Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Safety Briefing: Gempa Bumi. SEBELUM TERJADI GEMPA BUMI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Safety Briefing: Gempa Bumi. SEBELUM TERJADI GEMPA BUMI."— Transcript presentasi:

1 Safety Briefing: Gempa Bumi

2 SEBELUM TERJADI GEMPA BUMI

3 Tindakan persiapan yang harus Anda kenal: Memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempabumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung. Belajar melakukan P3K Belajar menggunakan Pemadam Kebakaran Mencatat Nomor Telpon Penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi Alat-alat yang harus selalu ada di sekitar Anda: Senter / Lampu Battery Kotak P3K Makanan suplemen dan air minum Radio

4 SAAT TERJADI GEMPA BUMI

5 Jika Anda berada di DALAM GEDUNG: Lindungi kepala dan badan Anda dengan bersembunyi dibawah meja. Mencari tempat yang paling aman dari reruntuhan goncangan. Berlari keluar apabila masih dapat dilakukan. Jika Anda berada di LUAR BANGUNAN atau AREA TERBUKA: Menghindari dari bangunan yang ada di sekitar anda (seperti gedung, tiang listrik, pohon dll). Perhatikan tempat anda berpijak hindari apabila terjadi rekahan tanah. Jika Anda sedang MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR: Keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

6 Jika Anda berada di PANTAI: Jauhi pantai untuk menghindari terjadinya Tsunami. Jika Anda tinggal di daerah PEGUNUNGAN: Hindari daerah yang memungkinkan terjadinya longsoran.

7 SESUDAH TERJADI GEMPA BUMI

8 Jika Anda berada di DALAM GEDUNG: Keluar dari bangunan dengan tertib. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa. Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K. Telpon/minta pertolongan apabila terjadi luka parah pada anda atau sekitar anda. PERIKSA lingkungan sekitar Anda: Periksa apabila terjadi kebakaran. Periksa apabila terjadi kebocoran gas. Periksa apabila terjadi arus pendek. Periksa aliran dan pipa air. Periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api,dll) JANGAN MASUK ke bangunan yang terkena gempa Resiko masih terdapat reruntuhan dan kerusakan pada struktur bangunan. Dengarkan radio untuk informasi mengenai kemungkinan gempa susulan.

9 Prosedur Keselamatan saat Terjadi Gempa: Saat Gempa RebahTutupi Mata/KepalaBerpegangan Bila ada di dalam ruang saat gempa terjadi, tetaplah tinggal di sana. Segera rebah, tutupi, dan berpegangan, lindungi mata/kepala anda sampai getaran berhenti. Bila tidak menungkinkan utk Rebah, Lindungi dan Berpegangan karena tidak adanya meja tersekat, ambil tindakan perlindungan alternatif. Misalnya merunduk di sudut lantai dan dinding yg jauh dari jendela, kaca langit2, pintu atau benda lainnya yg dapat terjatuh. Penjelasan: Prosedur :

10 Prosedur Keselamatan saat Terjadi Gempa: Paska Gempa Menuju Tangga Darurat dan menyusurinya dengan langkah yg sigap, namun tidak terburu2. Berhimpun di Assembly Point sesuai dengan rekan selantai Masing2. Tetaplah dalam formasi dan tunggu sampai ada perintah Selanjutnya. 1. Dilarang menuju tangga darurat saat getaran masih berlangsung. 2. Tuan Rumah wajib memandu tamunya menuju assembly point. 2. Untuk wanita hamil atau disable lainnya: -Turun tangga dengan berhati2 dengan di bantu rekan sekerja (buddy system) 3. Bila menggunakan sepatu hak tinggi: - Gunakan sepatu tanpa hak yg telah di cadangkan di tempat kerja - Atau lepaskan sepatu anda saat menuruni tangga Prosedur : Perlu di perhatikan: Ikuti pengumuman melalui pengeras suara; pastikan anda hanya melangkah menuju tangga darurat bila gempa telah berhenti

11 Follow Up Action for Safety Coordinators Memastikan rekan kerja di area tanggung jawab masing2x mengetahui letak pintu darurat dan area aman untuk tempat berlindung dalam keadaan bencana, serta prosedur safety Unilever. Memastikan kelengkapan peralatan Safety di area masin2x: –Jaket dan Bendera Safety –Kotak P3K –Pemadam kebakaran –Senter dan Radio –Makanan supplemen dan air mineral Memastikan lorong area tangga darurat bebas halangan. Menjadwalkan pelatihan2x mengenai safety untuk Safety Coordinators (2 orang dari masing2x area).

12 Value Life, Value Safety


Download ppt "Safety Briefing: Gempa Bumi. SEBELUM TERJADI GEMPA BUMI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google