Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut dengan."— Transcript presentasi:

1 Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa Arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat). Kedua kalimat syahadat itu adalah: * Kalimat pertama : Asyhadu ALlaa Ilâha Illallâh artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah * Kalimat kedua : wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah.

2 * Kalimat pertama menunjukkan pengakuan tauhid. Artinya, seorang muslim hanya mempercayai Allâh sebagai satu-satunya Ilah. Ilah adalah Tuhan dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau menjadi tujuan seseorang. Jadi dengan mengikrarkan kalimat pertama, seorang muslim memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allâh sebagai tujuan, motivasi, dan jalan hidup. * Kalimat kedua menunjukkan pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allâh. Dengan mengikrarkan kalimat ini seorang muslim memantapkan diri untuk meyakini ajaran Allâh seperti yang disampaikan melalui Muhammad saw, seperti misalnya meyakini hadist-hadist Muhammad saw. Termasuk di dalamnya adalah tidak mempercayai klaim kerasulan setelah Muhammad saw.

3 Makna syahadat la ilaha illallah adalah meyakini bahwa tidak ada yang berhak mendapatkan ibadah kecuali Allah, konsisten dengan pengakuan itu dan mengamalkannya. La ilaha menolak keberhakan untuk diibadahi pada diri selain Allah, siapapun orangnya. Sedangkan illallah merupakan penetapan bahwa yang berhak diibadahi hanyalah Allah. Sehingga makna kalimat ini adalah la ma’buda haqqun illallah atau tidak ada sesembahan yang benar selain Allah. Sehingga keliru apabila la ilaha illallah diartikan tidak ada sesembahan/tuhan selain Allah, karena ada yang kurang. Harus disertakan kata ‘yang benar’ Karena pada kenyataannya sesembahan selain Allah itu banyak. Dan kalau pemaknaan ‘tidak ada sesembahan selain Allah’ itu dibenarkan maka itu artinya semua peribadahan orang kepada apapun disebut beribadah kepada Allah, dan tentu saja ini adalah kebatilan yang sangat jelas.

4 Syarat-syarat la ilaha illallah adalah : Mengetahui maknanya, lawan dari bodoh Meyakininya, lawan dari ragu-ragu Menerimanya, lawan dari menolak Tunduk kepadanya, lawan dari membangkang Ikhlas dalam beribadah, lawan dari syirik Jujur dalam mengucapkannya, lawan dari dusta Mencintai isinya dan tidak membencinya. Syarat-syarat anna Muhammadar rasulullah adalah : Mengakui risalahnya secara lahir dan batin Mengucapkan dan mengakuinya dengan lisan Mengikutinya, yaitu dengan mengamalkan kebenaran yang beliau bawa dan meninggalkan kebatilan yang beliau larang Membenarkan beritanya, baik yang terkait dengan perkara gaib di masa silam atau masa depan Mencintai beliau lebih dalam daripada kecintaan terhadap diri sendiri, harta, anak, orang tua dan seluruh umat manusia Menjunjung tinggi sabdanya di atas semua ucapan manusia dan mengamalkan sunah/tuntunannya.

5 Kandungan Kalimat Syahadat * Ikrar Ikrar yaitu suatu pernyataan seorang muslim mengenai apa yang diyakininya.Ketika kita mengucapkan kalimat syahadah, maka kita memiliki kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang kita ikrarkan itu. * Sumpah Syahadat juga bermakna sumpah. Seseorang yang bersumpah, berarti dia bersedia menerima akibat dan resiko apapun dalam mengamalkan sumpahnya tersebut. Artinya, Seorang muslim itu berarti siap dan bertanggung jawab dalam tegaknya Islam dan penegakan ajaran Islam. * Janji Syahadat juga bermakna janji. Artinya, setiap muslim adalah orang-orang yang berjanji setia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah Allah SWT, yang terkandung dalam Al Qur'an maupun Sunnah Rasul.

6 Contoh syahadat contoh yang riil, yang dicontohkan baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan pentingnya syahadat. Beliau telah berusaha dengan sekuat tenaga mendakwahkan kalimat syahadat ini, meninggikan dan memegangnya dengan erat serta konsisten diatas jalannya. Bahkan tidak ada seorang pun, yang dapat menggoyahkan prinsip dan pendirian beliau. Kemudian setelah diamati dan ditelaah dari literatur yang ada

7 FUNGSI DUA KALIMAH SYAHADAT 1. Bacaan Do’a setelah berwudhu 2. Termasuk Lapadz Adzan 3. Sebagai Muqaddimah dalam Khutbah 4. Bacaan dalam tasyahud dan yang lainnya. Hal ini disajikan karena adanya sebagian pendapat yang mengatakan bahwa seseorang baru dianggap sah ke-Islamannya, jika dinyatakan/diikrarkan secara resmi di hadapn Imam. Tidak peduli apakah dia rajin shalat, melaksnaakan puasa, zakat dan yang laiinya, bila belum syahadat di hadapan Imam, tidak dianggap syah ke-Islamannya.

8 MAKNA SYAHADAT 1. اَلْبَيَانُ Penjelasan atau keterangan 2. اَلرُّؤْيَةُ Melihat, baik dengan mata kepala atau mata hati 3. اَلْحُضُوْرُ مَعَ الْمُشَاهَدَة Hadir dengan ikut terlibat melaksanakan Sedangkan makna syahadat anna Muhammadar rasulullah adalah mengakui secara lahir dan batin bahwa beliau adalah hamba dan utusan-Nya yang ditujukan kepada segenap umat manusia dan harus disertai sikap tunduk melaksanakan syari’at beliau yaitu dengan membenarkan sabdanya, melaksanakan perintahnya, menjauhi larangannya dan beribadah kepada Allah hanya dengan tuntunannya.


Download ppt "Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google