Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari."— Transcript presentasi:

1 Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari

2 Bab Pembahasan : FFungsi Al-qur’an.  al-qur’an petunjuk bagi manusia. AAl-qur’an sebagai peringatan bagi manusia. MMenerapkan fungsi al-qur’an dalam hidup. PPerilaku orang yang memfungsikan al-qur’an.

3  FUNGSI AL-QURAN 1. Sebagai pedoman dan petunjuk kehidupan Al-Quran adalah kitab suci yang dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam menjalani kehidupan pribadi, berkeluarga,bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab didalam al-Quran terdapat petunjuk-petunjuk dan arahan tentang berbagai cara bergaul dengan manusia, bahkan bergaul dengan alam semesta sehingga terjadi harmonisasi antara sesama makhluk Allahyang hidup dimuka bumi ini.. 2. Sebagai peringatan bagi manusia Didalam al-Quran terdapat banyak peringatan dan teguran bagi manusia agar tidak melakukan perbuatan maksiat dan kerusakan dimuka bumi. sebab semua perbuatan itu hanya akan mendatangkan kerugian bagi manusia sendiri, baik di dunia maupun di akhirat. 3. Sebagai penyejuk hati manusia Hidup di dunia kadang dihadapkan pada berbagai ujian dan cobaan, perjalanannya penuh ombak dan duri. Jalannya tidak semulus jalan tol, yang selain lurus juga bebas dan rintangan. Semua itu membuat hati dan jiwa manusia resah, gelisah, dan gundah gulana. Dalam kondisi yang demikian itu, manusia harus kembali kepada jalan Allah, yakni kepada al-Quran yang didalamnya terdapat penyejuk dan penenang keresahan jiwa

4  Al-Qur’an sebagai Petunjuk bagi Manusia Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui perantaraan malaikat Jibril as. sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan mengikuti petunjuk al-Qur’an tersebut, manusia akan mempunya arah dan tujuan hidup yang jelas dalam menjalani hidup dan kehidupannya. Banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan mengenai fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Beberapa ayat diantaranya adalah sebagai berikut : Artinya : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…(QS. al-Baqarah/2:185) Atau ayat lain yang lebih khusus menegaskan bahwa al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia yang bertaqwa. Artinya : “Kitab (al-Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (QS. al-Baqarah/2:2)

5  Al-Qur’an sebagai Peringatan dan Pelajaran bagi Manusia Sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia maksudnya adalah al-Qur’an merupakan kitab suci dengan konsep ajaran yang salah satu ajarannya adalah berupa sejarah atau kisah umat terdahulu. Dalam kisah-kisah itu dijelaskan bahwa ada diantara umat manusia sebagian orang-orang yang beriman, taat dan shalih, namun ada pula sebagian yang lain orang-orang yang kafir, ma’siat dan tidak shalih. Kepada mereka yang shalih, Allah SWT. menjanjikan kebaikan di dunia dan pahala (surga) di akhirat karena ridha-Nya, sebaliknya kepada mereka yang kafir, durhaka dan tidak shalih, Allah SWT. mengancam dengan ancaman hukuman dan azab baik di dunia maupun di akhirat. Dan dalam banyak ayat, Allah SWT. membuktikan janji dan ancamannya tersebut. Bagi kita, apa yang dijelaskan dalam kisah umat terdahulu tersebut, dapat kita ambil pelajaran dan sekaligus peringatan bagi kita untuk pandai mengambil pelajaran dan meneladani yang baik dan menjauhi yang buruk untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan hidup di dunia sampai di akhirat kelak. Allah SWT. berfiman dalam QS. al- An’am ayat 97 Artinya : “Dan Ini (al-Quran) adalah Kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. orang- orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (al-Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.”(QS. al-An’am/6: 97)

6  MENERAPKAN FUNGSI AL-QURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI  Jadikan al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup  Jadikan al-Quran sebagai landasan hukum dan etika  Jadikan al-Quran sebagai tempat kembalinya segala persoalan.

7  PERILAKU ORANG YANG MEMFUNGSIKAN AL- QURAN 1. Perilaku taat kepada Allah Keimanan yang kuat terhadap kitab suci akan mendorong seseorang untuk taat dan patuh terhadap segala perintah-perintah-Nya dan senatiasa menghindari apa yang dilarang-Nya, ketaatan itu muncul dari keyakinan bahwa segala yang dikandung dalam kitab al-Quran adalah benar dan harus dipatuhi oleh umat manusia. 2. Selalu menghindari perbuatan maksiat Maksiat artinya berbuat durhaka kepada Allah, baik dengan cara melanggar larangan-Nya maupun dengan tidak mau melakukan perintah-perintah-Nya. Tidak ada satupun ayat al-Quran yang menganjurkan manusia berbuat maksiat ataupun berbuat jahat baik kepada –Nya ataupun kepada sesame makhluk dan alam lingkungannya. Oleh sebab itu, setiap orang yang beriman kepada al-Quranakan senatiasa menjag sikap perilaku dan perbuatannya dari hal-hal yang berbau maksiat. 3. Selalu Berbakti kepada orangtua Dalam al-Quran Allah selalu menjelaskan bahwa manusia mempunyai kewajiban untuk menghormati dan berbakti kepada ayah ibunya, karena mereka sangat besar jasanya bagi kelangsungan hidup seseorang, tanpa kebesaran jiwanya, kemuliaan hatinya, tidak mungkin seorang anak dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, seorang yang berimna kepada al-Quran tidak mungkin berbuat durhaka dan menyakiti orangtuanya,dalam hati mereka terdapat keyakinan bahwa mengabaikan dan mendurhakai orangtua akan mendapatkan murka


Download ppt "Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google