Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KE IX LAYANAN PERPUSTAKAAN 1.Sistem Layanan 2.Jenis Layanan 3.Layanan Sirkulasi RUJUKAN: Library Services in Theory and Context (Chapter 4: Library.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KE IX LAYANAN PERPUSTAKAAN 1.Sistem Layanan 2.Jenis Layanan 3.Layanan Sirkulasi RUJUKAN: Library Services in Theory and Context (Chapter 4: Library."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KE IX LAYANAN PERPUSTAKAAN 1.Sistem Layanan 2.Jenis Layanan 3.Layanan Sirkulasi RUJUKAN: Library Services in Theory and Context (Chapter 4: Library Services and their Users as a System dari

2 1. Sistem Layanan Pelayanan di perpustakaan lazimnya menggunakan dua sistem, yaitu: a.Terbuka (Open Access) b.Sistem Tertutup (Close Aceess)

3 a. Terbuka (Open Access) Sistem terbuka membebaskan pengunjung ke tempat koleksi perpustakaan disajikan. Mereka dapat melakukan browsing atau membuka–buka, melihat–lihat koleksi, mengambil sendiri. Ketika bahan tidak cocok, mereka dapat memilih bahan lain yang hampir sama atau bahkan yang berbeda. Keutungan: Pemakai dapat melakukan browsing (melihat–lihat koleksi sehingga mendapatkan pengetahuan yang beragam), Memberi kepuasan kepada pengguna karena pengguna dapat memilih sendiri koleksi yang sesuai dengan kebutuhannya, Tenaga yang dibutuhkan tidak banyak. Kelemahanya: Pemakai banyak yang salah mengembalikan koleksi pada tempat semula sehingga koleksi bercampur aduk, Petugas setiap hari harus mengontrol rak–rak untuk mengetahui buku yang salah letak dan, Tingkat kehilangan/kerusakan koleksi relatif besar.

4 b. Tertutup (Closed Access) Dalam sistem tertutup pengunjung tidak diperkenankan masuk ke rak–rak koleksi untuk membaca ataupun mengambil sendiri koleksi perpustakaan. Pengunjung hanya dapat membaca atau meminjam melalui petugas yang melayani para pengunjung. Kelebihan: –Koleksi akan tetap terjaga kerapihannya, –Koleksi yang hilang dapat diminimalkan, –Tingkat kerusakan koleksi dapat diminimalisir Kelemahanya: –Diperlukan banyak petugas, –Banyak waktu yang diperlukan untuk memberikan pelayan, –Banyak waktu yang diperlukan untuk mengisi formulir dan menunggu bagi yang mengembalikan bahan–bahan pustaka, –Sejumlah koleksi tidak pernah disentuh atau dipinjam.

5 1.Layanan sirkulasi 2.Layanan referensi (rujukan) 3.Layanan bimbingan pembaca 4.Layanan abstrak dan indeks 5.Layanan informasi mutaakhir 6.Layanan fotokopi 7.Layanan internet 8.Layanan ruang baca 9.Layanan terjemahan 10.Layanan penelusuran literature/artikel ilmiah 11.Layanan interpretasi informasi 12.Layanan pinjam antar perpustakaan (inter library loan) 2. Jenis Layanan

6 Layanan Sirkulasi (circulation) Layanan ini diberikan kepada pengguna dari dalam untuk dapat meminjam bahan pustaka tertentu untuk dibawa pulang. Layanan Informasi Layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan untuk memperoleh informasi umum perpustakaan. Layanan Referensi dan Penelusuran Informasi Layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan dengan jalan memberikan informasi siap pakai dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, serta memberikan bantuan dalam penelusuran informasi dari berbagai subyek dan sumber maupun memberikan bahan rujukan pada koleksi lain sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Layanan 'Holiday Loan' Layanan yang diberikan kepada pengguna UNS untuk dapat meminjam koleksi Closed Reserve (cadangan) untuk dibawa pulang. Layanan UPT Perpustaakaan UNS

