Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jempolku Cedera Gara-Gara Gadget. Di era modern ini, banyak orang begitu bergantung pada kecanggihan teknologi peranti (gadget). Hidup seakan tak lengkap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jempolku Cedera Gara-Gara Gadget. Di era modern ini, banyak orang begitu bergantung pada kecanggihan teknologi peranti (gadget). Hidup seakan tak lengkap."— Transcript presentasi:

1 Jempolku Cedera Gara-Gara Gadget

2 Di era modern ini, banyak orang begitu bergantung pada kecanggihan teknologi peranti (gadget). Hidup seakan tak lengkap jika tidak dilengkapi oleh HP, iPad atau komputer juga permainan video game. Tapi hati-hati, jari-jari yang dipaksa bekerja melebihi kemampuannya ini bisa melukai tendon.

3 1. SINDROM CARPAL TUNNEL adalah kondisi di mana tangan dan lengan merasa sakit akibat terjepitnya saraf di pergelangan tangan. Carpal Tunnel adalah terowongan sempit sebesar ibu jari yang terletak di pergelangan telapak tangan, yang terikat oleh tulang dan ligamen. Terowongan ini melindungi saraf utama tangan dan sembilan tendon yang melingkari jari. Tekanan pada saraf akan menyebabkan rasa sakit dan melemahkan tangan yang menjadi ciri sindrom carpal tunnel.

4 2.Sindrom De Quervain dipicu oleh gerakan yang berulang-ulang, berlebihan dan tidak biasa pada ibu jari hingga menimbulkan nyeri. Dampak terburuknya penderita tidak dapat menggerakkan sendi pangkal ibu jari tangan.

5 Penyebab : 1.Penggunaan tangan yang terlalu berlebihan seperti mengetik, memegang mouse, menggunakan HP, bermain game 2.Faktor genetika 3.Stress, trauma, kehamilan

6 Gejala : Biasanya dimulai bertahap dari munculnya rasa sakit yang samar di pergelangan tangan, kemudian merembet ke tangan atau lengan bagian bawah. Gejala umumnya meliputi: 1. Kesemutan atau mati rasa di tangan atau jari, kecuali jari kelingking. 2. Nyeri yang menyebar dari pergelangan tangan sampai lengan ke bahu atau ke dalam telapak tangan / ke jari. 3. Rasa lemah pada tangan dan kecenderungan untuk menjatuhkan benda.

7 Lebih beresiko menyerang pada : orang yang bekerja di depan komputer sepanjang hari. orang yang sering bermain game dengan alat pengendali game (console game) bekerja menggunakan peralatan seperti pengering rambut dan sejumlah peralatan berat perempuan yang sedang hamil, karena perubahan hormon bisa menyebabkan otot-otot dan syaraf lebih kaku lebih sering diderita oleh perempuan ketimbang laki-laki, dengan perbandingan 3:1.

8 Perawatan dan Pengobatan Jika kondisi didiagnosis sejak dini, metode tanpa pembedahan dapat membantu mengatasi sindrom carpal tunnel, meliputi: 1. Belat pergelangan tangan, dapat membantu meringankan gejala kesemutan dan mati rasa di malam hari. Menjadi pilihan yang baik jika penderita sedang hamil. 2. Obat anti radang dapat membantu mengurangi rasa sakit dalam jangka pendek. 3. Kortikosteroid digunakan untuk meredakan rasa sakit peradangan dan pembengkakan yang mengurangi tekanan pada saraf median.

9 4.Penderita sindrom De Quervain dilakukan tes Finkelstein, yaitu melipat ibu jari ke arah telapak tangan ditekan oleh empat jari yang lain dan seluruh tangan ditekuk ke arah kelingking. 5.Jika gejala masih menetap setelah mencoba terapi non-bedah, operasi menjadi pilihan terbaik. Tujuannya untuk mengurangi tekanan pada saraf median dengan memotong ligamen (suatu jaringan lentur yang menghubungkan tulang rawan dan menutupi sendi) yang menekan saraf.

10 Kesimpulan : 1.Ubah kebiasaan dalam meletakkan perangkat komputer (keyboard, mouse, monitor, serta posisinya) 2.Luangkan waktu tiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan dari monitor 3.Bijaksana dalam penggunaan HP atau perangkat gadget lainnya.

11 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Jempolku Cedera Gara-Gara Gadget. Di era modern ini, banyak orang begitu bergantung pada kecanggihan teknologi peranti (gadget). Hidup seakan tak lengkap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google