Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN MANAJER Orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya – sumberdaya organisasi lainnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN MANAJER Orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya – sumberdaya organisasi lainnya."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN MANAJER Orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya – sumberdaya organisasi lainnya.

3 KLASIFIKASI MANAJER 1. Menurut Tingkatannya 2. Menurut Kegiataannya /Tanggungjawabnya

4 TINGKATAN MANAJER MANAJER PUNCAK MANAJER MENENGAH MANAJER LINI PERTAMA/BAWAH Presiden Direktur, Wakil Direktur Kepala Departemen, Divisi Kepala, Mandor, Supervisor

5 KEGIATAN MANAJER 1. Manajer Umum 2. Manajer Fungsional

6 Manajer Umum Mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja

7 Manajer Fungsional Bertanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi,contohnya kegiatan bagian produksi, pemasaran, keuangan dll

8 Manajer Divisi Manajer Pemasaran Manajer Keuangan Manajer Produksi Manajer Umum Mengelola beberapa bidang fungsional Manajer Funsional hanya mengelola satu fungsi

9 MANAGERIAL SKILLS 1. Conceptual skills 2. Human skills 3. Technical skills 1-21

10 1. Conceptual skills: The ability to analyze and diagnose a situation and find the cause and effect

11 2. Human skills The ability to understand, alter, lead, and control people’s behavior

12 3. Technical skills The job-specific knowledge required to perform a task. Common examples include marketing, accounting, and manufacturing.

13 All three skills are enhanced through formal training, reading, and practice.

14 Skill Type Needed by Manager Level CONCEPTUAL SKILL HUMAN TECHNICAL MIDDLE MANAGERS FIRST LINE MANAGERS

15 FUNGSI MANAJER

16 MANAJEMEN Perencanaan Pengorganisasian Pengarahan /Pemimpinan Pengendalian Tujuan

17 Perencanaan Memilih tujuan organisasi. Menetapkan tujuan untuk setiap divisi. Menyusun program secara sistematis.

18 Pengorganisasian Merancang dan mengembangkan organisasi yang akan melaksanakan program. Mengatur dan mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya untuk mencapai tujuan.

19 Pengarahan / Pemimpinan Mengarahkan karyawan. Mempengaruhi karyawan. Memotivasi karyawan.

20 Pengendalian Tetapkan standar prestasi yang harus dicapai. Lakukan penilaian terhadap hasil. Bandingkan standar dengan hasil. Lakukan perbaikan bila ada penyimpangan.

21 Pendapat ahli tentang Fungsi Manajemen

22 Fungsi Manajemen menurut G.R.Terry Planning. Organizing. Actuating. Controlling.

23 Fungsi Manajemen menurut Henry Fayol Planning. Organizing. Commanding. Coordinating. Controlling.

24 Why managers should be doing the planning function ? Adanya keterbatasan waktu, fisik, pengetahuan, keterampilan, perhatian. Perlunya wadah dan alat untuk mencapai tujuan. Agar pembagian kerja jelas dan spesialisasi maksimal. Untuk meningkatkan daya guna semua unsur manajemen.

25 Kenapa manajer perlu melakukan fungsi Planning ? Agar tujuan jelas ( terhindar dari ketidak pastian ). Agar dapat mengarahkan semua aktivitas dari unsur manajemen. Agar mempunyai pedoman kegiatan yang akan dilakukan. Agar pencapaian sasaran secara efektif dan efisien. Agar bisa memperkecil resiko.

26 Kenapa manajer melakukan fungsi Actuating ? Agar karyawan mempunyai motivasi kerja yang baik. Agar memudahkan untuk mengkoordinasi semua unsur manajemen. Agar bisa mendelegasikan wewenang kepada karyawan sesuai dengan jabatannya.

27 Kenapa manajer melakukan fungsi Controlling ? Agar tidak terjadi penyimpangan dari rencana yang sudah ditetapkan. Agar memudahkan untuk mengukur hasil yang telah dicapai. Agar memudahkan mengadakan perbaikan dari kesalahan.

28 Pentingnya Manajemen Sebagai pedoman pikiran dan tindakan. Memudahkan dalam melakukan suatu pekerjaan. Memudahkan pencapaian tujuan. Diperlukan untuk kemajuan dan pertumbuhan. Memperkecil resiko yang dihadapi.

29 Unsur – unsur Manajemen Men, tenaga kerja manusia. Money, uang yang dibutuhkan. Methode, cara – cara yang digunakan. Materials, bahan – bahan yang diperlukan. Machines, alat – alat yang diperlukan. Market, pasar untuk menjual output.

30 Dasar – Dasar Manajemen Adanya kerja sama. Adanya tujuan bersama. Adanya pembagian kerja. Adanya hubungan formal. Adanya sekelompok orang. Adanya pekerjaan yang akan dikerjakan.

31 SEE YOU NEXT WEEK SAMPAI JUMPA MINGGU DEPAN


Download ppt "PENGERTIAN MANAJER Orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya – sumberdaya organisasi lainnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google