Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Judul PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan atau ukuran sel dan tidak dapat kembali kebentuk semula (irreversible),

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Judul PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan atau ukuran sel dan tidak dapat kembali kebentuk semula (irreversible),"— Transcript presentasi:

1

2 Judul

3 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan atau ukuran sel dan tidak dapat kembali kebentuk semula (irreversible), dapat diukur (dinyatakan dengan angka, grafik dsb). Perkembangan adalah proses menuju ke tingkat kedewasaan / pematangan tidak dapat diukur tetapi hanya dapat di amati. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan secara simultan (bersamaan).

4 PERBEDAAN ANTARA PERTUMBUHAN DENGAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan dapat diukur secara kwantitatif karena mudah diamati. ada perubahan jumlah dan ukuran. dapat dinyatakan dengan angka, grafik, dsb. Perkembangan tidak dapat dinyatakan secara kwantitatif, melainkan secara kwalitatif karena terjadi perubahan menuju tingkat kedewasaan /pematangan organisme.

5 PROSES SELANJUTNYA Diferensiasi merupakan proses pertambahan jenis dan fungsi sel. Organogenesis proses pembentukan organ organ tubuh.

6 SILKWORM LARVA AND COCOON Larva silkworm cocoon

7 PERTUMBUHAN TANAMAN

8 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HEWAN TERDIRI DARI DUA TAHAP Tahap embrio meliputi fase morula, blastula, gastrula, serta diferensiasi dan organogenesis. Tahap pasca embrio meliputi terjadinya regenerasi dan metamorfosis.

9 PERKEMBANGAN EMBRIO "For the past three years, I have worked with the Embryology Committee of King Abdulaziz University in Jeddah, Saudi Arabia, helping them to interpret the many statements in the Qur'an and the Sunnah referring to human reproduction and prenatal development. At first I was astonished by the accuracy of the statements that were recorded in the seventh century AD, before the science of embryology was established. Although I was aware of the glorious history of Muslim scientists in the 10th century AD, and of some of their contributions to Medicine, I new nothing about the religious facts and beliefs contained in the Qur'an and Sunnah. It is important for Islamic and other students to understand the meaning of these Qur'anic statements about human development, based on current scientific knowledge. The interpretations of the "verses" in the Qur'an and the Sunnah, translated by Shaikh Azzindani, are to the best of my knowledge accurate."

10 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

11 PERKEMBANGAN JANIN / EMBRIO MANUSIA

12 MORULA (8 sel).

13 BLASTULA (16 sel).

14 GASTRULA ( lebih dari 32 sel).

15 DIFERENSIASI DAN ORGANOGENESIS Ektoderm : epidermis,rambut, kel.minyak, kel.keringat, sistem saraf. Mesoderm : tulang, jar.ikat, otot, sistem peredaran darah, ekskresi, sistem reproduksi. Endoderm : epitel pencernaan, respirasi, pankreas dan hati, kel. Gondok.

16 EMBRIO (janin).

17 PERKEMBANGAN EMBRIO 6 MINGGU, 8 MINGGU DAN 14 MINGGU.

18 EMBRIO (USIA 3 BULAN)

19 PERKECAMBAHAN Diawali dengan berakhirnya masa dormansi. Diteruskan dengan peristiwa imbibisi. Masuknya air akan menginduksi enzim yang berperan sebagai biokatalisator. Awal perkecambahan mulai berjalan. Jika tumbuhan telah menghasilkan daun, proses fotosintesis akan berlangsung. Energi yang dihasilkan dari fotosintesis akan digunakan untuk pertumbuhan dan berkembang.

20 BIJI DAPAT BERKECAMBAH KARENA MEMILIKI EMBRIO Bagian-bagian embrio terdiri dari: Akar lembaga ( radikula ). Daun lembaga ( kotiledon ). Batang lembaga ( kaulikulus).

21 AKAR LEMBAGA (radikula) Akan tumbuh menjadi akar. Akan tumbuh menembus kulit biji. Pada tumbuhan gramineae diselubungi oleh sarung akar lembaga (koleoriza).

22 DAUN LEMBAGA Merupakan daun pertama. Memiliki fungsi : * tempat penimbunan makanan. * untuk fotosintesis. * alat pengisap makanan untuk embrio.

23 perkecambahan Laboratorium.Lapangan.

24 BATANG LEMBAGA Terdiri dari : Epikotil (ruas batang diatas daun lembaga), akan tumbuh menjadi batang. Hipokotil (ruas batang dibawah daun lembaga), akan tumbuh menjadi akar.

