Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi DETI NURPITA SARI 071210113024.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi DETI NURPITA SARI 071210113024."— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi DETI NURPITA SARI

2 LATAR BELAKANG Perpustakaan perguruan tinggi merupakan tempat penyedia jasa pelayanan sumber dan penyebarluasan sumber informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka yang tidak lain seluruh anggota civitas akademika. Salah satu syarat berfungsinya sebuah perpustakaan yang telah disebutkan diatas ialah adanya ketersediaan koleksi yang memadai dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Dalam hal ini koleksi yang disediakan dapat dikembangkan atau dengan kata lain adanya program atau kegiatan pengembangan koleksi dalam sebuah perpustakaan, salah satunya pengembangan koleksi di perpustakaan Perguruan Tinggi. Disamping itu perpustakaan saat ini menyediakan berbagai macam koleksi non buku, khususnya e-book. Sehingga saat ini tantangan bagi pengelola informasi ialah dapat menyajikan penelusuran informasi yang efektif sesuai perilaku pemustaka yang beragam dalam memenuhi kebutuhan informasinya atau dengan kata lain dapat menyajikan penelusuran informasi digital. Dari hal tersebut penulis memilih produk penelusuran informasi digital dikarenakan penyajian informasi elektronik khususnya dalam bidang pengembangan koleksi yang diolah dalam bentuk e-book sangat minim sekali ditemukan, dari hal ini lah penulis ingin mendalami dan memahami cara penyajian penelusuran informasi digital dengan membuat produk bersubyek “Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi”.

3 TUJUAN PEMBUATAN PRODUK Memudahkan pemustaka dalam mencari bahan rujukan terhadap karya ilmiah dan hasil penelitian yang akan dihasilkan dengan subyek Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tiggi. Menyajikan informasi yang lebih spesifik dengan subyek Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tiggi. Memudahkan bagi pengelola informasi dalam pengelompokkan, mengorganisir, menggunakan serta mengkomunikasikan informasi.

4 MANFAAT PRODUK Menghasilkan sebuah karya atau produk yang sesuai dengan syarat kelulusan Program Studi Teknisi Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga. Menghasilkan sebuah karya atau produk yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh pemustaka perpustakaan. Dapat mempermudah pemustaka mengakses informasi khususnya dalam penggunaan e-book. Dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi yang akan membuat atau menghasilkan sebuah karya ilmiah atau penelitian.

5 JADWAL PEMBUATAN PRODUK NoTanggalTahapKegiatan 1.Akhir Oktober Persiapan Pengumpulan Data Awal NovemberPencarian E-book Tengah NovemberPenyortiran Data 2.Akhir NovemberIntiPembuatan Bookmark 3.Awal DesemberPenyelesaianPenyajian Produk

6 Pengertian Penelusuran Informasi Digital Subyek Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Proses mencari informasi yang dilakukan dengan melalui media digital atau elektronik seperti OPAC (Online Public Access Catalog), search engine (di internet), database online, jurnal elektronik, reference online, dan informasi lain yang bentuk informasi yang tersedia berbentuk elektronik atau digital untuk menemukan data-data yang pernah ada terkait subyek pengembangan koleksi.

7 Sistem Klasifikasi atau Penentuan Subject Heading Produk. Dalam pembuatan produk informasi digital, penentuan subyek “Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi” berdasarkan LCSH (Library of Congress Subject Headings) Online  “Community Collage Libraries--Collection Development”.

8 Anggaran yang Keluar NoPengeluaranKeterangan 1.Biaya Internet WIFIRp ,00 KepingRp ,00 JumlahRp ,00

9 Tahap Pencarian Data Dalam melakukan pencarian data metode penelusuran yang digunakan menggunakan berbagai cara diantaranya yaitu menggunakan google penelusuran biasa, penelusuran lanjutan, dan schoolar google. Disamping itu juga menggunakan bantuan logika boolean seperti AND, OR, NOT. Kata kunci yang dimasukkan kata kunci indonesia, asing, dan boolean.

10 TAMPILAN PRODUK

11 KESIMPULAN Produk penelusuran informasi digital ini dapat memudahkan pemustaka yang membutuhkan bahan atau informasi terkait Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Penyusunan produk penelusuran informasi digital dengan subyek Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi dikelompokkan berdasarkan jenis dan kategori tulisan. Sumber informasi dalam produk penelusuran informasi digital dapat dipercaya karena sumber informasi tersebut didapatkan dari website atau situs yang resmi dan bukan dari sumber informasi umum (blog) atau website yang belum tentu kredibel dalam penyajian informasinya. Tampilan dan penggunaan penelusuran informasi digital dengan subyek Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi ini disusun secara simple diharapkan memudahkan pemustaka dalam melakukan penelususran informasi digital tersebut.

12 SARAN Mata kuliah Metode Penelusuran Elektronik, menurut penulis sangat membantu dalam proses pencarian data informasi produk, dan mengharapkan semua yang mengambil mata kuliah ini dapat mengembangkan secara aktif, mandiri guna memperoleh kemampuan yang lebih dalam proses penelusuran informasi. Dalam hal ini penulis mengharapkan agar penulis lain yang akan mengambil penelusuran informasi digital berikutnya agar memilih tema atau subyek lain terkait ilmu perpustakaan dengan tujuan agar informasi yang disajikan semakin beragam dan lebih inovatif. Produk ini dipersembhakan untuk para pengguna yang ingin meningkatkan dalam menelusur informasi serta membutuhkan dan mengetahui sumber-sumber informasi yang kredibel.


Download ppt "Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi DETI NURPITA SARI 071210113024."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google