Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GPRS Di presentasikan oleh : Gigih Fantriko Triwobowo M3304014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GPRS Di presentasikan oleh : Gigih Fantriko Triwobowo M3304014."— Transcript presentasi:

1 GPRS Di presentasikan oleh : Gigih Fantriko Triwobowo M

2 GPRS  General Packet Radio Service  Dikembangkan oleh European Telecomunication Standart Institute (ETSI) sejak tahun 1993  Merupakan layanan GSM yang secara nyata meningkatkan dan menyederhanakan akses wireless ke suatu jaringa paket data, misalnya Internet.

3 ARSITEKTUR GPRS

4 Keterangan gambar  SGSN (Serving GPRS Suport Node) adalah komponen utama dari jaringan GPRS yang bertanggung jawab dalam pengiriman data paket dari dan ke MS.  Fungsi Utama SGSN adalah menangani proses registrasi dan otentifikasi MS

5  GGSN (Gateway GPRS Support Node) merupakan antar muka antara backbone GPRS dg jar data eksternal. Fungsi GGSN mirip dg router dlm jar data  GGSN mengkonversi format paket data yg datang dari SGSN menjadi format packet data protocol (PDP) yg sesuai (mis IP) dan mengirimkannnya ke jar paket data tujuan.

6  MS (Mobile Station) mrpk terminal GPRS yg terdiri dari terminal Equipment (TE) dan mobile terminal (MT)  BSS (Base Station Subsystem) terdiri atas BSC (Base Station Controller) BTS mrpk prangkat radio yg menerima dan mentransmisikan informasi melalui udara shg memungkinkan BTS berkomunikadi dg MS dlm area BSC.Kumpulan BTS diatur BSC.

7  HLR (Home Location Register) merupakan suatu basis data yg berisi informasi mengenahi pelanggan yg telah terdaftar pada operator GSM  VLR (Visitor Location Register) merupakan basis data yg digunakan oleh MSC/SGSN tuk memperoleh informasi mengenahi MS yg sedang roaming di daerahnya.

8  AuC (Authentication Center) berisi informasi untuk mengenali otorisasi pelanggan jaringan GPRS untuk mencegah agar orang yg tak berhak menggunakan sumber daya jaringan  EIR (Equipment Identity Register) mrpk basis data yg menyimpan nomor identitas fisik suatu MS, yaitu IMEI (International Mobile EquipmentIdentity)

9  MS yg terdaftar pada EIR ada 3 kategori, black list untuk MS yg dicuri/tak berhak, grey list untuk MS yang sedang dalam observasi, dan white list untuk yg berhak.  BG (Border Gateway) fungsi utamanya untuk menjaminkoneksi yg aman antara jaringan GPRS yg berbeda melalui jaringan backbone inter operator, dapat terdiri dari fungsi firewall, keamanan dan perutean.

10 Jaringan Backbone GPRS  Ada 2 macam  Jaringan backbone intra PLMN, menghubungkan antar GSN dlm suatu operator yg sama  Jaringan backbone inter PLMN menghubungkan GSN dan jaringan backbone intra PLMN antar operator GPRS dan menyediakan roaming internasional

11 Protocol GPRS  SNDCP, memetakan karakteristik protokol lapisan network pada LLC, meyediakan fungsi multiplexing pesan lapisan network kesuatu koneksi logic link, SNDCP juga memp fungsi segmentasi dan kompresi.  LLC (Logical Link Control) Berfungsi menyediakan saluran logika antara MS dan SGSN untuk menjamin pemindahan data yg dpt diandalkan

12 Protocol GPRS

13

14  RLC (Radio Link Control )/MAC (Medium Access Control) merupakan protokol yg mengatur mekanisme perebutan dan penempatan kanal logika dan kanal fisik pada komunikasi akses radio antar BTS dan MS pada GPRS hal ini digunakan untuk paket data.

15  PLL (Physical Link Layer) menyediakan layanan untuk transfer informasi melalui kanal fisik antara MS dan Jaringan yg meliputi frmeing unit data, pengkodean serta pendeteksian dan koreksi data.  RFL (Physical RF Layer) modulasi dan demomudolasi sinyal fisik.

16 Aplikasi GPRS  Bidang Komunikasi  Akses Intranet, dpt mengakses file dan data Intranet perusahaannya dan tetap dpt mempertahankan hub tsb.  Akses Internet  dan Fax  Unifield Messaging, menggunakan mailbox untuk semua jenis pesa, baik itu berupa voice mail, , sms,dan pesan pager

17  Bidang Ekonomi  E-comerce  Internet Banking

18 Sekian dan terimakasih


Download ppt "GPRS Di presentasikan oleh : Gigih Fantriko Triwobowo M3304014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google