Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masalah Ringan pada Kehamilan Trisemester II Oleh : 1. Kasafiya Jayanti (010810112) 2. Indha Tri P.(010810145) 3. Fatma Kurnia Sari(010810155) 4. Melly.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masalah Ringan pada Kehamilan Trisemester II Oleh : 1. Kasafiya Jayanti (010810112) 2. Indha Tri P.(010810145) 3. Fatma Kurnia Sari(010810155) 4. Melly."— Transcript presentasi:

1 Masalah Ringan pada Kehamilan Trisemester II Oleh : 1. Kasafiya Jayanti ( ) 2. Indha Tri P.( ) 3. Fatma Kurnia Sari( ) 4. Melly Dwitasari T.( )

2 HAMIL TRIMESTER I TRISMESTER III TRISMESTERII

3 Masalah masalah pada kehamilan Trimester II 1.Sembelit 2.Ngidam 3.nyeri pangkal paha 4.nyeri ulu hati 5. linea nigra dan cloasma 6. kongesti hidung 7.perdarahan hidung dan gusi 8.nyeri panggul 9.kejang kaki 10.Mimpi berulang 11.Ribas Vagina

4 SEMBELIT Disebabkan Oleh : Pencernaan yang lambatTekanan pada usus halusKekurangan cairan Janin mendesak usus makanan bergerak lambat kotoran makin lama di dalam usus semakin diserap susah dikeluarkan

5 Cara Mengatasi : 1. Berolahraga secara teratur dan melakukan peregangan-peregangan. 2. Minum air hangat untuk merangsang aktifitas usus terutama pagi hari 3.Minumlah sedikitnya 8 gelas sehari, yang meliputi cairan lain seperti susu atau jus. Teh juga termasuk, namun lebih baik dikurangi Hindari obat atau suntikan pencahar kecuali dengan resep dokter. 6.Dapat menggunakan obat seperti caustium, graphite, nux vomicz/kali carb, oesteopati/chiropractic namum digunankan dengan resep dokter.

6 NGIDAM Beberapa ahli juga mengatakan NGIDAM AhliTubuh Ibu hamil Kekurangan azat nutrisi yang tidak terpenuhi. Contoh : jika ibu hamil ngidam jeruk, tubuh ibu menunjukkan bahwa ibu hamil perlu lebih banyak vitamin C MENGETES suami mereka apakan cukup mencintai mereka sehingga mau mencari dan membawa apa yang Ibu hamil itu inginkan.

7 Ngidam ambang batas indera pencicip meningkat pica sejati yaitu keinginan untuk makan bahan nonpangan. Sperti halnya seorang ibu yang ngidam makan tanah, sehingga dia harus dicarikan tanah steril

8 Cara mengatasi 1.Makan makanan yang seimbang termasuk buahan – buahan dan sayuran, biji-bijian,ikan,ayam,daging,keju dan produk olahan susu (ini mencegah timbulnya ngidam) 2.Agar tidak terbangun di tengah malam, makan kudapan dan minum segelas susu sebelum tidur. 3.Sekali-kali boleh memenuhi rasa ngidam,asal tidak berlebihan dengan tetap memperhatikan keseragaman makanan. 4.Hindari makan bahan non pangan. 5.Menghindari mitos-mitos yang tidak benar.

9 NYERI PADA PANGKAL PAHA mengalami nyeri mendadak yang hebat dimulai dari pangkal paha sampai ke daerah samping perut Pada triwulan 2 dan 3 terjadi ketika bangun tidur di pagi hari atau melakukan sesuatu yang memutar pinggang bersin kejangnya salah satu otot ssupaya rahim tetap berada di tempatnya,otot-otot ini cukup pendek, namun selama kehamilan otot ini harus meregang seiring dengan perkembangan rahim. Peregangan inilah yang menyebabkan kepekaan sehingga otot ini mudah kram jika ibu hamil memutar dengan tiba-tiba.

