Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat."— Transcript presentasi:

1 Pendahuluan Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat

2 Pendahuluan Apa yang anda lakukan jika terdapat sekelompok pemuda pengangguran, nongkrong dipinggiran jalan, memangku gitar dan mencekik botol minuman? a.Mendekati mereka, membawa sebilah golok, kemudian menantang mereka untuk cepat bubar dari tongkrongannya b.Mendekati mereka, membawa Al Qur’an dan mensehati mereka secara halus. c.Mendekati mereka, membawa sejumlah uang dan tawaran kerja, kemudian setelah bekerja baru meminta mereka untuk shalat. d.Acuh tak acuh Apa yang anda lakukan jika terdapat sekelompok pemuda pengangguran, nongkrong dipinggiran jalan, memangku gitar dan mencekik botol minuman? a.Mendekati mereka, membawa sebilah golok, kemudian menantang mereka untuk cepat bubar dari tongkrongannya b.Mendekati mereka, membawa Al Qur’an dan mensehati mereka secara halus. c.Mendekati mereka, membawa sejumlah uang dan tawaran kerja, kemudian setelah bekerja baru meminta mereka untuk shalat. d.Acuh tak acuh

3

4 Pendahuluan “Robin hood melakukan tindakan diluar hukum dengan cara mencuri dan membajak harta-harta orang kaya kemudian dibagikan kepada kelompok masyarakat miskin” Bagaimana pandangan kalian mengenai hal ini dan kenapa hal tersebut bisa terjadi? “Robin hood melakukan tindakan diluar hukum dengan cara mencuri dan membajak harta-harta orang kaya kemudian dibagikan kepada kelompok masyarakat miskin” Bagaimana pandangan kalian mengenai hal ini dan kenapa hal tersebut bisa terjadi?

5 Pendahuluan “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah di jalan Allah sebagian dari usahamu yang baik-baik dan sebagian apa yang kami keluarkan dari muka bumi ini untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya, bahkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah maha kaya lagi maha terpuji”(QS. Al Baqarah: 267)

6 Pendahuluan Oleh karenanya kita tidak boleh mencari harta dengan cara melanggar agama maupun moral meskipun untuk tujuan yang baik. Terlebih lagi pada kasus Robin Hood terjadi karena tidak adanya instrumen atau alat yang mengatur pendistribusian harta, tetapi dalam Islam diatur mekanisme distribusi pendapatan yang salah satunya adalah dengan Zakat. Oleh karenanya kita tidak boleh mencari harta dengan cara melanggar agama maupun moral meskipun untuk tujuan yang baik. Terlebih lagi pada kasus Robin Hood terjadi karena tidak adanya instrumen atau alat yang mengatur pendistribusian harta, tetapi dalam Islam diatur mekanisme distribusi pendapatan yang salah satunya adalah dengan Zakat.

7 Shadaqah Shadaqah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Adapun secara terminologi syariat shadaqah makna asalnya adalah tahqiqu syai'in bisyai'i, atau menetapkan/menerapkan sesuatu pada sesuatu. Sedekah tidak terbatas pada pemberian yang bersifat material saja tetapi juga dapat berupa jasa yang bermanfaat bagi orang lain. Shadaqah ialah segala bentuk nilai kebajikan yang tidak terikat oleh jumlah, waktu dan juga yang tidak terbatas pada materi tetapi juga dapat dalam bentuk non materi, misalnya menyingkirkan rintangan di jalan, menuntun orang yang buta, memberikan senyuman dan wajah yang manis kepada saudaranya. Shadaqah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Adapun secara terminologi syariat shadaqah makna asalnya adalah tahqiqu syai'in bisyai'i, atau menetapkan/menerapkan sesuatu pada sesuatu. Sedekah tidak terbatas pada pemberian yang bersifat material saja tetapi juga dapat berupa jasa yang bermanfaat bagi orang lain. Shadaqah ialah segala bentuk nilai kebajikan yang tidak terikat oleh jumlah, waktu dan juga yang tidak terbatas pada materi tetapi juga dapat dalam bentuk non materi, misalnya menyingkirkan rintangan di jalan, menuntun orang yang buta, memberikan senyuman dan wajah yang manis kepada saudaranya.

