Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan Agama Islam Beriman Kepada Malaikat. Pokok bahasan pengertian Iman Kepada Malaikat Nama & Tugas Malaikat Perbedaan Malaikat dengan jin dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan Agama Islam Beriman Kepada Malaikat. Pokok bahasan pengertian Iman Kepada Malaikat Nama & Tugas Malaikat Perbedaan Malaikat dengan jin dan."— Transcript presentasi:

1 Pendidikan Agama Islam Beriman Kepada Malaikat

2 Pokok bahasan pengertian Iman Kepada Malaikat Nama & Tugas Malaikat Perbedaan Malaikat dengan jin dan Setan Dalil Yang menjelaskan tentang Malaikat

3 Apa itu malaikat  Malaikat adalah ciptaan Allah yang ghaib, terbuat dari cahaya (nur) berdasarkan salah satu hadist Nabi Muhammad S.A.W, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”, yang tidak mempunyai nafsu dan pikiran, tidak berbapak dan tidak beribu, juga tidak beranak. Malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Malaikat jumlahnya ada banyak sekali, tapi yang wajib diimani hanya ada sepuluh.

4 Maksud dari Iman kepada malaikat  Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada- Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.  Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.  Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada- Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.  Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.

5 Nama-nama & Tugas Malaikat 1. Malaikat Jibril : yang menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul. 2. Malaikat Mikail : yang bertugas memberi rizki / rejeki pada manusia. 3. Malaikat Israfil : yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat. 4. Malaikat Izrail : yang bertanggungjawab mencabut nyawa. 5. Malikat Munkar : yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur. 6. Malaikat Nakir : yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar. 7. Malaikat Raqib / Rokib : yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup. 8. Malaikat Atid / Atit : yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup. 9. Malaikat Malik : yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka. 10. Malaikat Ridwan : yang berwenang untuk menjaga pintu sorga / surga.

6 Apa perbedaan malaikat dengan setan & jin  Malaikat terbuat dari cahaya atau nur sedangkan jin berasal dari api atau nar. Malaikat selalu tunduk dan taat kepada Allah sedangkan jin ada yang muslim dan ada yang kafir. Yang kafir adalah setan dan iblis yang akan terus menggona manusia hingga hari kiamat agar bisa menemani mereka di neraka.  Malaikat tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana yang dipunyai jin. Jin yang jahat akan selalu senantiasa menentang dan menjalankan apa yang dilarang oleh Allah SWT. Malaikat adalah makhluk yang baik dan tidak akan mencelakakan manusia selama berbuat kebajikan, sedangkan setan dan iblis akan selalu mencelakakan manusia hingga hari akhir.  Malaikat terbuat dari cahaya atau nur sedangkan jin berasal dari api atau nar. Malaikat selalu tunduk dan taat kepada Allah sedangkan jin ada yang muslim dan ada yang kafir. Yang kafir adalah setan dan iblis yang akan terus menggona manusia hingga hari kiamat agar bisa menemani mereka di neraka.  Malaikat tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana yang dipunyai jin. Jin yang jahat akan selalu senantiasa menentang dan menjalankan apa yang dilarang oleh Allah SWT. Malaikat adalah makhluk yang baik dan tidak akan mencelakakan manusia selama berbuat kebajikan, sedangkan setan dan iblis akan selalu mencelakakan manusia hingga hari akhir.

7 Dalil yang menjelaskan tentang Malaikat Qs Fathir : 1 Artinya : Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan- Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

8 Tafsir Qs fathir : 1  Pada ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa puji dan syukur itu adalah bagi Dia, yang telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan ciptaan yang amat indah dan ajaib, ciptaan yang belum ada sebelumnya, dan telah diaturnya dengan tata tertib yang lengkap dan sempurna, Tuhan yang telah menugaskan malaikat menyampaikan wahyu pada para Nabi-nabi-Nya, untuk menyampaikan kepada mereka berbagai macam urusan. Malaikat itu adalah sejenis makhluk yang mempunyai sayap sebelah menyebelah di sampingnya, dua-dua, tiga-tiga atau empat-empat, yang akan membantu di dalam perjalanannya menyampaikan dengan segera perintah-perintah Allah, baik berupa suruhan maupun berupa larangan, kepada para Nabi-Nya. Allah SWT berkuasa menambah sayap para malaikat lebih banyak lagi menurut kehendak-Nya, sesuai dengan keperluan. Tidak ada kekuatan yang bagaimanapun kuatnya yang dapat menghalangi-Nya karena Dia itu Maha Kuasa atas segala sesuatu.

9 Dalil yang menjelaskan tentang Malaikat Q.S: At-Tahrim: 6 Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

10 Tafsir Q.S At-Tahrim: 6 Dalam ayat ini firman Allah ditujukan kepada orang-orang yang percaya kepada Allah dan rasul- rasul-Nya, yaitu memerintahkan supaya mereka, menjaga dirinya dari api neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan batu, dengan taat dan patuh melaksanakan perintah Allah, dan mengajarkan kepada keluarganya supaya taat dan patuh kepada perintah Allah untuk menyelamatkan mereka dari api neraka. Di antara cara menyelamatkan diri dari api neraka itu ialah mendirikan salat dan bersabar, sebagaimana firman Allah SWT.

11 Terima Kasih


Download ppt "Pendidikan Agama Islam Beriman Kepada Malaikat. Pokok bahasan pengertian Iman Kepada Malaikat Nama & Tugas Malaikat Perbedaan Malaikat dengan jin dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google