10 Cara mengatasi : 1.Bergeraklah secara perlahan pada saat akan naik maupun turun tempat tidur. Bergulinglah dengan menggerakkan seluruh tubuh pada saat bersamaan, 2.Hindari gerakan tiba-tiba atau sentakan tiba-tiba. Terutama yang mengharuskan anda anda memutar punggung. 3.Tekuk pinggang kea rah sisi yang sakit. Gerakan ini dapat menyebabkan sendi otot terasa relaks dan meredakan rasa nyerinya. 4.Beritahu Dokter jika rasa nyeri berlangsung lebih dari 2 menit.

11 NYERI ULU HATI Cara Mengatasi perut bagian atas yang sempit di dorong ke atas pada diafragma perut sebagian terletak pada rongga dada meningkatn ya keasaman perut karena perubahan hormone sesak dalam perut sensasi rasa panas atau nyeri di ulu hati 1.Tidurlah dengan posisi setengah duduk dengan beberapa bantal menyangga kepala dan tubuh bagian atas. 2.Makanlah dengan posisi lebih sedikit, namun lebih sering supaya perut tidak terlalu penuh. 3.Hindari makanan yang terlalu banyak bumbu, juga semua yang dapat mempercepat pencernaan. 4.Hindari makan sebelu pergi tidur.

12 LINEA NIGRA DAN CHLOSMA hormonproduksi melaninekstra menyebabkan kulit berbintik-bintik dan berwarna cokelat putting ibu hamil akan berwarna lebih gelap dan sebuah garis yang disebut linea negra dari pusat turun sampai daerah pubis chloasma “topeng kehamilan”, adanya garis gelap di sepanjang dahi, pipi dan hidung

13 Cara mengatasi : 1.Jika ibu hamil banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, tanyakan pada dokter mengenai krim pelindung sinar matahari untuk membantu mengurangi efek pencoklatan kulit wajah akibat sinar matahari. 2.Ikuti perawatan wajah yang aman bagi kehamilan, konsultasikan pada dokter sepesialis kulit. Warna gelap ini akan lebih parah dengan adanya sinar matahari.( bada banyak wanita akan menetap bertahun-tahun setelah kehamilan). Cloasma selalu memudar setelah bayi lahir, namun tidak akan lenyap. Perubahan warna lebih nyata pada ibu hamil yang berambut hitam

14 KONGESTI HIDUNG rahim yang membesar meningkatkan pembentukan hormone progesterone paru-paru berfungsi lebih dari biasanya Wanita hamil bernafas lebih cepat memerlukan lebih banyak oksigen untuk dirinya dan janin Lingkar dada wanita hamil agak membesar Lapisan saluran pernafasan lebih banyak darah dan menjadi agak tersumbat oleh penumpukan darah (kongesti) Kadang hidung dan tenggorokan mengalami penyumbatan tekanan dan suara wanita hamil agak berubah.

15 Cara penanganan : 1.Isi botol penyemprot hidung atau penetes hidung dengan air hangat dan teteskan beberapa tetes pada hidung secara teratus sepanjang hari. 2.Jika lingkungan rumah atau tempat kerja anda kering, gunakan pelembab ruangan.(jaga supaya pelembab tersebut tetap bersih untk mencegah pertumbuhan jamur). Jika ibu hamil tidak memiliki pelembab,dapat menggunakan cara khusus,yaitu meletakkan sepanci air mendidih di kompor. Ibu harus sering-sering memeriksa sehingga air tidak menguap habis dan membuat panci hangus. Isilah sebuah panci dengan air dan biarkan mendidih. Kemudian matikan apinya dan letakkan panci tersebut di depan ibu,serta hirup uap airnya. Lilitkan sebuah handuk di atas kepala ibu hamil,untuk menyerap uap air dan jangan terlalu dekat supaya jaringan lunak di dalam hidung ibu tidak terbakar. 3.Hindari obat anti pilek dan semprotan hidung. Meskipun obat-obat tersebut tersedia bebas di apotek, namun tetap saja obat. Obat-obatan ini dapat meningkatkan tekanan darah dan keamanannya untuk kehamilan masih belum terbukti.

