Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi 1. Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah 2. Kompetensi Dasar : 8.1 Membaca QS Al-Insyirah dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi 1. Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah 2. Kompetensi Dasar : 8.1 Membaca QS Al-Insyirah dengan."— Transcript presentasi:

1

2 SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi

3 1. Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah 2. Kompetensi Dasar : 8.1 Membaca QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar 8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah 8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah 3. Indikator : 1. Membaca surat al-Insyirah dengan fasih 2. Menyalin surat al-Insyirah dengan benar 3. Hafal surat al-Insyirah dengan lancar

4 Kegiatan Pendahuluan Apersepsi Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an. Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok. Kegiatan Inti Guru mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah. Siswa berlatih membacanya dengan metode tutor sebaya. Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing- masing, guru sebagai fasilitator. Kegiatan Penutup Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

5 QS Al Insyirah Pembiasaan Menghafal Menyalin Penerapan

6 1

7 2 Terjemah Surat Al Insyirah ayat 1-8 Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?, Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh- sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” Surah ini berkaitan erat dengan surah sebelumnya, yakni Surah al-Dhuha. Surah ini ditujukan kepada Nabi dan diperluas kepada semua orang yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad.

8 3 Manusia memang ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang sarat dengan kebutuhan. Mulai dari kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan makan, minum, dicintai, dihargai, dan sebagainya. Ketika keinginan atau kebutuhannya tidak terpenuhi, maka timbul masalah di dalam dirinya. Dalam surat Al Insyirah, Allah memberikan pesan-pesan dan ajaran bagaimana cara yang paling baik dalam menghadapi masalah. Berikut ini isi pesan dan ajaran dari surat Al Insyirah tersebut, yaitu :

9 4 1. Allah SWT mengingatkan kepada manusia bahwa Dia telah memberikan nikmat yang jumlahnya tiada terhitung. Tahukah kamu bahwa ketika sedang mengeluh kita lupa bahwa seakan-akan kita tak pernah mendapatkan nikmat.

10 5 2. Setiap masalah pasti ada penyelesaiannya, setiap kesulitan tentu ada jalan keluarnya. Oleh karenanya kita diperintahkan untuk terus berusaha mencari jalan keluar yang paling baik ketika mendapatkan masalah. Hal ini tidak menyelesaikan masalah, malahan menambah masalah. Bagaimana cara terbaik yang harus dilakukan? Caranya adalah dengan berzikir, beribadah, introspeksi diri, apa yang masih kurang, mohon ampun kepada Allah SWT dan memohon agar segera ditunjukkan jalan keluarnya.

11 6 3. Ketika telah selesai menyelesaikan suatu pekerjaan, maka dengan segera lakukanlah pekerjaan yang lain. Hal ini mengisyaratkan bahwa kita diperintahkan untuk menjadi umat yang rajin bekerja dan kreatif, tidak menjadi umat yang pemalas. Contoh orang yang malas adalah baru mau bekerja kalau sudah tidak mempunyai uang. Sikap mental semacam ini tidak dikehendaki oleh Allah SWT. Kita diperintahkan untuk bekerja keras, tekun, gigih, dan ulet, sehinga tidak hidup kekurangan, bahkan kalau bisa membantu orang lain.

12 7 Sukses atau tidaknya suatu pekerjaan ditentukan oleh sejauh mana semangat seseorang dalam berusaha sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “ Man jadda wa jada”. Selain itu kita juga diperintahkan untuk berserah diri kepada Allah, karena Dialah Yang Maha Kuasa dan menentukan segalanya. Jangan cepat puas dan menyombongkan diri ketika sukses, dan jangan cepat menyerah ketika menemui kendala. Sebaliknya, kita diajarkan untuk bersyukur ketika sukses, dan tetap sabar ketika menemui rintangan.


Download ppt "SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi 1. Standar Kompetensi : 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah 2. Kompetensi Dasar : 8.1 Membaca QS Al-Insyirah dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google