Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA PROFESI Materi Ke Tiga Disunting dari sumber: 1.Etika Komputer Teguh Wahyono 2.http://java.cs.vt.edu/public/users/dunlapd/CS3604/powerpoi nts/ACM+Code+of+Ethics.ppt.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA PROFESI Materi Ke Tiga Disunting dari sumber: 1.Etika Komputer Teguh Wahyono 2.http://java.cs.vt.edu/public/users/dunlapd/CS3604/powerpoi nts/ACM+Code+of+Ethics.ppt."— Transcript presentasi:

1 ETIKA PROFESI Materi Ke Tiga Disunting dari sumber: 1.Etika Komputer Teguh Wahyono 2.http://java.cs.vt.edu/public/users/dunlapd/CS3604/powerpoi nts/ACM+Code+of+Ethics.ppt

2 Review Pengertian Etika (1) Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia Etika adalah studi ttg kehendak manusia, yaitu kehendak yg berhubungan dg keputusan yg benar dan yg salah dalam tindak perbuatannya. Fagothey (1953)

3 Review Pengertian Etika (2) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada 3 pengertian tentang etika, yaitu:  Ilmu tentang apa yg baik dan yg buruk, ttg hak dan kewajiban sosial.  Kumpulan azas atau nilai yg berkenaan dg akhlak.  Nilai mengenai benar dan salah yg dianut masyarakat Pengertian lain dari Etika dirumuskan oleh Sumaryono (1995), yakni: Etika adalah studi ttg kebenaran dan ketidak benaran berdasarkan kodrat manusia yg diwujudkan melalui kehendak manusia dlm perbuatannya.

4 Tujuan Mempelajari ETIKA Untuk menyamakan persepsi tentang penilaian perbuatan baik dan perbuatan buruk bagi setiap manusia dalam ruang dan waktu tertentu

5 Domain ETIKA Dalam Ranah Ilmu Pengetahuan ILMU PENGETAHUAN FILSAFAT ETIKA

6 Struktur Etika ETIKA ETIKA UMUM ETIKA KHUSUS ETIKA INDIVIDUAL ETIKA SOSIAL SIKAP THD SESAMA ETIKA KELUARGA ETIKA PROFESI BIOMEDIS HUKUM BISNIS TEK. INFORMASI LAIN-LAIN ETIKA POLITIK LINGKUNGAN HIDUP

7 Penjabaran ETIKA UMUM, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. ETIKA KHUSUS, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus

8 Penjabaran ETIKA KHUSUS dibagi lagi menjadi dua bagian : Etika individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri. Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.

9 Profesi Pekerjaan yg mengandalkan ketrampilan dan keahlian khusus Pekerjaan yg dilakukan sebagai sumber utama nafkah hidup dg keterlibatan pribadi yg mendalam dalam menekuninya. Pekerjaan yg menuntut pengembangan untuk terus menerus memperbaharui pengetahuan dan ketrampilan sesuai perkembangn teknologi.

10 Etika Profesi Etika Profesi adalah : Etika sosial yg menyangkut hubungan antar manusia dalam satu lingkup profesi dan masyarakat pengguna profesi tersebut.

11 Ciri-ciri Etika Profesi Secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu : Adanya pengetahuan khusus,Adanya pengetahuan khusus, Biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun- tahun. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi.Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi. Mengabdi pada kepentingan masyarakat,Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.

12 Ciri-ciri Etika Profesi Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untukmenjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus. Menjadi anggota dari suatu profesi.

13 1. Tanggung jawab Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya. Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya. 2. Keadilan. Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. 3. Otonomi. Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan di beri kebebasan dalam menjalankan profesinya. Prinsip-prinsip Etika Profesi

14 Kode Etik Kode etik yaitu norma atau azas yang harus diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.

15 Tujuan Kode Etik 1. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi. 2. Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota. 3. Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi. 4. Untuk meningkatkan mutu profesi. 5. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi. 6. Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi. 7. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat. 8. Menentukan baku standarnya sendiri.

16 Apakah Komputer Professional Memiliki Tanggung Jawab Khusus ? Gotterbarn (1999) percaya bahwa software engineers dan tim engineers memiliki peluang yang signifikan untuk: (i) Berbuat baik atau menyebabkan kerusakan (ii) memungkinkan orang lain untuk berbuat baik atau menyebabkan kerusakan (iii) mempengaruhi orang lain untuk berbuat baik atau menyebabkan kerusakan.

17 Critical-safety Software Gotterbarn menyatakan bahwa peran dan tanggung jawab yang terlibat dalam pengembangan system keselamatan kritis adalah factor pembeda ( differentiating factor ). “Sistem Keselamatan Kritis” = Sistem computer yang memiliki dampak yang mengancam keselamatan jiwa secara langsung. Sistem pesawat dan kontrol lalu lintas udara sistem transportasi massal sistem rudal berhulu ledak reaktor nuklir

18 Critical-safety Software dan sistem perawatan medis. desain bangunan dan jembatan; pemilihan lokasi pembuangan air; pengembangan model analitis untuk perawatan medis


Download ppt "ETIKA PROFESI Materi Ke Tiga Disunting dari sumber: 1.Etika Komputer Teguh Wahyono 2.http://java.cs.vt.edu/public/users/dunlapd/CS3604/powerpoi nts/ACM+Code+of+Ethics.ppt."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google