Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASUHAN ANTENATAL Oleh ARINI KUSMINTARTI, SKM. Asuhan Antenatal ( Antenatal Care) Asuhan Antenatal / Antenatal /Antepartum = sebelum melahirkan Asuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASUHAN ANTENATAL Oleh ARINI KUSMINTARTI, SKM. Asuhan Antenatal ( Antenatal Care) Asuhan Antenatal / Antenatal /Antepartum = sebelum melahirkan Asuhan."— Transcript presentasi:

1 ASUHAN ANTENATAL Oleh ARINI KUSMINTARTI, SKM

2 Asuhan Antenatal ( Antenatal Care) Asuhan Antenatal / Antenatal /Antepartum = sebelum melahirkan Asuhan Antenatal adalah: Pengawasan yang diberikan untuk ibu sebelum persalinan Pengawasan Antenatal sangat penting dalam upaya menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan janin

3 Tujuan Antenatal Tujuan utama dari asuhan antenatal adalah: memfasilitasi hasil yang sehat dan positif bagi ibu dan bayinya dengan cara: –Membina hubungan saling percaya dengan ibu –Mendeteksi komplikasi-komplikasi yang mengancam jiwa –Mempersiapkan kelahiran –Memberikan pendidikan

4 Asuhan ANC Penting?? Dengan melakukan ANC diharapkan proses alamiah dapat tetap berjalan normal selama kehamilan. Kehamilan dapat berkembang menjadi masalah/komplikasi –15 % ibu hamil mengalami komplikasi, (WHO) –26 % wanita dg kelahiran hidup mengalami komplikasi (SDKI,1997) Setiap kehamilan membawa risiko terjadinya komplikasi bagi ibu

5 Berbagai penelitia mengatakan bahwa untuk bisa efektif dalam meningkatkan keselamatan ibu dan bayi baru lahir, menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi baru lahir, asuhan antenatal harus difokuskan pada intervensi yang sudah terbukti bermanfaat.

6 Hal yang harus dilakukan oleh bidan 1.Membantu ibu dan kel unk mempersiapkan kelahiran dan kedaruratan yang mungkin terjadi a. Bekerja sama dengan ibu, kel dan masy u/ mempersiapkan suatu kelahiran termasuk mengidentifikasi penolong, tempat kelahiran, merencanakan tabungan dan mempersiapkan biaya persalinan b. Membantu ibu, kel dan masy untuk persiapan menghadapi komplikasi( tempat merujuk, bentuk transportasi, rencana donor darah, persiapan finansial, mengidentifikasi pembuat keputusan)

7 2. Mendeteksi dan mengobati komplikasi-komplikasi yang timbul selama kehamilan baik yang bersifat medis bedah dan obstetri 3. Mendeteksi kehamilan ganda setelah kehamilan > 28 mgg dan letak janin setelah kehamilan ≥ 36 mg) 4. Meningkatkan dan memelihara kes fisik, mental dan sosial ibu serta bayinya d/ memberikan pendidikan, suplemen dan imunisasi 5. Membantu mempersiapkan ibu untuk menyusui bayi, melalui masa nifas yang normal, serta menjaga kesehatan anak scr fisik, psikologis dan sosial

8 6. Memberikan konseling pada ibu sesuai dengan usia kehamilannya, mengenai nutrisi, istirahat, KB, IMD, pemberian asi, ketidaknyamanan yang fisiologis selama kakehamilan dll 7. Melakukan test laboratorium sesuai kebutuhan 8. Memberikan suntikan TT 9. Memberikan suplement mikronutrien ( zat besi, asam filat dan vit A bila perlu)

9 Terima Kasih Semoga Bermanfaat


Download ppt "ASUHAN ANTENATAL Oleh ARINI KUSMINTARTI, SKM. Asuhan Antenatal ( Antenatal Care) Asuhan Antenatal / Antenatal /Antepartum = sebelum melahirkan Asuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google