7 Layanan Penelusuran Informasi melalui CD-ROM Layanan yang diberikan kepada pengguna untuk dapat memperoleh informasi bibliografis melalui CD-ROM. Layanan Penelusuran Digital/Electronic Library Layanan yang diberikan kepada pengguna untuk dapat memperoleh informasi dari database Digital/Electronic Library. Layanan Bimbingan Pengguna Perpustakaan Layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan, baik secara individu maupun kelompok, dengan cara memberikan bimbingan dan petunjuk dalam memanfaatkan koleksi, falisitas dan layanan yang ada agar dapat dimanfaatkan perpustakaan semaksimal mungkin. Layanan Kartu Sakti Layanan penyediaan Kartu SAKTI yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika UNS untuk berkunjung dan memanfaatkan layanan di perpustakaan-perpustakaan PT negeri di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan IKIP Jakarta.

8 Layanan Keanggotaan Luar Biasa Layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan dari PTS/instansi di Surakarta untuk dapat memanfaatkan bahan pustaka dan layanan UPT Perpustakaan UNS. Syarat-syarat keanggotaan luar biasa dan hak-hak serta kewajiban anggota dapat ditanyakan di Bagian TU UPT Perpustakaan UNS. Penerbitan dan Penyebaran SDI (SELECTIVE DISSEMINATION OF INFORMATION) Layanan UPT perpustakaan UNS dengan cara menyebarkan kumpulan fotokopi daftar isi jurnal ilmiah kepada fakultas dan jurusan/program di lingkungan UNS. Penerbitan dan Penyebaran Daftar Buku Baru Penerbitan dan penyebaran daftar pustakan terbaru yang telah siap dimanfaatkan oleh pengguna perpustakaan.

9 Layanan Penelusuran Informasi Melalui Internet Layanan yang diberikan kepada pengguna untuk dapat memperoleh informasi melalui Internet. Layanan Fotokopi Layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan untuk dapat mengkopi koleksi tertentu di perpustakaan. Layanan SAT (Self Access Terminals) SAT PERPUSTAKAAN UNS merupakan sebuah sarana dan fasilitas dalam bidang ICT yang khusus diperuntukkan bagi civitas akademika UNS untuk melakukan penelusuran informasi “educational content”.

10 3. Layanan Sikulasi Layanan Sikulasi Kegiatan untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan dengan tepat guna dan tepat waktu yang meliputi kegiatan administrasi syarat keanggotaan, peminjaman dan pengembalian, jam buka dan peraturan, sistem peminjaman, sistem pencatatan, dan statistik pengunjung. (Lasa Hs, 2007: 169) Tujuan Layanan Sirkulasi: agar bahan informasi yang dikelola perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal, mengetahui bahan pustaka yang dipinjamkan, mengetahui siapa yang meminjam bahan pustaka, mendapatkan data-data kuantitatif kegiatan pelayanan sirkulasi terutama data tentang pemanfaatan koleksi perpustakaan.

11 Macam Layanan Sirkulasi 1.Penetapan Peraturan. Peraturan, persyaratan, tatatertib (tertulis/tidak tertulis) merupakan alat dalam usaha melayani peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan, baik bagi pimpinan, petugas atau pelaksana, maupun para anggota perpustakaan. (Lasa Hs, 2007: 171). Peraturan mengatur: Siapasaja yang boleh menggunakan fasilitas perpustakaan ataupun dapat diterima menjadi anggota perpustakaan, Syarat-syarat apasaja, Hak-hak apasaja, Banyaknya koleksi yang bisa dipinjam, Lamanya koleksi boleh dipinjam, Sanksi apasaja yang bisa dikenakan bila terlambat mengembalikan buku, atau apabila terjadi penyalahgunaan pemakaian fasilitas yang tersedia di perpustakaan. 2.Keanggotaan, pendaftaran (registrasi) 3.Macam pelayanan peminjaman 4.Peringatan dan penagihan 5.Keterangan bebas pinjam 6.Statistik 7.Pemeliharaan koleksi


Download ppt "PERTEMUAN KE IX LAYANAN PERPUSTAKAAN 1.Sistem Layanan 2.Jenis Layanan 3.Layanan Sirkulasi RUJUKAN: Library Services in Theory and Context (Chapter 4: Library."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google