Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Ideologi Istilah ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, ide-ide dasar, cita-cita. Kata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Ideologi Istilah ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, ide-ide dasar, cita-cita. Kata."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Ideologi Istilah ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, ide-ide dasar, cita-cita. Kata idea berasal dari bahasa Yunani, eidos yang berarti bentuk atau idein yang berarti melihat. Idea dapat diartikan sebagai cita-cita, yaitu cita-cita yang bersifat tetap dan akan dicapai dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, cita-cita ini pada hakikatnya merupakan dasar, pandangan, atau faham yang diyakini kebenarannya. Sedangkan logos berarti ilmu. Secara harfiah, ideologi berarti ilmu pengetahuan tentang ide-ide (the sciene of ideas), atau ajaran tentang pengertian- pengertian dasar.

3 Pokok-pokok pikiran Bahwa ideologi merupakan sistem pemikiran yang erat kaitannya dengan perilaku manusia. Bahwa ideologi, disamping mengemukakan program juga menyertakan strategi guna merealisasikannya. Bahwa ideologi dapat dipandang sebagai serangkaian pemikiran yang dapat mempersatukan manusia, kelompok, atau masyarakat, yang selanjutnya diarahkan pada terwujudnya partisipasi secara efektif dalam kehidupan sosial politik. Bahwa yang bisa merubah suatu pemikiran menjadi ideologi adalah fungsi pemikiran itu dalam berbagai lembaga politik dan kemasyarakatan.

4 Karakteristik dan Makna Ideologi bagi Negara Ideologi seringkali muncul dan berkembang dalam situasi krisis Ideologi merupakan pola pemikiran yang sistematis Ideologi mempunyai ruang lingkup jangkauan yang luas, namun beragam Ideologi mencakup beberapa strata pemikiran dan panutan

5 Fungsi ideologi Ideologi berfungsi melengkapi struktur kognitif manusia Ideologi berfungsi sebagai panduan Ideologi berfungsi sebagai lensa, melalui mana seseoran dapat melihat dunianya; sebagai cermin, melalui mana seseorang dapat melihat dirinya; dan sebagai jendela, melalui mana orang lain bisa melihat diri kita. Ideologi berfungsi sebagai kekuatan pengendali konflik, sekaligus fungsi integratif

6 Ideologi Bangsa Liberalisme Komunisme Fasisme Ideologi Pancasila

7 Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai dan gagasan-gagasan dasar yang dapat dilihat dalam sikap, perilaku, dan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bersifat khas sebagai refleksi perilaku bangsa Indonesia dan tercermin dalam setiap segi kehidupannya. Nilai-nilai dasar tersebut bersifat dinamis.

8 Dimensi-dimensi dlm ideologi Dimensi realitas Dimensi idealitas Dimensi fleksibilitas


Download ppt "Pengertian Ideologi Istilah ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, ide-ide dasar, cita-cita. Kata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google