Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sifat-Sifat Terpuji PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X Disusun oleh MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sifat-Sifat Terpuji PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X Disusun oleh MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang."— Transcript presentasi:

1

2 Sifat-Sifat Terpuji PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X Disusun oleh MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang

3 Main Menu Identitas Program Peta Konsep Materi Pelajaran Latihan dan Tugas

4 IDENTITAS PROGAM STANDAR KOMPETENSI : Membiasakan perilaku terpuji KOMPETENSI DASAR : Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan. Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari- hari.. PENGALAMAN BELAJAR : 1.Mendiskusikan sikap husnuzhan baik sesama makhluk maupun maupun kepada Allah. 2.Mengidentifikasi perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari. 3.Membaca kisah-kisah yang berkaitan dengan perilaku husnuzhan dan menyimpulkan hikmahnya.

5 PETA KONSEP Kepada Sesama Manusia Keluarga Tetangga Masyarakat Bangsa dan Negara Kepada diri sendiri Percaya diri Gigih dll Kepada ALLAH Syukur Sabar Pengertian : Bahasa Istilah

6 MATERI BELAJAR PENGERTIAN HUSNUDZAN Husnuzhan ( حُسْنُ الظَّنِّ ) berasal dari bahasa Arab yang artinya berprasangka baik (positive thinking). Berkenaan dengan husnudzan ini perhatikan hadits qudsi berikut !

7 MATERI BELAJAR Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasuulullah saw. bersabda : "Allah swt. berfirman : "Aku menurut sangkaan hambaKu kepadaKu, dan Aku bersamanya ketika ia mengingatKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam dirinya maka Aku ingat kepadanya dalam diriKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam kelompok orang banyak maka Aku mengingatnya dalam kelompok yang lebih baik dari padanya. Jika ia mendekat kepadaKu sejengkal, maka Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia datang kepadaKu dengan berjalan maka Aku datang kepadanya dengan berlari- lari kecil''. (Hadits ditakhrij oleh Ibnu Majah).

8 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 1.Husnudzan kepada Allah : syukur, sabar 2.Husnudzan kepada diri sendiri : percaya diri, gigih 3.Husnudzan kepada sesama manusia : - Dalam kehidupan keluarga - Dalam kehidupan bertetangga : saling menghormati, berbuat baik kepada tetangga, Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

9 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 1.Husnudzan kepada Allah : Syukur  Dalam QS Al-Baqarah :152, Allah SWT berfirman, ''Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.''  Perhatikan firman Allah (QS. Al Baqarah : 216) ''Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.''

10 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 1.Husnudzan kepada Allah : Sabar  Sabar menurut bahasa adalah tahan menghadapi cobaan, tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati, tabah, tenang, tidak tergesa-gesa, dan tidak terburu nafsu. Dalam Alquran, sabar diartikan sebagai sikap menahan diri atas sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah (QS. Ar Ra’d  Sabar tidak identik dengan ketidakberdayaan. Sabar juga bukan merupakan kejumudan (statis), hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa. Sabar adalah kemampuan mengendalikan diri untuk tidak mengambil tindakan sebelum tepat saatnya.

11 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 2.Husnudzan kepada diri sendiri : Percaya diri  Percaya diri termasuk sikap dan perilaku terpuji yang harus dimiliki oleh setiap umat Islam. Seseorang yang percaya diri tentu akan yakin terhadap kemampuan dirinya, sehingga ia berani mengeluarkan pendapat dan melakukan suatu tindakan.  Sikap optimis terhadap rahmat dan pertolongan Allah akan membawa kepada sikap percaya diri. Tentunya percaya diri dalam menjalan segala yang tidak dilarang oleh Allah SWT

