Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP BUSINESS PLAN Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP BUSINESS PLAN Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si."— Transcript presentasi:

1 KONSEP BUSINESS PLAN Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si

2  Pengertian Business Plan  Business Plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menjelaskan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai suatu usaha. Business Plan biasanya berisi perencanaan terpadu mengenai aspek pemasaran, permodalan, operasional, dan sumber daya manusia.

3  A business plan is a formal statement of a set of business goals, the reasons why they are believed attainable, and the plan for reaching those goals. It may also contain background information about the organization or team attempting to reach those goals. business  Business plans may also target changes in perception and branding by the customer, client, taxpayer, or larger community. When the existing business is to assume a major change or when planning a new venture, a 3 to 5 year business plan is required, since investors will look for their annual return in that timeframe.

4  Unfortunately, many people think of business plans only for starting a new business or applying for business loans. But they are also vital for running a business, whether or not the business needs new loans or new investments. Businesses need plans to optimize growth and development according to priorities.business plans

5 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Business Plan  Business Plan yang akan disusun tidak perlu terlalu tebal, tetapi isinya lengkap mencakup semua informasi yang dibutuhkan oleh evaluator baik dari pihak investor maupun kreditor untuk melakukan pengambilan keputusan.

6  Penampilan business plan harus dibuat menarik karena investor dan kreditor akan memperoleh kesan pertama terhadap perusahaan yang sedang mencari pendanaan dari penampilan business plan yang diajukan kepada mereka.

7 Sampul depan (cover) business plan harus memuat hal-hal sebagai berikut :  Gambar dan Design Menarik Gambar dan design cover depan proposal harus dapat mewakilkan jenis dan karakter dari usaha yang tercerminkan dari design dan warna yang sesuai.  Logo / Lambang Usaha Digunakan untuk mempermudah dan membedakan usaha kita di mata konsumen dalam mengingatkan usaha kita dibandingkan dengan pesaing dan nama usaha yang sama.

8 Sampul depan (cover) business plan harus memuat hal-hal sebagai berikut :  Informatif ( nama, alamat, contact no ) Berisi informasi nama usaha, domisili / alamat tempat usaha serta nomor telepon yang dapat dihubungi apabila calon investor ataupun konsumen ingin menghubungi.

9 FORMAT BUSINESS PLAN 1. Pendahuluan 1.1. Sejarah Berdirinya Usaha Sejarah berdirinya usaha menggambarkan kepada calon investor dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan (soliditas) individu yang terlibat didalamnya Visi dan Misi Usaha Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai usaha dalam jangka panjang (What to Be? ) Misi merupakan cara-cara yang digunakan usaha dalam mencapai visi usaha (How to Be ?). Misi dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai Visi.

10 FORMAT BUSINESS PLAN 2. Executive Summary Merupakan ringkasan yang berisi penjelasan singkat secara menyeluruh rencana bisnis yang telah disusun. Biasanya tidak lebih dari tiga halaman. 3. Business Description Business Description berisi tentang gambaran bisnis secara umum, yang menjelaskan keunikan dan keunggulan kompetitif produk atau jasa dibandingkan dengan produk atau jasa sejenis yang dimiliki oleh pesaing.

11 FORMAT BUSINESS PLAN 4. Aspek Pemasaran 4.1Gambaran Umum Pasar ( STP ) Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita. Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis.

12 FORMAT BUSINESS PLAN 4.2. Permintaan 1. Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk. 2. Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang seperti kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk.

13 FORMAT BUSINESS PLAN Tahun (Bulan)Perkiraan Permintaan (Unit)

14 FORMAT BUSINESS PLAN Nama Perusahaan Pesaing Kapasitas Produksi / Tahun ( dalam Unit ) 4.3. Penawaran a. Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar

15 FORMAT BUSINESS PLAN TahunPerkiraan Penawaran b. Proyeksi penawaran dalam beberapa periode/tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.

16 FORMAT BUSINESS PLAN TahunPerkiraan Penawaran

17 FORMAT BUSINESS PLAN TahunPermintaan (A) Penawaran (B) Peluang (C = A-B) Rencana Penjualan Pangsa Pasar (E = DX100% / C) 4.4. Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran. Pangsa Pasar adalah bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri.

18 FORMAT BUSINESS PLAN 4.5. Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kotler yang terdiri dari :

19 FORMAT BUSINESS PLAN Produk (Product) Strategi produk merupakan upaya mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu/ kualitas, ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.


Download ppt "KONSEP BUSINESS PLAN Dr. Yulizar Kasih, S.E., M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google