Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By : Uswatun Hasanah. Sifat-sifat Terpuji Manusia diciptakan oleh Allah Swt dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan sempurna. Di antara kesempurnaan itu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By : Uswatun Hasanah. Sifat-sifat Terpuji Manusia diciptakan oleh Allah Swt dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan sempurna. Di antara kesempurnaan itu."— Transcript presentasi:

1 By : Uswatun Hasanah

2 Sifat-sifat Terpuji Manusia diciptakan oleh Allah Swt dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan sempurna. Di antara kesempurnaan itu adalah diberikannya akal, sehingga dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk. Dan karena akal yang tak terkendali itulah kemudian timbul hawa nafsu yang mmerugikan. Namun jika akal itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya maka akan dapat mengendalikan hawa nafsu sehingga dapat melakukan perbuatan serta berperilaku yang baik. Perilaku dan sifat-sifat yang terpuji inilah yang harus dimiliki oleh setiap orang.

3 Lanjutan Diantara sifat-sifat yang terpuji itu adalah: 1. Kerja Keras 2. Tekun 3. Ulet 4. Teliti 5. Ikhlas 6. Jujur 7. Tawakal 8. Sabar 9. Tawadhu Dan masih banyak sifat-sifat terpuji lainnya.

4 Pengertian Kerja Keras Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bekerja keras artinya bekerja dengan sungguh- sungguh serta tidak putus asa, pantang menyerah demi mengubah keadaan hidupnya agar menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Dalam melakukan pekerjaan hendaknya di sesuaikan dengan kemampuan, bakat dan minatnya, karena seseorang dapat berhasil dengan baik jika pekerjaannya itu cocok dan di senanginya.

5 Lanjutan Dalam bekerja hendaklah untuk mencari rezeki yang halal sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Mengubah keadaan menjadi lebih baik merupakan kewajiban bagi setiap orang sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Jumuah ayat 10 yang artinya “ Apabila telah di tunaikan salat maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”.

6 Pengertian Tekun dan Ulet Setiap orang haruslah bekerja dan berusaha dengan tekun dan ulet, agar memperoleh hasil sesuai dengan harapan. Orang bekerja keras akan memperoleh apa yang diharapkan. Islam sangat menganjurkan kepada umatnya untuk tekun dan ulet, sehingga menjadi umat yang kaya dan kuat. Dengan demikian akan menjadi umat yang mulia, terhormat dan berwibawa.

7 Lanjutan Ketekunan dan keuletan merupakan tonggak pertama dalam mencapai sesuatu. Orang yang memiliki sifat tekun dan ulet dalam berusaha akan mampu mencapai apa yang dikehendakinya. Contoh : Seorang siswa yang tekun dan ulet serta rajin akan memperoleh nilai yang amat baik dan lulus dalam ujian. Oleh karena itu dalam berusaha sangat dilarang putus asa, karena setiap kesulitan pastilah ada kemudahan. Dalam surat Al-insyirah 5 yang artinya “ karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”

8 Pengertian Teliti Teliti, cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan, tidak terburu-buru, namun perlu perhitungan dan pengkajian baik- buruknya. Dalam Al-Qur’an, Allah juga mengajarkan kita agar bersikap teliti sebagaimana firman-Nya: ”Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujurat: 6).

9 Pengertian Ikhlas Definisi ikhlas menurut etimologi (menurut peletakan bahasa) Ikhlas menurut bahasa adalah sesuatu yang murni yang tidak tercampur dengan hal-hal yang bisa mencampurinya. Definisi ikhlas menurut istilah syar’i (secara terminologi) Syaikh Abdul Malik menjelaskan, Para ulama bervariasi dalam mendefinisikan ikhlas namun hakikat dari definisi-definisi mereka adalah sama. Diantara mereka ada yang mendefenisikan bahwa ikhlas adalah “menjadikan tujuan hanyalah untuk Allah tatkala beribadah”, yaitu jika engkau sedang beribadah maka hatimu dan wajahmu engkau arahkan kepada Allah bukan kepada manusia. Ada yang mengatakan juga bahwa ikhlas adalah “membersihkan amalan dari komentar manusia”, yaitu jika engkau sedang melakukan suatu amalan tertentu maka engkau membersihkan dirimu dari memperhatikan manusia untuk mengetahui apakah perkataan (komentar) mereka tentang perbuatanmu itu. Cukuplah Allah saja yang memperhatikan amalan kebajikanmu itu bahwasanya engkau ikhlas dalam amalanmu itu untukNya.

10 Pengertian Jujur Jujur adalah mengucapkan segala sesuatu sesuai fakta / kenyataan yang ada, tanpa menambah / mengurangi.

11 Penegrtian Tawakal Tawakal adalah mempercayakan diri kepada Allah dalam melaksanakan suatu kegiatan ataupun ibadah

12 Pengertian Sabar Sabar adalah menahan diri dari keputusasaan, meredam amarah jiwa, mencegah lisan untuk mengeluh, serta anggota badan tidak berbuat kemungkaran

13 Tawadhu Pengertian Tawadhu’ adalah rendah hati, tidak sombong. Pengertian yang lebih dalam adalah kalau kita tidak melihat diri kita memiliki nilai lebih dibandingkan hamba Allah yang lainnya. Orang yang tawadhu’ adalah orang menyadari bahwa semua kenikmatan yang didapatnya bersumber dari Allah SWT. Tawadhu ialah bersikap tenang, sederhana dan sungguh-sungguh menjauhi perbuatan takabbur (sombong), ataupun sum’ah ingin diketahui orang lain amal kebaikan kita.

14 Lanjutan Tawadhu merupakan salah satu bagian dari akhlak mulia, jadi sudah selayaknya kita sebagai umat muslim bersikap tawadhu, karena tawadhu merupakan salah satu akhlak terpuji yang wajib dimiliki oleh setiap umat islam. Tanda orang yang tawadhu’ adalah disaat seseorang semakin bertambah ilmunya maka semakin bertambah pula sikap tawadhu’ dan kasih sayangnya. Dan semakin bertambah amalnya maka semakin meningkat pula rasa takut dan waspadanya. Setiap kali bertambah usianya maka semakin berkuranglah ketamakan nafsunya. Setiap kali bertambah hartanya maka bertambahlah kedermawanan dan kemauannya untuk membantu sesama. Dan setiap kali bertambah tinggi kedudukan dan posisinya maka semakin dekat pula dia dengan manusia dan berusaha untuk menunaikan berbagai kebutuhan mereka serta bersikap rendah hati kepada mereka.. Ini karena orang yang tawadhu menyadari akan segala nikmat yang didapatnya adalah dari Allah SWT, untuk mengujinya apakah ia bersykur atau kufu

15 Manfaat sifat-sifat terpuji Tercapainya apa yangg dicita-citakan. Menimbulkan hati yang tenang dan sabar atas nikmat Allah. Tidak mudah mengeluh dalam berusaha, sekalipun banyak rintangan. Mempunyai keyakinan setiap usaha pasti akan ada hasilnya. Memiliki keyakinan setiap usaha yang banyak rintangan tentu akan mempunyai jalan atau kemudahan.


Download ppt "By : Uswatun Hasanah. Sifat-sifat Terpuji Manusia diciptakan oleh Allah Swt dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan sempurna. Di antara kesempurnaan itu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google