12 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 2.Husnudzan kepada diri sendiri : Gigih  Seorang yang berbaik sangka kepada Allah terhadap dirinya sendiri tentu akan berperilaku gigih, karena ia yakin bahwa dengan berperilaku gigih apa yang diinginkan akan tercapai. Dorongan agar kita gigih berusaha adalah spirit yang terkandung dalam QS Ar Ra’d : 11 “… Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaaan yang ada pada diri mereka sendiri.…”

13 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 3.Husnudzan kepada sesama manusia : Dalam kehidupan keluarga  Tujuan hidup berkeluarga yang islami adalah terbentuknya keluarga atau rumah tangga yang memperoleh ridha dan rahmat Allah SWT, bahagia serta sejahtera baik di dunia maupun di akhirat.  Agar tujuan luhur tersebut terwujud, maka suami sebagai kepala keluarga dan isteri sebagai ibu rumah tangga, pendamping suami, hendaknya saling berperasangka baik, tidak boleh saling curiga, saling memenuhi hak dan melaksanakan kewajiban masing-masing dengan sebaik- baiknya

14 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 3.Husnudzan kepada sesama manusia : Dalam kehidupan bertetangga a.Saling menghormati Antara tetangga yang satu dengan tetangga lainnya hendaknya saling menghormati dan menghargai, baik melalui sikap dan ucapan lisan atau melalui perbuatan sikap. Ucapan lisan dan perbuatan menghormati serta menghargai tetangga termasuk akhlaq mulia, serta termasuk tanda-tanda beriman. Rasulullah saw bersabda : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْاخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ (رَوَاهُ الْمُسْلِم) “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya ia memuliakan tetangganya.” (HR. Muslim).

15 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 3.Husnudzan kepada sesama manusia : Dalam kehidupan bertetangga b.Berbuat baik kepada tetangga Perintah berbuat baik kepada tetangga tercantum dalam QS. An Nisa : 36 “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu- bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabi dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang- orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

16 MATERI BELAJAR CONTOH PERILAKU HUSNUDZAN 3.Husnudzan kepada sesama manusia : Dalam kehidupan bertetangga c.Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Tujuan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah terwujudnya kehidupan yang aman, tentram, adil dan makmur, di bawah ampunan dan ridha Allah SWT. Agar tujuan luhur tersebut terwujud salah satu usaha yang harus ditempuh adalah sesama anggota masyarakat atau sesama warga negara saling berperasangka baik yang diikuti dengan berbagai sikap dan perilaku terpuji yang bermanfaat. Sesama mereka juga tidak boleh saling berprasangka buruk yang iikuti dengan berbagai sikap dan perilaku tercela yang merugikan serta mendatangkan bencana

17 MATERI BELAJAR Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari Setiap muslim atau muslimah hendaknya membiasakan diri berperilaku husnuzhan baik terhadap Allah SWT, diri sendiri maupun terhadap sesama manusia. Hidup adalah pencarian kebaikan, karena "Tuhan adalah sumber kebaikan yang tersembunyi". Diri kita ini tak pernah berguna jika tidak senantiasa mencari. Mencari adalah mengupayakan; mencari adalah memikirkan; mencari adalah kemaslahatan; kemaslahatan adalah gerak: gerak adalah langkah yang positif. Sebaliknya adalah kevakuman dan diam. Karena vakum dan diam itu berarti netral dan tenggelam, berarti awal dari segala kemafsadahan.

18 LATIHAN DAN TUGAS Kerjakan dengan baik dan benar ! 1.Berikan contoh Ahklakul karimah terhadap diri sendiri ! 2.Bagaimana wujud berahklakul karimah kepada lingkungan ? 3.Bagaimana pengertian sikap gigih dan optimis menurut Al Qur'an? 4.Tuliskan ayatnya lengkap dengan terjemahannya ! 5.Sebutkan 5 manfaat Husnuzhan ! 6.Jelaskan cara bersikap terpuji terhadap hewan dan tumbuhan !

19


Download ppt "Sifat-Sifat Terpuji PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X Disusun oleh MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google