Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME Nama: Deram Rasianta Bangun NPM: 50407249 Jurusan: Teknik Informatika Pembimbing: Dr. Widya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME Nama: Deram Rasianta Bangun NPM: 50407249 Jurusan: Teknik Informatika Pembimbing: Dr. Widya."— Transcript presentasi:

1 PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME Nama: Deram Rasianta Bangun NPM: Jurusan: Teknik Informatika Pembimbing: Dr. Widya Silfianti, SKOM, MMSI.

2 LATAR BELAKANG Musik mempunyai peran didalam kehidupan. Musik dapat menimbulkan rasa nyaman sekaligus merangsang stimulus di otak. Oleh sebab itu, tak heran jika musik disukai banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang tua, dan Kemajuan Teknologi Informasi turut menjadi faktor penting di dalam seni musik. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah telepon selular atau yang biasa dikenal dengan handphone. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penulisan tentang pembelajaran kunci-kunci nada dasar gitar yang akan di terapkan ke media telepon selular mengingat anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan telepon selular untuk berbagai keperluan.

3 BATASAN MASALAH Dalam penulisan ini penulis akan membatasi masalah pada pembuatan aplikasi kunci dasar gitar berbasis mobile yang diperuntukkan anak-anak berusia 7 sampai 12 tahun, dengan memasukkan tangga kunci dasar yaitu ‘A’, ‘B’, ‘C’, ‘D’, ‘E’, ‘F’, dan ‘G’. Aplikasi ini dibuat untuk jenis telepon genggam bersistem operasi Java yang bertipe platform CLDC 1.1/MIDP Versi 2.0 dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME TM (Java Micro Edition TM ).

4 TUJUAN PENULISAN untuk mengetahui dan mengembangkan bakat dan kreativitas anak yang berusia 7 sampai 12 tahun serta meningkatkan daya tarik dan motivasi anak untuk mempelajari kunci-kunci gitar. untuk mempermudah pembelajaran dan pengenalan kunci nada dasar gitar dengan memanfaatkan media telepon selular

5 STRUKTUR NAVIGASI

6 UML (Activity Diagram )

7 OUPUT PROGRAM TAMPILAN AWAL APLIKASI

8 OUPUT PROGRAM TAMPILAN PADA SAAT DIGUNAKAN

9

10 KESIMPULAN Aplikasi kunci nada dasar gitar ini dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tarik dan motivasi anak untuk mempelajari kunci-kunci gitar dan mempermudah pembelajaran dan pengenalan nada dengan memanfaatkan media telepon selular. J2ME merupakan bahasa pemrograman yang terbuat khusus untuk diaplikasikan ke dalam perangkat telepon selular sehingga lebih mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi secara mobile dan kapan saja

11 SARAN Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini, minat akan pembelajaran kunci nada gitar dapat berkembang, terlebih untuk anak usia dini penulis memberikan saran bagi pengembang dan penyempurnaan, seperti pengembangan dalam kunci nada mayor, nada minor, nada kres dan nada-nada lainnya yang ditambahkan dalam aplikasi, serta tingkat level yang lebih tinggi sehingga menu yang ditawarkan dapat lebih bervariatif dan interaktif.


Download ppt "PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME Nama: Deram Rasianta Bangun NPM: 50407249 Jurusan: Teknik Informatika Pembimbing: Dr. Widya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google