMILIKI CIRI UMUM SEBAGAI BERIKUT:  Akurat Dan Menyeluruh (Comprehensive)  Memiliki Sumber Informasi Yang Baik  Seimbang  Kreatif  Secara teknis penulisannya benar  Tertata dengan baik

5 SECARA GARIS BESAR MAKALAH TERDIRI DARI 3 BAGIAN  Bagian awal Bagian awal  Bagian inti Bagian inti  Bagian akhir Bagian akhir

6 ISI BAGIAN AWAL  Halaman Sampul Hal-hal yang harus ada pada bagian sampul adalah judul makalah, keperluan atau maksud ditulisnya makalah, nama penulis makalah, dan tempat serta waktu penulisan makalah.  Daftar Isi Daftar isi berfungsi memberikan panduan dan gambaran tentang garis besar isi makalah.  Daftar Tabel dan Gambar Penulisan daftar tabel dan gambar juga dimaksudkan untuk memudahkan pembaca menemukan tabel atau gambar yang terdapat dalam makalah.

7 ISI BAGIAN INTI  Pendahuluan Bagian pendahuluan berisi penjelasan tentang latar belakang penulisan makalah, masalah atau topik bahasan beserta batasannya, dan tujuan makalah.  Latar Belakang Butir-butir yang seharusnya ada dalam latar belakang penulisan makalah adalah hal- hal yang melandasi perlunya ditulis makalah.  Rumusan Masalah atau Topik Pembahasan Masalah atau topik pembahasan sebenarnya merupakan hal yang pertama kali harus di tetapkan dalam penulisan makalah.

8  Tujuan Penulisan Makalah Tujuan penulisan makalah lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dengan penulisan makalah tersebut.  Teks Utama Bagian teks utama makalah adalah berisi pembahasan topik-topik makalah.  Penutup Bagian ini berisi kesimpulan dan saran-saran jika diperlukan.

9 ISI BAGIAN AKHIR  Daftar Rujukan Penjelasan tentang penulisan daftar rujukan.  Lampiran (jika ada) Di bagian ini lampiran hal-hal yang dimanfaatkan dalam proses penulisan makalah. Misalnya berupa data (baik angka maupun deskripsi verbal) dan bagian-bagian yang dianggap sangat penting tetapi tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah.

10 Rujukan dari buku Contoh : Yamin, H.M Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press. Jika ada beberapa buku yang dijadikan sumber penulisan memiliki nama penulis yang sama serta tahun penerbitan yang sama, maka urutannya ditentukan secara kronologis berdasarkan abjad buku-bukunya. Contoh: Marzuki, M.S. 2009a. Pendidikan Nonformal Bukan Residu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Marzuki, M.S. 2009b. Permainan Simulasi di Indonesia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

11 Rujukan dari buku yang berasal dari perpustakaan elektronik Contoh: Cahyoni, C.H Ensiklopedia Politik (volume 3). Surabaya: Usaha Nasional. Rujukan dari buku yang tidak diketahui nama pengarangnya Contoh: Longman Dictionary of the English Language Harlow, Essex: Longman. Rujukan dari artikel dalam jurnal elektronik Contoh: DeMarie, D A Trip to the Zoo: Childrens’s World’s and Photographs. Early Childhood Research and Practise, 3 (1). (Online), (http://ecrp.uiuc.edu/v3n1/demarie.html), diakses 30 Agustus Rujukan dari artikel majalah atau koran Contoh: Catur, S. 14 Juli HKTI dalam Sandra Parpol. Jawa Pos, hlm.4. Suryadarma, S.V.C Prosesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4):

12 Rujukan dari skripsi, tesis, atau disertasi Contoh: Meter, G.I Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru dengan Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri di Provinsi Bali. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM. Rujukan dari internet berupa karya individu Contoh: Noor, I.H.M Model Pelatihan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Bahasa Inggris, (Online), (http://depdiknas.go.id/jurnal/30/modelpelatihangurudalam_menara.html), diakses 14 Mei 2006.

13 TERIMA KASIH


Download ppt "TEKNIK PEMBUATAN MAKALAH Kelompok 1: Ariesta Carmelita(125030200111004) Dena Diamanta (125030206111001) Faishal Pradipta C (125030200111014) Natalina Putri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google