Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Agenda Perkuliahan : 1. SAP (Satuan Acara Perkuliahan). 2. Kontrak Kuliah dan Aturan Perkuliahan. 3. Apa yang harus diketahui sebelum mengikuti matakuliah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Agenda Perkuliahan : 1. SAP (Satuan Acara Perkuliahan). 2. Kontrak Kuliah dan Aturan Perkuliahan. 3. Apa yang harus diketahui sebelum mengikuti matakuliah."— Transcript presentasi:

1 Agenda Perkuliahan : 1. SAP (Satuan Acara Perkuliahan). 2. Kontrak Kuliah dan Aturan Perkuliahan. 3. Apa yang harus diketahui sebelum mengikuti matakuliah ini? 4. Software Developer Tools 5. Pengantar XML 6. Pengantar Web Service

2 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Pemrograman Client Server.SAP

3 KONTRAK KULIAH Komponen Penilaian : 1. Presensi: 10% 2. Analisa Paper / Jurnal & Responsi: 20% 3. UTS: 30% 4. Final Project: 40%

4 ATURAN PERKULIAHAN Toleransi keterlambatan : 1. Mahasiswa, hadir >20 menit dari waktu perkuliahan, tidak dapat mengisi presensi kehadiran manual & elektronik. 2. Dosen, >20 menit dari waktu perkuliahan, kuliah kosong, jadwal pengganti akan dikonfirmasikan.

5 ATURAN PERKULIAHAN 3. Tidak diperkenankan memakai kaos dan sandal saat perkuliahan teori dan praktikum. 4. Mahasiswa minimal hadir 4x dari 6x pertemuan, sebelum dan sesudah UTS, apabila tingkat kehadiran <4x pertemuan, maka tidak dapat mengikuti UTS atau UAS.

6 ATURAN PERKULIAHAN 5. Apabila ditemukan plagiarisme dalam hal pembuatan final project, maka nilai produk final project digugurkan (0). 6. Menjalankan aturan yang telah disepakati bersama.

7 APA YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MENGIKUTI MATAKULIAH INI? 1. Pemahaman dan pengetahuan dasar tentang HTML 2. Pemahaman dan pengetahuan dasar tentang PHP 3. Pemahaman dan pengetahuan dasar tentang C#.NET

8 SOFTWARE PENDUKUNG 1. Dreamweaver / Notepad XAMPP (Apache & MySQL) 3. Microsoft Visual Studio 2008/2010 (C#.NET) 4. NuSOAP

9 XML XML adalah bahasa markup yang dirancang untuk penyampaian informasi melalui World Wide Web (WWW) atau sering disebut web saja. (W3C, 2000) EXtensible Markup Language (XML) merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk menandai suatu dokumen data.

10 HUBUNGAN ANTARA XML DENGAN HTML Tag-tag HTML yang digunakan sangat terbatas dan tag-tag tersebut digunakan untuk mengatur penampilan data, sedangkan XML tag-tag yang digunakan kita dapat definisikan sendiri dan tag-tag tersebut hanya digunakan untuk penanda bagian dokumen yang mengandung informasi-informasi dan arti tertentu.

11 CONTOH DOKUMEN XML Mohammad Imron Kepala Laboran Tetap Purbalingga

12 KEUNGGULAN XML DIBANDINGKAN HTML 1. Ekstensibilitas 2. Pemisahan data dengan presentasi 3. Fungsi pencarian (search) lebih cepat 4. Dapat dikombinasikan dengan dokumen XML yang lain 5. Penulisan hanya sekali yang dapat digunakan untuk berbagai macam pemakaian. (Sumber : Makalah seminar tugas akhir, Jurusan Teknik Elektro – Universitas Diponegoro, “PEMBUATAN PROGRAM UNTUK MENGUBAH FILE DATABASE MENJADI XML”)

13 WEB SERVICE 1. Web service tidak memiliki user interface. 2. Web Service tidak dibuat untuk berinteraksi langsung dengan pengguna. 3. Web Service hanya menyediakan layanan atau service saja. Menurut World Wide Web Consortium (W3C), Web Service sebagai perangkat lunak sistem yang dirancang untuk mendukung interaksi antara mesin dengan mesin melalui jaringan.

14 KONSEP WEB SERVICE Apa wujud dari Web Service ??? Web service adalah kumpulan dari fungsi atau method yang terdapat pada sebuah server, yang dapat dipanggil oleh client dari jarak jauh. Bagaimana cara memanggil method-method tersebut dari client???

15 MENGAPA PERLU MENGGUNAKAN WEB SERVICE / LAYANAN WEB Contoh Arsitektur Web Service  ??? Pada saat ini perangkat keras, sistem operasi, aplikasi, hingga bahasa pemrograman semakin beraneka ragam jenisnya. Keadaan tersebut dapat menimbulkan masalah dalam proses pertukaran data antar perangkat yang menggunakan aplikasi dan platform yang berbeda.

16 Contoh Kasus Penggunaan Web Service Belanja Online :  Contoh lain yang anda ketahui???

17 BLOK BANGUNAN LAYANAN WEB Transport (HTTP, SMTP, dll) Encoding (XML) Message Format (SOAP) Description (WSDL, XML Schema) Discovery (UDDI)

18 KEUNGGULAN WEB SERVICE 1. Lintas Platform 2. Language Independent 3. Jembatan Penghubung Dengan Database 4. Mempermudah Proses Pertukaran Data


Download ppt "Agenda Perkuliahan : 1. SAP (Satuan Acara Perkuliahan). 2. Kontrak Kuliah dan Aturan Perkuliahan. 3. Apa yang harus diketahui sebelum mengikuti matakuliah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google