Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA. 2 POSISI UMMAT ISLAM UUmmat terbaik; “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA. 2 POSISI UMMAT ISLAM UUmmat terbaik; “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada."— Transcript presentasi:

1 1 DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA

2 2 POSISI UMMAT ISLAM UUmmat terbaik; “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali Imran:110) UUmmat tertinggi; “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran:139) UUmmat pertengahan dan menjadi saksi untuk ummat yang lain; “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan[95] agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.” (QS. Al Baqarah:143)

3 3 Realitanya Ketinggalan dan kelemahan dlm banyak hal; ekonomi, pendidikan, politik, sosial, budaya, dll

4 4 Penyebabnya 1.Bodoh terhadap agamanya 2.Ditinggalkannya kewajiban dakwah, amar ma’ruf nahi munkar dan jihad fi sabilillah. 3. Konspirasi non muslim

5 5 Pengertian Dakwah Dakwah, secara bahasa berarti jeritan, seruan dan permohonan. Adapun menurut istilah, di antara devinisi dakwah adalah sebagi berikut:

6 6 Makna Dakwah: Menurut Ibnu Taimiyah, dakwah adalah mengajak seseorang agar beriman kepada Allah dan apa yang dibawa oleh para rasulNya dengan cara membenarkan apa yang mereka beritakan dan mengikuti apa yang mereka perintahkan. DR. Taufiq al wa’i menjelaskan makna yang terkandung dalam dakwah Islamiyah adalah, mengumpulkan manusia dalam kebaikan, menunjukkan mereka jalan yang benar dangan cara merealisasikan konsep Allah di bumi dalam ucapan dan amalan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, membimbing mereka kepada jalan yang lurus dan bersabar menghadapi ujian yang menghadang di perjalanan.

7 7 Makna Dakwah: Dakwah Islam adalah setiap usaha untuk mengajak manusia membebaskan diri dari segala bentuk penghambaan kepada hamba (‘ibadatul ‘ibad) kepada penghambaan kepada Allah sebagai Rabbul ‘ibad.

8 8 Catatan Dakwah bukan hanya terbatas pada penjelasan dan penyampaian semata, namun juga menyentuh kepada pembinaan dan takwin (pembentukan) pribadi, keluarga serta masyarakat Islam. Perlu dibedakan antara berdakwah kepada para pendosa dan kepada orang yang relatif baik. Dakwah bertujuan untuk merubah obyek dakwah kepada yang lebih baik

9 9 Kewajiban Berdakwah “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron:104) “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. An Nahl:125) “Hendaklah yang hadir menyampaikan kepada yang tidak hadir. Karena mungkin yang hadir tadi bisa menyampaikan kepada orang yang lebih faham darinya.” (HR. Bukhari) ”Sampaikanlah dariku meskipun satu ayat.” (HR. Bukhari) Ayat dan hadits di atas semua berupa perintah. Kalimat perintah itu menunjukkan hal yang wajib selama tidak ada alasan lain (qarinah).

10 10 Urgensi dakwah Dakwah adalah kebutuhan manusia; ”Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.” (QS.Muhammad:38)

11 11 Urgensi dakwah Dakwah adalah sebaik-baik perkataan; ”Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang- orang yang menyerah diri?" (QS.Fushshilat:33)

12 12 Urgensi dakwah Dakwah merupakan bentuk tanggung jawab manusia kepada Allah dan penyebab keselamatan ummat;  ”Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: "Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?" Mereka menjawab: "Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa. Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik. Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina.” (QS. Al A’raf: )  ”Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri- negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.”(QS. Hud:117)

13 13 Urgensi dakwah Dakwah mendatangkan pertolongan Allah  “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad:7)  ”Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya.” (QS. Al Hajj:40)

14 14 Urgensi dakwah Dakwah mendatangkan pertolongan Allah  “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad:7)  ”Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya.” (QS. Al Hajj:40)

15 15 Urgensi dakwah Dakwah adalah barometer keimanan seseorang “Barang siapa di antara kalian yang melihat kemunkaran hendaklah dia merubahnya dengan tangannya, jika tidak mampu maka dengan lisannya, jika tidak mampu maka dengan hatinya, dan hal itu adalah selemah- lemahnya iman.” (HR. Muslim)

16 16 Dakwah mengandung banyak keutamaan Berdakwah mendapat multilevel pahala Menjadikan seseorang mendapat petunjuk dengan perantaraan kita lebih baik dari dunia dengan segala isinya

17 17 Metode (uslub) dakwah  At Tabligh; penyampaian  Al Mujadalah; diskusi  Al Mau’idhah; nasehat  Al Qudwah hasanah; suri tauladan  At Ta’lim; pengajaran  As Siyasah; diplomasi politik  Al Jihad; perjuangan

18 18 SELAMAT BEKERJA Wujudkan diri ANDA sebagai kekuatan transformatif dari nilai dan ajaran Islam di dalam proses pembangunan kembali ummat dan bangsa di berbagai bidang Allah bersama kita


Download ppt "1 DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA. 2 POSISI UMMAT ISLAM UUmmat terbaik; “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google