Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASESSMENT PEMB. MATEMATIKA. ASESSMENT PENILAIAN EVALUASI PENGUKURAN TESTING YANG BENAR SEPERTI APA ASESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA Bidang kajiannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASESSMENT PEMB. MATEMATIKA. ASESSMENT PENILAIAN EVALUASI PENGUKURAN TESTING YANG BENAR SEPERTI APA ASESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA Bidang kajiannya."— Transcript presentasi:

1 ASESSMENT PEMB. MATEMATIKA

2 ASESSMENT PENILAIAN EVALUASI PENGUKURAN TESTING YANG BENAR SEPERTI APA ASESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA Bidang kajiannya PENILAIANJENIS PENILAIAN CONTOH PENILAIAN LATIHAN MEMBUAT PENILAIAN

3 Asesmen merupakan kegiatan yang terintegrasi atau terpadu dengan pembelajaran. Asesmen dalam pembelajaran harus berbentuk interaksi antara guru dan siswa. Di sini guru secara terus-menerus melacak dan mencari informasi untuk memahami apa yang dipikirkan siswa dan bagaimana siswa berpikir serta apa yang dapat dikerjakan siswa dan bagaimana siswa dapat mengerjakan sesuatu.

4 Pengukuran (measurement) merupakan suatu proses pemberian bilangan terhadap suatu objek yang diukur. Hasil pengukuran merupakan suatu bilangan atau skor. Dengan demikian hasil pengukuran merupakan suatu informasi atau data yang bersifat kuantitatif.

5 Testing merupakan salah satu teknik atau cara yang digunakan dalam pengukuran dan asesmen. Tes merupakan suatu instrumen atau alat untuk mengukur hasil belajar siswa.

6 Evaluasi merupakan suatu proses penginterpretasian dan pembuatan keputusan tentang informasi atau data yang diperoleh melalui suatu asesmen. Evaluasi dilakukan berdasarkan suatu aturan atau patokan tertentu yang disepakati. Hasil evaluasi bersifat kualitatif. Contoh hasil evaluasi adalah istimewa, baik sekali, baik, naik kelas, tidak naik kelas, lulus, dan tidak lulus..

7 JENIS-JENIS TES

8 TES TES SUBJEKTIFTES OBJEKTIF Bentuk tes SOAL URAIAN Bentuk tes 1.Pilihan ganda (multiple choice) 2.Penjodohan 3.Benar-Salah 4.Melengkapkan 5.Soal dengan jawaban singkat KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

9 1.Menyusun kisi-kisi soal 2.Menyusun soal berdasarkan jenis-jenis soal. Adapun rinciannya a. 5 soal pilihan ganda b. 5 soal penjodohan c. 5 soal Benar-Salah d. 5 soal dengan jawaban singkat e.5 soal melengkapkan f.5 soal uraian 3. Menganalisis tingkat kesukaran soal MATEMATIKA

10 JENIS-JENIS ASESSMENT

11 ASESSMENT ASESMEN ALTERNATIF ASESMEN PERFORMENS ASESMEN OTENTIK

12


Download ppt "ASESSMENT PEMB. MATEMATIKA. ASESSMENT PENILAIAN EVALUASI PENGUKURAN TESTING YANG BENAR SEPERTI APA ASESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA Bidang kajiannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google