Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP AMAL KEBAIKAN Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam Ditulis oleh: DR. Yusuf Qardhawi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP AMAL KEBAIKAN Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam Ditulis oleh: DR. Yusuf Qardhawi."— Transcript presentasi:

1 PRINSIP AMAL KEBAIKAN Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam Ditulis oleh: DR. Yusuf Qardhawi

2 Amal Kebaikan adalah manfaat bersifat materi atau non-materi yang diberikan seseorang kepada orang lain tanpa berharap imbalan materi, melainkan hanya untuk mencapai tujuan tertentu yang lebih besar Amal Kebaikan Merupakan Salah Satu Penerapan Tujuan Syariat Islam

3 “Saya Menyatakan dengan yakin bahwa amal kebaikan, penyebarannya, dan penetapannya adalah bagian dari misi risalah yang diemban Nabi Muhammad dan menjad tujuan fundamental syariat Islam” (DR. Yusuf Qardhawi)

4 Penuturan kata ‘kebaikan’ dalam Al-Quran dan Assunah 1. Dituturkan dengan kata ‘kebaikan’ itu sendiri 2. Al Birr (kebajikan) 3. Al Ihsan (kebaikan) 4. Ar-rahmah (kasih sayang) 5. Ash-sadaqah (sedekah) 6. Tafrij al-kurbah (melapangkan kesulitan) 7. Ighatsah al-malhuf (menolong yang teraniaya)

5 Bahwa Islam menyerukan 1.Perbuatan baik “Berbuat baiklah supaya kamu mendapat kemenangan” (QS. Al Hajj : 77) 2.Perkataan baik “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam” (HR. Bukhari) 3.Bersegera menuju kebaikan “Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperoleh kebaikan” (QS Al Maidah : 48) 4.Berlomba dalam kebaikan “Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan..” (QS 5:48)

6 5.Mengajak pada kebaikan “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan..” (QS 3:104) 6.Menganjurkan pada kebaikan “ Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin(QS 107:1-3) 7.Niat berbuat kebaikan Barangsiapa tidak dapat melakukan kebaikan maka cukuplah ia berniat melakukannya, bahkan bisa jadi niat seseorang lebih baik dari yg dilakukannya. 8.Mengerjakan kebaikan sekecil apapun “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya” (QS 99:7)

7 9.Celaan bagi mereka yang tidak mau berbuat kebaikan “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala, yang sangat menghalangi kebaikan, melanggar batas lagi ragu-ragu” (QS 50: 24-25) 10.Bekerja sama dalam berbuat kebaikan adalah wajib “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa.. “ (QS 5:2) 11.Pahala bagi yang ikut berpartisipasi dalam aktivitas kebaikan “Orang yg mengatur sedekah secara benar karena Allah seperti orang yang berperang di jalan-Nya sampai pulang” (HR. Ahmad)

8 Karakteristik Amal Kebaikan dalam Islam 1.Komprehensif Kebaikan dalam islam diberikan kepada siapapun, muslim atau kafir, manusia atau makhluk lainnya. 2.Ragam Kebaikan Memiliki berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan dan tuntutan manusia, juga sesuai kemampuan yg ada. 3.Kontinuitas Agar manusia senantiasa terus-menerus dalam kebaikan 4.Motivasi yang kuat Islam memberi berbagai motivasi untuk melakukan kebaikan 5.Ikhlas semata-mata untuk kebaikan Karena ‘amal hanya diterima jika semata-mata demi kebaikan

9 terima kasih. kalau ada pertanyaan, silahkan disampaikan ke DR. Yusuf Qardhawi


Download ppt "PRINSIP AMAL KEBAIKAN Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam Ditulis oleh: DR. Yusuf Qardhawi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google