Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI) NANDANG HERMANTO. S.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI) NANDANG HERMANTO. S.Kom"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI) NANDANG HERMANTO. S.Kom

2 DESKRIPSI SINGKAT Dalam mata kuliah pemrogaman Visual akan dipelajari konsep-konsep dasar pemrogaman visual Software : Visual Basic Net 2008 Microsoft Access / MySQL / SQL Server 2005 / Oracle Crystal Report Advanced Installer / altiris wise installation

3 PENGETAHUAN PENDUKUNG Algoritma

4 Pokok Bahasan Pengenalan Object Kontrol pada VB.Net 2008 Variabel & Type Data Struktur Keputusan Looping Procedure & Fungsi Aplikasi Multi Form Aplikasi Database Report Package & Deployment dll

5 SASARAN / TUJUAN Mahasiswa dapat memahami dan Dapat membuat aplikasi Dengan Visual Basic Net 2008

6 SISTEM PENENTUAN NILAI A : (80-100) B : (70-79) C : (60-69) D : (40-59) E : (0-39)

7 Buku

8 KOMPOSISI PENILAIAN PRESENSI: 10 % TUGAS: 20 % UTS: 30% UAS: 40% Nilai akan ditambah nilai dosa 10 point

9 WEWENANG DOSEN MENEGUR DAN MENGELUARKAN MAHASISWA YANG TIDAK MENGIKUTI PROSEDUR PERKULIAHAN MEMBERIKAN NILAI E BAGI MAHASISWA YANG TIDAK MENGIKUTI ATURAN DOSEN YANG SUDAH DISETUJUI BERSAMA PADA SAAT AWAL PERKULIAHAN MENENTUKAN MAHASISWA YANG TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI UJIAN (KETENTUAN : UTS/UAS MINIMAL HADIR 4 X)

10 VISUAL STUDIO 2008 / VISUAL BASIC.NET

11 Visual Basic 1.0 muncul pada tahun 1991 dianggap tidak mempunyai fitur OOP (Object Oriented Programming) yang lengkap. tahun 2001 Microsoft memperkenalkan teknologi.NET Framework (Visual Basic adalah salah satu bahasa yang disupport oleh.NET Framework), ganti nama jadi VB.NET VB.NET mendukung OOP secara lengkap.

12 dengan VB.NET tidak hanya dapat membuat aplikasi berbasis windows tapi anda juga dapat membuat aplikasi dengan platform Web, Mobile, XML Web Service, Class Library. VB.NET juga dapat berintegrasi dengan bahasa lain yang berjalan diatas.NET Framework seperti C# dan C++.

13 .NET Framework  CLR (Common Language Runtime)  FCL(Framework Class Library).

14 Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari Framework.NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan managemen memory,melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya.

15 .NET Framework Class Library atau sering juga disebut Base Case Library (BCL) adalah koleksi dari reusable types yang sangat banyak dan terintegrasi secara melekat dengan CLR. Kumpulan Class Library ini sangat berguna untuk pengembangan aplikasi karena developer tidak perlu membuat semuanya dari awal karena sudah disediakan oleh.NET, misal class untuk membuat aplikasi berbasis windows, class untuk membuat objek-objek koleksi, class untuk koneksi dengan database (ADO.NET), class untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, class WPF (Windows Presentation Foundation), dan masih banyak lagi.

16 VB NET IDE

17 Halaman Awal Pertama kali Visual Studio dijalankan, anda diharuskanuntuk memilih salah satu dari beberapa setting yang disediakan.

18

19 Konfigurasi Halaman Startup tools =>options=> kemudian pillih Environmnt =>bagian statup.

20 Membuat Project Baru Untuk membuat project baru di Visual Studio anda dapat melakukan klik pada link „Create Project‟ pada startup atau klik pada menu „File‟ ► ‘New Project‟, maka akan ditampilkan windows baru berisi daftar pilihan dari project yang dapat anda buat.

21 Solution Explorer (Project Explorer pada vb 6)

22 Toolbox

23 Jika anda menginstall komponen dari vendor pihak ketiga maka anda dapat menambahkan komponen tersebut pada toolbox dengan cara klik kanan pada toolbox pilih ‘Choose Items

24 Properties Window

25 Tampilan Kode Auto-formatter : anda tidak perlu khawatir tidak rapi dalam menulis kode, collapsible display : sehingga anda dapat menyembunyikan kode yang mempunyai banyak baris agar pembacaan lebih mudah.

26 keyword #Region untuk membuat region yang digunakan untuk mengelompokan kode kode sehingga lebih mudah untuk diatur. Region juga dapat di atur collapsible displaynya menjadi hide atau show.

27 Code Snippet Visual Studio sudah menyediakan snippet library yang berisi kode-kode yang sering digunakan. Anda dapat menampilkan library tersebut dengan cara klik „Tools‟ ► kemudian pilih ‘Code Snippet Manager’. Anda dapat memilih snippet yang ingin digunakan berdasarkan kategori yang ada. Cukup ketikan dountil pada program

28 Contoh Program Sederhana Program Menampilkan identitas dengan console Program Menampilkan identitas dengan Form


Download ppt "PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI) NANDANG HERMANTO. S.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google