Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAKI Hak atas Kekayaan Intelektual Hukum Bisnis. Definisi HAKI ( Intellectual property rights), adalah hak kebendaan yang sah dan diakui oleh hukum atas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAKI Hak atas Kekayaan Intelektual Hukum Bisnis. Definisi HAKI ( Intellectual property rights), adalah hak kebendaan yang sah dan diakui oleh hukum atas."— Transcript presentasi:

1 HAKI Hak atas Kekayaan Intelektual Hukum Bisnis

2 Definisi HAKI ( Intellectual property rights), adalah hak kebendaan yang sah dan diakui oleh hukum atas benda tidak berwujud berupa kreasi intelektual. Yang dapat berupa, a.l: Merek, Paten dan Hak cipta

3 Mengapa perlu HAKI ? HAKI merupakan salah satu instrument yang digunakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Asumsinya, dengan perlindungan karya cipta, maka kreatifitas dan inovasi akan bermunculan. Dengan sendirinya, kualitas sumber daya manusia akan lebih tinggi.

4 MANFAAT HaKI Perlindungan terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan karya intelektual yang dimilikinya oleh pihak lain Dapat menjamin kepastian hukum baik individu maupun kelompok serta terhindar dari kerugian akibat pemalsuan dan perbuatan curang pihak lain. Adanya citra positif pemerintah yang menerapkan HaKI di tingkat WTO. Sebagai alat promosi untuk memperluas pasar produk. Pemegang hak dapat melakukan upaya hukum baik perdata maupun pidana dengan masyarakat umum. Pemegang hak dapat memberikan izin atau lisensi kepada pihak lain.

5 1. Merek 1. Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. 2. Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya. (UU no 15 tahun 2001 tentang merek)

6 2. Paten Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU no14 tahun 2001 tentang paten)

7 Invensi adalah ide Inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. Inventor adalah seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara bersama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan Invensi.

8 3. Hak cipta Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang- undangan yang berlaku. (UU no 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta)

9 Apa itu Hak Cipta ? adalah hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

10 jika pengutipan dilakukan untuk kepentingan: pendidikan Penelitian Penulisan karya ilmiah Penyusunan laporan dengan catatan harus menuliskan sumbernya Untuk keperluan pembelaan di dalam atau di luar pengadilan Memperbanyak ciptaan dalam ilmu pengetahuan, seni, sastra dalam huruf braile untuk keperluan para tunanetra KECUALI perbanyakan untuk kepentingan komersial Perbanyakan suatu ciptaan SELAIN PROGRAM KOMPUTER, secara terbatas untuk keperluan aktivitas yang nonkomersial Yang tidak melanggar hak cipta

11 Tatacara pengajuan HAKI 1)Mengajukan permohonan ke Ditjen HaKI secara tertulis 2)Mengisi formulir permohonan yang memuat: 3)Permohonan ditandatangani oleh pemohon atau kuasanya 4)Dalam hal permohonan diajukan oleh bukan pendesain, permohonan harus disertai pernyataan yang dilengkapi dengan bukti yang cukup bahwa pemohon berhak atas desain industri yang bersangkutan; 5)Membayar biaya permohonan

12 Persamaan Yang dimaksud dengan persamaan pada pokoknya adalah kemiripan yang disebabkan adanya unsur-unsur yang menonjol antara merek yang satu dengan merek yang lain. (i) bentuk; (ii) cara penempatan; (iii) cara penulisan; (iv) kombinasi antara unsur-unsur atau persamaan bunyi ucapan.

13 contoh Kebab Turki Baba Rafi dan Kebab Turki Abahanif. AQUA dan AQUALIVA. CORNETTO dan CAMPINA CORNETTO

14 LG GW300: Dianggap Menjiplak Full BlackBerry Jakarta, RMexpose. Ponsel model QWERTY keyboard nampaknya sedang digemari. Banyak vendor ponsel yang mengusung model seperti BlackBerry dalam meluncurkan produk terbarunya, salah satunya LG GW 300. Ponsel ini tampil seperti BlackBerry. Handset dengan QWERTY keyboard ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks pada kecepatan tinggi berkat jarak spasi QWERTY keyboard yang agak sedikit renggang.

15 BEIJING, KOMPAS.com — Ponsel-ponsel buatan China yang meniru BlackBerry sudah bermacam jenis. Namun, ini mungkin yang paling fenomenal. Mereknya saja BlockBerry, ponsel yang menjiplak habis BlackBerry Storm itu juga menggunakan sosok Obama sebagai bintang iklannya. Slogannya pun terdengar menggoda. Ditulis dengan huruf dan bahasa China kira-kira artinya begini, "Obama pakai BlackBerry, Aku pakai BlockBerry".

16 Etika dalam SI Etika dalam dunia sistem informasi dibahas pertama kali oleh Richard Mason (1986) 1. Privasi 2. Akurasi 3. Properti 4. Akses P A

17 Menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi izin untuk melakukannya Kasus: Junk mail Manajer pemasaran mengamati bawahannya Penjualan data akademis Privasi

18  Terhadap informasi merupakan faktor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi (  Kebenaran data)  Ketidakakurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dan bahkan membahayakan.  Kasus:  Terhapusnya data/ rekam medik seorang pasien  Kasus kesalahan pendeteksi misi TNI Akurasi

19 Perlindungan terhadap hak PROPERTI (hak terhadap hasil/ kepemilikan sebuah produk) yang sedang digalakkan saat ini yaitu yang dikenal dengan sebutan HAKI (hak atas kekayaan intelektual). HAKI biasa diatur melalui hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret). Properti

20


Download ppt "HAKI Hak atas Kekayaan Intelektual Hukum Bisnis. Definisi HAKI ( Intellectual property rights), adalah hak kebendaan yang sah dan diakui oleh hukum atas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google