Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yang Disusun Oleh :  Budi Nugroho  Deva Anggawa  Dewanga Marel W.H  Dimas Fatkur Rahman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yang Disusun Oleh :  Budi Nugroho  Deva Anggawa  Dewanga Marel W.H  Dimas Fatkur Rahman."— Transcript presentasi:

1 Yang Disusun Oleh :  Budi Nugroho  Deva Anggawa  Dewanga Marel W.H  Dimas Fatkur Rahman

2 Tawakal Zuhud Contoh Sikap Zuhud Dan Tawakal Contoh Sikap Zuhud Dan Tawakal Membiasakan Sikap Zuhud dan Tawakal Membiasakan Sikap Zuhud dan Tawakal

3 Zuhud secara hafiah berarti tidak menginginkan sesuatu dengan cara meninggalkannya.Adapin menurut istilah Zuhud berarti meniggalkan yang disayangi yang bersifat materi atau kemewahan duniawi dengan mwngharap dan menginginkan sesuatu wujud yang lebih baik dan bersifat spiritual atau kebahagiaan akhirat. Sifat yang dimiliki oleh orang yang Zuhud diantaranya : 1 Orang yang zuhud senangtiasa bersifat wirai. 2 Orang yang zuhud selalu menyadari bahwa hidup didunia hanya sementara dan kehidupan yang hakiki hanyalah di akhirat. 3 Selalu menyadari bahwa harta sebanyak apapun tidak akan ada yang dibawa keakhirat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang artinya : Dari Anas bin Malik r.a ia berkata Rasulullah SAW bersabda tiga hal yang menyertai manyit, yang dua akan kembali dan yang satu akan tetap menyertainya, keluarga dan harta bendanya akan kembali, sedangkan amal akan ikut serta menemaninya. Allah SWT juga berfirman dalam surah al-kahf ayat 46 yang berbunyi slide4

4  Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shaleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

5 Ahlakul Karimah EXIT

6 Pengertian tawakal adalah berserah diri kepada Allah SWT setelah berikhtiar secara bersungguh-sunguh dengan kemampuan yang dimiliki. Didalam Al- quran Allah SWT telah berfirman disurah Al- maidah yat 23 sebagai berikut : Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya: "Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman".

7

8 Walaupun segalanya telah di atur oleh yang maha Esa tetapi tidak bole menggan tungkan hidupnya kepada takdir semata,Allah berfirman dalam surah Ar- rad ayat 11 yang berbunyi

9 Sifat tawakal juga mempunyai fungsi diantaranya yaitu : 1. dapat mengurangi tekanan jiwa. 2. Terhindar dari rasa kecewa dan stres. 3. Tidak merasa terbebani dalam menjalani tugas-tugas keseharian dalam hidup ini. EXIT Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

10 Amron adalah siswa SMP. Sekolahnya terletak tidak jauh dari rumanya. Orang tua Amron adalah pengusaha sukses yang terkenal dan kaya.Apapun yang diminta Amron, orang tuanya akan mampu memenuhinya. Beberapa teman Amron dengan sepeda motor baru. Mereka sangat bangga dengan hal itu. Namun Amrom tidak meniru sikap mereka.Ia berangkat ke sekolah dengan naik sepeda dan kadang-kadang berjalan kaki. Walaupun orang tuanya mampu membelikan motor baru,Amron tidak memintanya selain jarak rumah dan sekolah nya dekat.n Amron juga menyadari bahwa Ia belum membutuhkan sepeda motor.

11 Sebentarlagi akan ada ujian kenaikan kelas.Siswa kelas VIII juga turut mempersiapkan diri,termasuk Yudha.iIa belajar dengan giat dan tekun agar memperoleh nilai yang baik. Hario ujian pun tiba.Yudha mengikuti ujian dengan penuh percaya diri karena telah merasa mempersiapkan diri dengan baik. Namun,ia juga menyerahkan ujian tersebut kepada Allah SWT. ia berdoa supanya Allah berkenan hasil yang terbaik kepadanya. Pada waktu hasil ujian di umumkan, Yudha mendapat nilai yang baik.Ia kemudian bersyukur kepada Allah atas hasil itu. Yudha menyadari bahwa nilai baik itu pemberian Allah SWT. Dan bukan semata-mata hasil belajar keras nya. EXIT

12 Pembiasaan sikap Zuhud dapat dilakukan dengan mengamalkan perilaku sebagai berikut : 1. Tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan. 2. Tidak makan dan minim secara berlebihan. 3. Tidak meng habiskan waktu untuk bermain 4. Membiasakan pola hidup sederhana Contoh pembiasaan dapat dilakukan sebagai berikut : 1. Belajar dengan tekun sebelum ulangan dan berdoa kepada Allah SWT. Serta menyarah kan hasilnya kepada Allah 2. Mengunci rumah sebelum berpergian,menitipkan kunci dan amanah kepada tetangga,dan berdoa kepada Allah agar rumah diberikan keamanan.

13 TERIMA KASIH BANYAK ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "Yang Disusun Oleh :  Budi Nugroho  Deva Anggawa  Dewanga Marel W.H  Dimas Fatkur Rahman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google