Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAKWA. A.PENGERTIAN, KEDUDUKAN DAN RUANG LINGKUP TAKWA  Taqwa adalah sikap mental seseorang yang sesalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAKWA. A.PENGERTIAN, KEDUDUKAN DAN RUANG LINGKUP TAKWA  Taqwa adalah sikap mental seseorang yang sesalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka."— Transcript presentasi:

1 TAKWA

2 A.PENGERTIAN, KEDUDUKAN DAN RUANG LINGKUP TAKWA  Taqwa adalah sikap mental seseorang yang sesalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka memelihara dirinya dari noda dan dosa,selalu berusaha melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar,pantang berbuat salah dan melakukan kejahatan terhadap orang lain,diri sendiri dan lingkungannya.

3  Ruang lingkup takwa dalam makna memelihara meliputi empat jalur hubungan manusia yaitu(1)hubungan manusia dengan Allah,(2)hubungan manusia dengan hati nurani atau dirinya sendiri,(3)hubungan manusia dengan sesama manusia,(4)hubungan manusia dengan lingkungan hidup. Keempat hubungan itu harus dikembangkan secara selaras dan seimbang.

4 B.HUBUNGAN MANUSIA DENGAN ALLAH  Takwa kepada Allah,Tuhan Yang Maha Esa adalah melaksanakan segala perintah dan menjauhi semua larangan- Nya.  Ketakwaan atau pemeliharaan hubungan dengan Allah,Tuhan Yang Maha Esa itu,dapat dilakukan antara lain sebagai contoh:dengan (1)beriman kepada Allah,Tuhan Yang Maha Esa menurut cara-cara yang diajarkan-Nya untuk melalui wahyu yang sengaja diturunkan-Nya untuk menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia;(2)beribadah kepada- Nya.(3)mensyukuri nikmat-Nya dengan jalan menerima,mengurus,memanfaatkan semua pemberian Allah kepada manusia;(4)bersabar menerima cobaan Allah dalam makna tabah,tidak putus asa ketika mendapat musibah atau menerima bencana;(5)memohon ampun atas segala dosa dan tobat dalam makna sadar untuk tidak lagi melakukan segala perbuatan jahat atau tercela.

5 C.HUBUNGAN MANUSIA DENGAN HATI NURANI ATAU DIRINYA SENIDIRI  Hubungan manusia dengan dirinya sendiri disebutkan cara-caranya didalam ayat- ayat takwa dan dicontohkan dengan keteladanan Nabi Muhammad.Dintaranya dengan senantiasa berlaku: (1)sabar,(2)pema’af,(3)adil,(4)ikhlas,(5)ber ani (6)memegang amanah,(7)mawas diri,dan (8)mengembangkan semua sikap yang terkandung dalm akhlak atau budi pekerti yang baik.

6 D.HUBUNGAN MANUSIA DENGAN SESAMA MANUSIA  Hubungan manusia dengan sesama manusia lain dalam masyarakat dapat dipelihara,antara lain dengan: (1) tolong- menolong;bantu-membantu; (2) suka mema’afkan kesalahan orang lain; (3) menepati janji; (4) lapang dada;dan (5) menegakkan keadilan dan berlaku adil terhadap diri sendiri dan orang lain.

7 E.HUBUNGAN MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN HIDUP  Hubungan manusia dengan lingkungan hidupnya dapat dikembangkan,antara lain dengan memelihara dan menyayangi binatang dan tumbuh-tumbuhan,tanah,air,dan udara serta semua alam semesta yang sengaja diciptakan Allah untuk kepentingan manusia dan makhluk lainnya.  Takwa dalam makna memenuhi kewajiban perintah Allah yang menjadi kewajiban manusia takwa untuk melaksanakannya pada pokoknya adalah (1) kewajiban kepada Allah, (2) kewajiban kepada diri sendiri, (3) kewajiban kepada masyarakat,terutama kewajiban kepada keluarga,tetangga dan negara,dan (4)kewajiban kepada lingkungan hidup.

8 selesai


Download ppt "TAKWA. A.PENGERTIAN, KEDUDUKAN DAN RUANG LINGKUP TAKWA  Taqwa adalah sikap mental seseorang yang sesalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google