8 Shadaqah Shadaqah terbagi menjadi 2 yaitu; Shadaqah Wajibah dan Shadaqah Nafilah (Sunah) Shadaqah wajibah antara lain: nafaqah dan zakat Shadaqah nafilah antara lain: Infak, wakaf Shadaqah terbagi menjadi 2 yaitu; Shadaqah Wajibah dan Shadaqah Nafilah (Sunah) Shadaqah wajibah antara lain: nafaqah dan zakat Shadaqah nafilah antara lain: Infak, wakaf

9 Shadaqah Zakat, Wakaf Infak Shadaqah

10 Infak Infaq berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu. Menurut terminologi syariat, infaq berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan Islam. Jika zakat ada nishabnya, infaq tidak mengenal nishab.

11 Zakat Zakat adalah pemindahan hak milik atas bagian tertentu dari harta tertentu kepada orang yang berhak menerimanya dari golongan tertentu dengan maksud untuk mendapatkan ridha Allah dan menyucikan jiwa, harta dan masyarakat.

12 Landasan Hukum Al-Quran ± Ada 66 ayat Al-qur ’ an mengenai zakat, terbagi menjadi: – 31 ayat menyandingkan antara shalat dengan zakat (50%) – Harta yang di kenakan zakat – Muzakki – Mustahiq – Balasan zakat (ingkar dan taat) – Zakat dengan riba – Dan lain sebagainya Al-Quran ± Ada 66 ayat Al-qur ’ an mengenai zakat, terbagi menjadi: – 31 ayat menyandingkan antara shalat dengan zakat (50%) – Harta yang di kenakan zakat – Muzakki – Mustahiq – Balasan zakat (ingkar dan taat) – Zakat dengan riba – Dan lain sebagainya

13 Sunnah – Rasulullah saw bersabda yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar: Artinya: "Islam dibangun atas lima rukun: Syahadat tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad saw utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa Ramadhan Ijma – Ulama salaf (klasik) maupun khalaf (kontemporer) telah sepakat akan kewajiban zakat dan bagi yang mengingkarinya berarti telah kafir dari Islam. Sunnah – Rasulullah saw bersabda yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar: Artinya: "Islam dibangun atas lima rukun: Syahadat tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad saw utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa Ramadhan Ijma – Ulama salaf (klasik) maupun khalaf (kontemporer) telah sepakat akan kewajiban zakat dan bagi yang mengingkarinya berarti telah kafir dari Islam.

14 Zakat Merupakan Salah Satu Ciri Dari Sistem Ekonomi Islam (M.A Mannan (1993)) Prinsip Keyakinan Keagamaan; Yaitu Bahwa Orang Yang Membayar Zakat Merupakan Salah Satu Manifestasi Dari Keyakinan Agamanya; Prinsip Pemerataan Dan Keadilan; Merupakan Tujuan Sosial Zakat Yaitu Membagi Kekayaan Yang Diberikan Allah Lebih Merata Dan Adil Kepada Manusia. Prinsip Produktifitas; Menekankan Bahwa Zakat Memang Harus Dibayar Karena Milik Tertentu Telah Menghasilkan Produk Tertentu Setelah Lewat Jangka Waktu Tertentu. Prinsip Keyakinan Keagamaan; Yaitu Bahwa Orang Yang Membayar Zakat Merupakan Salah Satu Manifestasi Dari Keyakinan Agamanya; Prinsip Pemerataan Dan Keadilan; Merupakan Tujuan Sosial Zakat Yaitu Membagi Kekayaan Yang Diberikan Allah Lebih Merata Dan Adil Kepada Manusia. Prinsip Produktifitas; Menekankan Bahwa Zakat Memang Harus Dibayar Karena Milik Tertentu Telah Menghasilkan Produk Tertentu Setelah Lewat Jangka Waktu Tertentu.

15 Prinsip Zakat Prinsip Nalar; Sangat Rasional Bahwa Zakat Harta Yang Menghasilkan Itu Harus Dikeluarkan. Prinsip Kebebasan; Zakat Hanya Dibayar Oleh Orang Yang Bebas Prinsip Etika Dan Kewajaran; Yaitu Zakat Tidak Dipungut Secara Semena-mena Prinsip Nalar; Sangat Rasional Bahwa Zakat Harta Yang Menghasilkan Itu Harus Dikeluarkan. Prinsip Kebebasan; Zakat Hanya Dibayar Oleh Orang Yang Bebas Prinsip Etika Dan Kewajaran; Yaitu Zakat Tidak Dipungut Secara Semena-mena


Download ppt "Pendahuluan Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google