Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

O C H PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA DIAN FITRI SARIASTUTI XII IPA 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "O C H PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA DIAN FITRI SARIASTUTI XII IPA 3."— Transcript presentasi:

1 O C H PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA DIAN FITRI SARIASTUTI XII IPA 3

2 SEJARAH FORMALDEHIDA Formaldehyde, ditemukan pertama kali oleh ahli kimia yang berasal dari Rusia, Alexander Mikhailo vich Butlerov pada tahun Butlerov mengaku menemukannya secara tidak sengaja ketika meneliti struktur komponen organik tertentu.

3 SIFAT FORMALDEHIDA Meskipun dalam udara bebas formaldehida berada dalam wujud gas, tetapi bisa larut dalam air. Formalin adalah larutan formaldehida dalam air, dengan kadar antara 10%-40%. Meskipun formaldehida menampilkan sifat kimiawi seperti pada umumnya aldehida, senyawa ini lebih reaktif daripada aldehida lainnya.

4 CIRI-CIRI FORMALDEHIDA larutan tak berwarna, mudah larut dalam air, mudah menguap, mempunyai bau yang tajam.

5 KEGUNAAN FORMALDEHIDA  Formaldehida dapat digunakan untuk membasmi sebagian besar bakteri, sehingga sering digunakan sebagai disinfektan. Sebagai disinfektan, Formaldehida dimanfaatkan sebagai pembersih; lantai, kapal, gudang dan pakaian.  Formaldehida juga dipakai sebagai pengawet dalam vaksinasi. Dalam bidang medis, larutan formaldehida dipakai untuk mengeringkan kulit, misalnya mengangkat kutil. Larutan dari formaldehida sering dipakai dalam membalsem untuk mematikan bakteri serta untuk sementara mengawetkan bangkai.  Dalam industri, formaldehida di gunakan untuk lem permanen, misalnya yang dipakai untuk kayulapis/tripleks atau karpet.  Sebagai formalin, larutan senyawa kimia ini sering digunakan sebagai insektisida serta bahan baku pabrik-pabrik resin plastik dan bahan peledak.

6 Formaldehida banyak di gunakan para produsen pada pengawet makanan, padahal formaldehida tidak di bolehkan pada pengawet makanan karena dapat merusak jaringan tubuh sehingga menimbulkan efek toksik lokal dan menimbulkan reaksi alergi. Pada penggunaan berulang formalin dapat menyebabkan dermatitis eksematoid (sakit kulit). Beberapa contoh produk yang sering diketahui mengandung formalin misalnya: 1.Ikan segar : Ikan basah yang warnanya putih bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua (bukan merah segar), awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk. 2.Ayam potong : Ayam yang sudah dipotong berwarna putih bersih, awet dan tidak mudah busuk. 3.Mie basah : Mie basah yang awet sampai beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin. 4.Tahu : Tahu yang bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur awet beberapa hari dan tidak mudah basi. PENGGUNAAN FORMALDEHIDA YANG SALAH

7 Bahaya penggunaan formalin untuk tubuh  Formalin dapat terjadi akibat paparan akut atau paparan yang langsung kronik (bertahun-tahun), antara lain sakit kepala, radang hidung kronis (rhinitis), mual-mual, gangguan pernafasan baik berupa batuk kronis atau sesak nafas kronis.  Formalin juga dapat merusak persyarafan tubuh manusia dan dikenal sebagai zat yang bersifat beracun untuk persyarafan tubuh kita (neurotoksik). Gangguan pada persyarafan berupa susah tidur, sensitive, mudah lupa, sulit berkonsentrasi. Pada wanita akan menyebabkan ganguan menstruasi dan infertilas.  Penggunaan formalin jangka panjang pada manusia dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan.

8


Download ppt "O C H PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA PRESENTATION KIMIA FORMALDEHIDA DIAN FITRI SARIASTUTI XII IPA 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google