16 PERDARAHAN HIDUNG DAN GUSI perubahan hormone Saluran hidung akan lebih kering pembuluh darah hidung lebih lunak mudah terjadi pendarahan 1.Cara mengatasi perdarahan hidung : 2.Naikkan kelembaban di rumah. 3.Isi botol penyemprot hidung atau penetes hidung dengan air hangat dan teteskan beberapa tetes pada hidung secara teratus sepanjang hari. 4.Lengkapi menu makanan dengan vitamin C setiap hari, karena vitamin C adalah zat penguat sel. 5.Untuk menghentikan pendarahan pada hidung,tekan lubang hidung selama 10 menit penuh. Letakkan kantung es di batang hidung. Coba tempatkan kapas atau kasa ke dalam lubang hidung. Jika ini tidak membantu,hubungi dokter.

17 dipengaruhi oleh hormon sensitive mudah berdarah Cara mengatasi perdarahan gusi ; 1.Makan sumber vitamin C. 2.Gunakan sikat gigiyang lembut setelah habis makan, dianjurkan menggunakan benang pembersih gigi. 3.Periksakan gigi ke dokter gigi.

18 NYERI PANGGUL (RELAKSASI PANGGUL) bertambah besarnya bayi menekan saraf- saraf dan sendi- sendi yang tidak terbiasa dengan beban yang berat hormone yang disebut relaksin mulai memeperlunak tulang rawan pada sendi panggulsehingg a tulang agak meregang tersedia tempat yang cukup bagi si bayi tidak stabil untuk mendukung beban tambahan ibu hamil mengalami rasa nyeri, kejang atau bahkan charley horses pada bokong, panggul dan paha. Cara mengatasi : 1.Hindari membawa barang-barang berat. 2.Hindari aerobic high-impact dan olahraga lain yang memberikan tegangan aatu beban pada panggul atau lutut. 3.Taruh anduk yang direndam dengan air hangat atau botol air mineral yang berisi air hangat. 4.Berendam dalam bak air panas.

19 KEJANG KAKI Namun para ahli percaya bahwa ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dua mineral kalsium dan fosfor. charley horses keluhan utama selama akhir pertengahan kehamilan pagi hari ketika meluruskan kaki dan siap untuk bangun tidur nyeri menyengat yang menyerang betis biasanya muncul pada malam hari ketika ibu hamil tidur

20 Cara Mengatasi : 1. Diet harian harus mengandung 1200 mg calcium. 2. Hindari bahan tambahan kimiawi fosfat yang terdapat dalam minuman berkarbon atau yang lainnya. 3.Hindari menegakkan jempol kaki karena dapat mengerutkan otot hingga menyebabkan kejang kaki. 4.Hindari konsumsi kalsium berlebihan. 5.Kompres hangat pada kaki. 6.Selonjor kaki untuk relaksasi dan kemudian berdiri untuk mengekhiri rasa kejang.

21 MIMPI BERULANG Cara mengatasi : 1.Bicarakan dan diskusikan dengan pasangan atau kepada orang terdekat, agar lebih nyaman. 2.Jangan terlalu memandang khawatir mimpi tersebut. ketakutan dan kecemasan yang menghantui ibu hamil dan calon ayah dari apa yang ibu hamil lihat, dengar, dan lakukan sebelumnya

22 RABAS VAGINA Cara Mengatasi 1.Kenakan celana dalam dari katun supaya mudah menguapkan air. 2.Jika pelu pakai pembalut atau lapisan pelindung celana. 3.Jangan memcuci vagina dengan bahan kimia kecuali dianjurkan dokter atau bidan. 4.Hindari celana ketat atau pakaian ketat selama berjam-jam. Pengeluaran cairan lender yang tipis, kuning pucat atau hampir tidak berwarna. Ini adalah gejala normal dan merupakan akibat dari peningkatan aktivitas hormone yang terjadi dalam tubuh ibu hamil.

23 TERIMAKASIH


Download ppt "Masalah Ringan pada Kehamilan Trisemester II Oleh : 1. Kasafiya Jayanti (010810112) 2. Indha Tri P.(010810145) 3. Fatma Kurnia Sari(010810155) 4. Melly."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google