Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Akhlaq Kepada Allah. Pengertian  Akhlaq terhadap Allah adalah pola interaksi etis antara hamba dan Pencipta yang bersumber dari kesadaran, yakni kesadaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Akhlaq Kepada Allah. Pengertian  Akhlaq terhadap Allah adalah pola interaksi etis antara hamba dan Pencipta yang bersumber dari kesadaran, yakni kesadaran."— Transcript presentasi:

1 Akhlaq Kepada Allah

2 Pengertian  Akhlaq terhadap Allah adalah pola interaksi etis antara hamba dan Pencipta yang bersumber dari kesadaran, yakni kesadaran sebagai hamba dan kesadaran ber-Tuhan.  Beberapa bentuk sikap tersebut antara lain; taqwa, cinta, ikhlas, tawakal, syukur, dan muraqabah

3 Taqwa  Pengertian taqwa secara bahasa berasal dari kata waqâ, artinya menjaga. Sementara itu definisi yang paling populer adalah mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

4  Saidina Umar pernah ditanya mengenai taqwa. Lalu ia menjawab, taqwa itu seperti seseorang yang berjalan di sebuah jalan, namun jalan tersebut penuh onak dan duri. Kira-kira apa yang dilakukan orang tersebut? Tentu ia kan berjalan dengan hati-hati. Menjaga dirinya jangan sampai tertusuk duri.

5 عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّقِ اللَّهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعْ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ Dari Abu Dzar ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadaku: “Bertakwalah kamu kepada Allah dimana saja kamu berada dan ikutilah setiap keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapuskannya, serta pergauilah manusia dengan akhlak yang baik.” (Riwayat Tirmidzi).

6 Hikmah Taqwa kepada Allah  Dikaruniai ketegasan bersikap dalam menghadapi masalah (Al-Anfal (8): 29).  Dilimpahan berkah dan rezeki (Al-A’raf (7): 96).  Diberi jalan keluar di tengah kesulitan (Ath- Thalâk (65): 2)  Diberi rezeki tanpa diduga-duga (Ath-Thalâk (65): 3)  Dimudahkan urusan-urusan (Ath-Thalâk (65): 4)  Dimapuni dosa dan diberi pahala (Ath-Thalâk (65): 5)

7 Cinta  (1) al-mahabah al-ûla,  (2) al-mahabbah al-wustha, dan  (3) al-mahabbah al-adna.

8 Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi Surah Al-Munafiqûn (63): 9

9 Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah,...” Surah Al-Baqarah (2): 165

10 Bentuk Ekspresi Cinta Kepada Allah  Mentaati segala perintah Allah dan menjauhi larangannya  Bersyukur atas segala pemberian Allah  Memuji kebesaran-Nya  Senantiasa mengingat nama-Nya, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun  Rela berkorban untuk memenuhi perintah-Nya  Ridha atas segala pemberian-Nya  Memperbanyak berdoa dengan perasaan khauf (takut) dan raja’ (harap)  Memperbanyak istighfar dan memohon ampun dari perbuatan dosa yang pernah dilakukan  Menghindari dosa-dosa kecil yang biasa dilakukan maupun yang besar

11 Ikhlas  Kata ikhlas (Arab: ikhlâs) berasal dari kata khalasa yang artinya bersih, jernih dan murni; tidak bercampur dengan apapun.  Secara terminologi kata ikhlâs bermakna beramal semata-mata mengaharap ridha Allah.

12 Perbedaan Ikhlas dan Riya  Ikhlas berangkat dari rasa cinta.  Riya dilatarbekangi untuk mencari pujian, gengsi, ingin wah, kehormatan bahkan kekuasaan.

13 Berikut ini indikator keikhlasan dalam perbuatan  Berbuat dengan sebaik-baiknya (itqân al-‘amal).  Bertanggung jawab terhadap pekerjaannya  Memanfaatkan hasil dari pekerjaannya dengan tepat  Bersyukur terhadap hasil

14 Tawakal  Tawakal berasal dari kata wakâla yang artinya mewakilkan, pasrah.  Secara terminologi tawakal adalah menyerahkan hasil dari sebuah usaha (ikhtiar) kepada Allah.

15 Keuntungan Orang Bertawakal  Keuntungan orang yang bertawakal ada dua,  pertama, jika berhasil seseorang tidak akan sombong, sebab ia yakin bahwa yang menyebabkan keberhasilan tersebut hanyalah Allah. Ia akan bersyukur kepada Allah atas keberhasilan yang diraihnya.  Kedua, jika gagal maka seseorang tidak akan mudah menyesal dan menyerah. Sebab ia akan berpikir positive terhadap kegagalan yang dialaminya. Pasti Allah punya maksud lain dari kegagalan yang diraih.

16 Syukur  Syukur berasal dari kata syakara yang artinya berterimakasih.  Syukur secara istilah adalah ungkapan rasa terimakasih atas kenikmatan yang telah diberikan Allah.

17 Nikmat yang sering dilupakan;  Dalam hadis nikmat yang biasa dilupakan oleh manusia antara lain;  (1) nikmat sehat sebelum datang masa sakit,  (2) nikmat umur sebelum datang masa tua, dan  (3) nikmat hidup sebelum datang kematian.

18 Cara mensyukuri nikmat Allah  Mengucapkan hamdalah (pujian),  Sujud syukur  Memanfaatkan pemberian atau nikmat tersebut dengan sebaik-baiknya atau untuk kegiatan yang positif.  Berbagi kenikmatan dengan orang lain.  Tidak mencela pemberian Allah atau nikmat yang didapat.

19 Muraqabah  Muraqabah berasal dari kata raqaba yang artinya mengawasi.  Yang dimaksud muraqabah adalah merasa dirinya diawasi oleh Allah.  Muraqabah bertujuan meningkatkan sikap ihsan. Sikap ihsan adalah meyakini Allah melihat kita, meskipun kita tidak dapat melihat Allah. Sehingga orang berbuat ihsan tidak akan melakukan perbuatan dosa.

20 Cara untuk mendekatkan diri kepada Allah  Memperbanyak berdzikir atau mengingat Allah  Memperbanyak berdoa dengan perasaan khauf (takut) dan raja’ (harap)  Memperbanyak istighfar dan memohon ampun dari perbuatan dosa yang pernah dilakukan  Menghindari dosa-dosa kecil yang biasa dilakukan maupun yang besar


Download ppt "Akhlaq Kepada Allah. Pengertian  Akhlaq terhadap Allah adalah pola interaksi etis antara hamba dan Pencipta yang bersumber dari kesadaran, yakni kesadaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google