25 PERKECAMBAHAN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI DUA Perkecambahan epigeal (kotiledon terangkat keatas permukaan tanah). Perkecambahan hipogeal (kotiledon tetap tinggal didalam tanah).

26 PERKECAMBAHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL

27 PERTUMBUHAN Pertumbuhan primer. (ujung akar dan ujung batang) Pertumbuhan sekunder. (aktifitas kambium dan hanya terjadi pada gymnospermae dan dikotil).. Pada monokotil tidak kecuali pada palem – paleman (palmae).

28 APICAL MERISTEM AKAR Caliptra. A B C

29 STRUKTUR BATANG DIKOTIL

30 STRUKTUR BATANG TOMAT

31 TITIK TUMBUH AKAR

32 TITIK TUMBUH AKAR

33 STRUKTUR DAUN

34 STOMATA (mulut daun) stomata Sel penjaga Sel tetangga

35 ORGAN PADA TUMBUHAN

36 Cross section batang Lingkaran tahun.Annual rings.

37 FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN Faktor internal, (faktor dalam). * genetik, (faktor hereditas). * fisiologi, (hormon dan vitamin). Faktor eksternal, (faktor luar). * temperatur, chy matahari, nutrisi, ph, air, dan oksigen.

38 MACAM-MACAM HORMON PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Auksin hormon pertumbuhan memacu pemanjangan sel. Gibberelin sinergis dengan auksin memacu perkembangan dan perkecambahan embrio, serta memperbesar buah, pembungaan, dan mengakhiri dormansi biji. Gibberelin pertamakali diisolasi pada jamur Gibberela fujikuroi.

39 MACAM-MACAM HORMON PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Etilen ( C 2 H 2 ) memacu pemasakan buah dan kerontokan daun. Sitokinin berperan dalam pembelahan sel (sitokinesis). Asam absisat (ABA) senyawa inhibitor (penghambat) yang bekerja antagonis dengan auksin dan gibberelin, berperan dalam proses penuaan dan gugurnya daun.

40 MACAM-MACAM HORMON PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN * Kalin berperan dalam proses organogenesis tumbuhan, terdiri rizokalin memacu pembentukan kaulokalin memacu pembentukan filokalin memacu pembentukan anthokalin memacu pembentukan bunga. * Asam traumalin berperan dalam proses regenerasi sel saat tumbuhan terluka.

41 VITAMIN MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Riboflavin ( vitamin B 12 ) Askorbat ( vitamin C ). Tiamin ( vitamin B 1 ). Piridoksin ( vitamin B 6 ). Asam nikotin. Secara umum vitamin berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai kofaktor (komponen non protein pengaktif enzim).

42 FAKTOR EKSTERNAL Temperatur. mempengaruhi respirasi, fotosintesis, dan transpirasi tumbuhan. Cahaya matahari. diperlukan untuk proses fotosintesis. Chy mthr juga mempengaruhi pertumbuhan, jika chy kurang akan mengalami etiolasi, jika cukup akan tumbuh normal.

43 FOTOPERIODISME PADA TUMBUHAN Short-day plant berbunga jika lama pencahayaan lebih pendek dari kegelapan. ( Aster, krisan, dahlia). Long-day plant berbunga jika lama pencahayaan lebih panjang dari kegelapan. (bayam, kentang, gandum). Neutral-day plant tidak terpengaruh oleh lama (periode) penyinaran (bunga matahari, kapas, mawar).

44 FUNGSI AIR Air penting dalam menjaga tekanan turgor dinding sel. Sebagai pelarut. Menentukan laju fotosintesis. Tranportasi unsur hara. Mengedarkan hasil fotosintesis.

45 PH TANAH. PH yang bagus adalah PH netral (6,8 – 7,2). Oksigen : Tanah sekitar akar memerlukan aerasi yang bagus untuk mendapatkan oksigen yang cukup, (meningkatkan respirasi akar). Nutrisi : Unsur makro (diperlukan jml besar). (C, H, O, N, S, P, K Mg). Unsur mikro (diperlukan jml kecil). (Fe, Cu, Zn, Mo, Br, Cl).

46 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HEWAN Tahap embrio. Tahap pasca embrio. ( regenerasi, metamorfosis ).

47 BEBERAPA TUMBUHAN YANG MENGALAMI PERTUMBUHAN CEPAT Bambusa sp (bambu) Albazzia falcata (albazia)


Download ppt "Judul PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan atau ukuran sel dan tidak dapat kembali kebentuk semula (irreversible),"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google