Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu “Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku kearah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu “Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku kearah."— Transcript presentasi:

1

2 MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu “Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku kearah yang lebih baik,karena pada dasarnya ilmu menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan.”

3 Menuntut ilmu merupakan ibadah sebagaiman sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : “Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang islam laki-laki dan perempuan ”

4 Mu’adz bin Jabbal berkata : “Tuntutlah ilmu, karena mempelajari ilmu karena mengharapkan wajah Allah itu mencerminkan rasa Khasyyah, mencarinya adalah ibadah, mengkajinya adalah tasbih, menuntutnya adalah Jihad, mengajarnya untuk keluarga adalah Taqarrub.”

5 Dengan demikian perintah menuntut ilmu tidak di bedakan antara laki-laki dan perempuan. Hal yang paling di harapkan dari menuntut ilmu ialah terjadinya perubahan pada diri individu ke arah yang lebih baik yaitu perubahan tingkah laku, sikap dan perubahan aspek lain yang ada pada setiap individu.

6 Pentingnya Menuntut Ilmu Ibadah Setiap umat muslim diwajibkan untuk beribadah seperti shalat, puasa, sedekah dan sebagainya. Menuntut ilmu adalah sebagian dari ibadah yang agung dan utama. Dan yang namanya ibadah tentulah memiliki nilai pahala tersendiri. Namun tentu saja ilmu yang dituntut haruslah ilmu yang baik dan bermanfaat agar berkah.

7 Pentingnya Menuntut Ilmu Dasar Beramal Ilmu yang kita tuntut merupakan dasar atau landasan untuk beramal. Hal ini tersurat dalam surat Al-Isra ayat 36 : “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” Dari hadist tersebut jelas bahwa apapun yang kita amalkan harus memiliki ilmu. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu shalat. Kita melakukan shalat tidak boleh semata-mata karena ikut-ikutan, sudah terbiasa, atau memang melakukan saja tanpa mengerti maknanya. Kita shalat harus berdasarkan ilmunya, tata caranya yang benar bagaimana, maknanya, bahkan segala hal yang membuat shalat tersebut menjadi kewajiban umat muslim.

8 Pentingnya Menuntut Ilmu Pahala Besar Tentu kamu familiar dengan hadist di bawah ini : “Apabila seorang manusia meninggal maka terputuslah pahala segala amalannya kecuali dari tiga perkara yaitu sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakannya. [HR. Muslim no. 1631]. Hadist tersebut sangat terkenal dan menunjukkan bahwa ilmu memiliki pahala yang besar, bahkan saat kita sudah meninggal pun. Oleh karena itu tuntutlah ilmu sebanyak mungkin dan gunakanlah untuk kebaikan. Niscaya pahalanya akan terus mengalir.

9 Pentingnya Menuntut Ilmu Mengangkat Derajat Manusia Memiliki ilmu yang banyak tidak hanya akan membuat kita lebih terpandang dan dihargai, namun diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Seperti hadist di bawah ini: “Allah mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu, sedangkan orang-orang yang diberi ilmu (Allah angkat) beberapa derajat”(Al Mujaadilah 11). Tentu suatu anugrah yang besar diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Tidak ada kebanggaan yang lebih hakiki dibandingkan mulia di hadapan Allah SWT.

10 Pentingnya Menuntut Ilmu Berharga Ilmu memiliki nilai yang lebih berharga dibandingkan dengan harta dalam kehidupan ini. Bila kamu memiliki harta, maka kamu akan menjaganya agar tidak hilang. Namun bila kamu memiliki ilmu, maka kamu yang akan dijaga oleh ilmu. Contohnya saat kamu ingin mencuri, maka dengan ilmu bahwa mencuri tersebut dosa, kamu mengurungkannya. Dengan banyak ilmu, kamu akan mengetahui mana yang baik dan buruk, mana yang sebaiknya ditinggalkan atau dipertahankan. Insyaallah segala tingkah laku kita terjaga.

11


Download ppt "MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu “Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku kearah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google