Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN. TANTANGAN KEAMANAN, ETIKA, DAN SOSIAL TI BAGIAN I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN. TANTANGAN KEAMANAN, ETIKA, DAN SOSIAL TI BAGIAN I."— Transcript presentasi:

1 TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN

2 TANTANGAN KEAMANAN, ETIKA, DAN SOSIAL TI BAGIAN I

3 Pendahuluan Tidak ada keraguan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam bisnis mencerminkan berbagai tantangan keamanan utama, mengandung berbagai pertanyaan mengenai etika, dan mempengaruhi masyarakat secara signifikan. Oleh sebab itu, bagian ini akan mengeksplorasi berbagai ancaman yang dihadapi perusahaan dan perorangan karena adanya berbagai jenis kejahatan komputer dan perilaku tidak beretika.

4 Pendahuluan Ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, penggunaan teknologi informasi yang demikian pesatnya tidak hanya membawa keuntungan bagi pelaku organisasi, tetapi juga mampu memberikan dampak yang besar pada masyarakat yang mana kondisi demikian juga akan menimbulkan isu etika dalam hal kejahatan, privasi, individualitas, pemberian kerja, kesehatan, serta kondisi kerja. Dalam kondisi demikian, peran pelaku informasi akan dihadapkan pada kondisi yang menantang, dimana mereka harus menyadari betul bahwa teknologi informasi memiliki hasil yang sangat bermanfaat dan juga merusak pada pelaku maupun masyarakat di setiap area ini.

5 Etika dan aspek sosial Bisnis / TI Privasi Kejahatan Kondisi Kerja Individualitas Kesehatan Pemberian Kerja Aspek2 yang berpengaruh terhadap dimensi Etika, sosial dari penggunaan TI dalam perusahaan

6 Tanggung Jawab Etika Praktisi Bisnis

7 Etika Bisnis

8

9 Etika Teknologi

10 Petunjuk Etika

11 Kode Etik Profesi AITP Menyadari tanggung jawab saya pada pihak pemberi kerja, saya harus : Menghindari berbagai konflik kepentingan dan memastikan bahwa pemberi kerja saya menyadari potensi konflik apa pun. Melindungi privasi dan kerahasiaan semua informasi yang dipercayakan pd saya. Tidak salah dalam menyajikan atau menyembunyikan informasi yang berhubungan erat dgn situasi tertentu. Tidak mencoba utk menggunakan sumber daya dari pihak pemberi kerja utk keuntungan pribadi atau tujuan lainnya tanpa persetujuan yg memadai. Tidak mengeksploitasi kelemahan sistem komputer utk keuntungan pribadi atau kepuasan pribadi. Menyadari tanggung jawab saya pd masyarakat, saya harus : Menggunakan keahlian dan pengetahuan saya utk memberi informasi masyarakat dlm semua area keahlian saya. Akan memastikan bahwa hasil pekerjaan saya digunakan dlm cara yg bertanggung jawab scr sosial, sebaik mgkn dr kemampuan saya. Mendukung, menghormati dan memamtuhi hukum lokal, negara bagian, provinsi dan federal. Tidak pernah salah menyajikan atau menyembunyikan informasi yg berhubungan erat dgn suatu isu atau situasi yg menjadi perhatian publik, tdk juga akan mengizinkan informasi nyata semacam itu tetap tidak diteliti. Tdk menggunakan pengetahuan atas sesuatu yg rahasia atau bersifat personal dlm tindakan yg tdk sah utk mendapat keuntungan pribadi.

12 Petunjuk Etika Para praktisi bisnis dan pakar SI akan menjalankan tanggung jawab etikanya dgn scr sukarela mengikuti petunjuk semacam itu. Contohnya, Anda dapat menjadi praktisi yang bertanggung jawab dengan (1) bertindak berdasarkan integritas, (2) meningkatkan kompetensi profesional Anda, (3) menetapkan standar tinggi kinerja personal, (4) menerima tangggung jawab atas pekerjaan Anda, dan (5) meningkatkan kesehatan, privasi, dan kesejahteraan umum masyarakat. Selanjutnya, Anda akan harus menunjukkan tindakan beretika, menghindari kejahatan komputer, dan meningkatkan keamanan SI apa pun yang Anda kembangkan untuk digunakan.

13 Kejahatan Komputer

14

15 Praktik Hacking

16

17 Pencurian di Dunia Maya

18 Penggunaan yang Tidak Sah di Tempat Kerja

19

20

21 Pembajakan Software

22 Pelanggaran Hak Cipta Intelektual Software bukanlah satu-satunya subjek hak cipta intelektual dalam pembajakan berbasis komputer. Bentuk bahan lainnya yang memiliki hak cipta, seperti musik, video, gambar, artikel, buku dan karya tulis lainnya sangatlah rentan thd pelanggaran hak cipta, yg dalam kebanyakan pengadilan dianggal ilegal.

23 Virus dan Worm Komputer

24 Berbagai Isu Privasi

25

26 Privasi dalam Internet

27 Hukum Privasi Banyak hukum privasi (privacy law) pemerintah yang mencoba untuk menegakan privasi dari file dan komunikasi berbasis komputer. Contohnya, di Amerika Serikat, Electronic Communications Privacy Act dan Computer Fraud and Abuse Act, melarang penghadangan data pesan komunikasi, mencuri atau menghancurkan data, atau menerobos ke dalam sistem komputer yang terkait dengan federal. Oleh karena Internet meliputi sistem komputer yang berkaitan dengan Federal, para pengacara untuk privasi berargumentasi bahwa hukum tersebut juga membutuhkan pemberitahuan ke para karyawan jika perusahaan ingin memonitor penggunaan Internet.

28 Berbagai Tantangan Lainnya Pemberian Kesempatan Kerja

29 Berbagai Tantangan Lainnya Pemonitoran Komputer

30 Berbagai Tantangan Lainnya Pemonitoran Komputer

31 Berbagai Tantangan Lainnya Individualitas

32 Berbagai Isu Kesehatan

33 Ergonomik


Download ppt "TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN. TANTANGAN KEAMANAN, ETIKA, DAN SOSIAL TI BAGIAN I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google