Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 3. PERSEKUTUAN FIRMA (Fa) (Pasal 16-35 KUHD) FIRMA adalah tiap-tiap perserikatan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 3. PERSEKUTUAN FIRMA (Fa) (Pasal 16-35 KUHD) FIRMA adalah tiap-tiap perserikatan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 3

2 PERSEKUTUAN FIRMA (Fa) (Pasal KUHD) FIRMA adalah tiap-tiap perserikatan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu nama bersama (Pasal 16 KUHD) Dalam FIRMA, tiap-tiap persero (sekutu) secara tanggung menanggung bertanggung jawab untuk seluruhnya atas segala perikatan dari perseroan (Pasal 18 KUHD)

3 FIRMA??? Persekutuan Perdata + menjalankan perusahaan + dibawah nama bersama + tanggung jawab pribadi untuk keseluruhan = FIRMA

4 Nama Bersama Nama siapa? - Nama salah seorang sekutu - Nama salah seorang sekutu dengan tambahan. Ex : Sidharta and Sons - Kumpulan seluruh atau sebagian nama sekutu. Ex : Purisar (Purwo, Ismail dan Sarwono) - Nama lain yang bukan nama keluarga/marga

5 Pendirian FIRMA  Harus dengan akta otentik, notariil (Pasal 22 KUHD)  Didaftarkan ke Panitera Pengadilan Negeri (Pasal 23 KUHD)  Diumumkan dalam Berita Negara (Pasal 28 KUHD) + Izin usaha terkait untuk mulai berusaha

6 Pendirian FIRMA (2)  Tidak ada sanksi untuk Pasal 22 KUHD; TAPI ketiadaan akta otentik tidak dapat digunakan untuk merugikan pihak ketiga.  Pendaftaran dan pengumuman tidak menjadikan status FIRMA sebagai Badan Hukum.

7 Fungsi Pendaftaran dan Pengumuman Selama FIRMA belum/tidak diumumkan, maka pihak ketiga dapat menganggap FIRMA sebagai persekutuan umum yang : - Menjalankan segala urusan - Didirikan untuk waktu yang tidak terbatas - Semua sekutunya berwenang mewakili FIRMA (pasal 29 KUHD)

8 Hak dan Kewajiban Sekutu FIRMA  Berhak melakukan pengumuman dan bertindak atas nama FIRMA  Perikatan yang dibuat salah seorang sekutu mengikat sekutu lainnya; walaupun tindakan tersebut tanpa kuasa.  Segala sesuatu yang diperoleh oleh salah seorang anggota menjadi harta FIRMA  Tanggung renteng untuk segala perikatan atas nama FIRMA

9 Hubungan dengan Pihak Ketiga - Tiap sekutu berwenang mewakili FIRMA, kecuali dikeluarkan dari kewenangan itu (Pasal 17 KUHD) - Tiap-tiap sekutu terhadap perikatannya dengan pihak ketiga bertanggung jawab secara pribadi untuk keseluruhan (Pasal 18 KUHD) * Silahkan bandingkan dengan tanggung jawab sekutu pada pihak ketiga dalam Persekutuan Perdata.

10 HARTA FIRMA  Harta FIRMA adalah hasil inbreng dari sekutu  FIRMA punya kekayaan terpisah dari kekayaan pribadi sekutu  Konsekuensinya kreditor FIRMA selalu didahulukan dari kreditor sekutu secara pribadi

11 Pembubaran FIRMA Cara/sebab bubarnya FIRMA : - Lewatnya waktu - Musnahnya barang - Meninggalnya seorang sekutu - Seorang sekutu dibawah pengampuan - Kepailitan seorang sekutu

12 Pembubaran FIRMA (2)  Dibentuk Liquidatoire (bisa sekutu, Pihak yang ditunjuk para sekutu atau Pihak yang ditunjuk pengadilan) Pasal 32 KUHD  Bila setelah pemberesan aset FIRMA tidak cukup untuk memenuhi kewajiban maka, tagihan dibebankan pada harta pribadi sekutu (Pasal 33 KUHD)  Bila setelah pemberesan dan kewajiban FIRMA telah terselesaikan, masih ada sisa aset maka dibagikan dengan besaran menurut perbandingan inbreng (Pasal 34 KUHD)

13 READING ASSESMENT  Pasal 16 – 35 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, Pasal 1618 – 1652 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata  Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia 2, Bentuk-bentuk Perusahaan. Karangan HMN Purwosutjipto. Bab V;  Hukum Perusahaan. Karangan IG Rai Widjaya. Bab IV B;  Seri Aspek Hukum Dalam Bisnis (Buku Biru). Karangan Gunawan Widjaja. Bab IV.

14 Tugas Minggu III  Buat perbandingan antara Persekutuan Perdata dengan Persekutuan Firma  Apakah Firma merupakan badan hukum?  Tidak ada sanksi untuk pendirian Firma tanpa adanya akta otentik. Berikan pendapat hukum mengenai hal ini!


Download ppt "PERTEMUAN 3. PERSEKUTUAN FIRMA (Fa) (Pasal 16-35 KUHD) FIRMA adalah tiap-tiap perserikatan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google