Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANDUAN MEMBUAT BLOG By : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Tahun 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANDUAN MEMBUAT BLOG By : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Tahun 2010."— Transcript presentasi:

1 PANDUAN MEMBUAT BLOG By : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Tahun 2010

2 Sejarah Blog ? Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.Blogger.comPyraLab Google.Comsumber terbukapenulis blog Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis,. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

3 Continue… sejarah Blog Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.blogosphere

4 Komunitas Blogger Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

5 Jenis-jenis Blog Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

6 Next… Jenis-jenis Blog Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws). Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi Blog agama: Membahas tentang agama Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

7 Alamat situs Blog Di Indonesia terdapat kurang lebih 32 alamat situs gratis untuk membuat blog pribadi. Berikut beberapa alamat situs dalam membuat blog gratis, antara lain : Dll.

8 Apa itu Blog ? Blog adalah sejenis website yang berisi jurnal atau catatan rutin sang pengelola. Isi blog berupa sejumlah artikel (disebut posting) yang rutin ditulis si pengelola, serta komentar yang diberikan pengunjung pada artikel tersebut. Posting blog disajikan secara kronologis dalam urutan tanggal, bulan, dan tahun, sehingga mudah dikelola dan dibaca. Materi posting sangat beragam, mulai dari artikel berbentuk teks,gambar, hingga video. Tema blog biasanya sesuai dengan bidang kegemaran pemiliknya, misalnya seputar teknologi, musik, olahraga, atau karya fotografi. Meskipun umumnya dikelola secara individual, kini blog juga sudah lazim dipakai institusi untuk mempublikasikan informasi seputar kegiatan mereka.

9 Mendaftar dan Membuat Blog di Blogger.com Blogger.com adalah layanan blog gratis milik Google. Selain Blogger, layanan blog gratis lain yang diminati orang adalah Wordpress.com. Blogger sendiri disukai karena terintegrasi dengan beragam fitur dan layanan Google lainnya. Langkah membuat blog di Blogger : 1. Buka situs

10 2. Untuk memudahkan Anda, pastikan pada kotak Bahasa: terpilih Indonesia. Klik tombol Buat Blog yang tersedia. 3. Lengkapi formulir. Ketikkan alamat yang Anda miliki pada dua kotak isian. Ketikkan dua kali password yang akan Anda pakai. Tuliskan nama Anda. Masukkan huruf acak yang ditampilkan. Tandai kotak Saya menerima Persyaratan dan Layanan. Klik Lanjutkan.

11 4. Jika tidak ada kesalahan pengisian, maka muncul halaman pembuatan blog. Isikan Judul Blog dan Alamat Blog yang Anda inginkan. Anda akan memperoleh alamat blog dengan susunan sebagai berikut: 5. Klik Cek Ketersediaan untuk memastikan alamat blog belum dipakai orang. Jika sudah dipakai, coba alamat lain lalu cek lagi. Jika tersedia, klik Lanjutkan.

12 6. Kini muncul pilihan template atau tema tampilan blog. Pada salah satu tema yang Anda inginkan, klik link Template untuk melihat Pratayang bagaimana wajah blog Anda nantinya jika memakai template tersebut. Tentukan pilihan, lalu klik Lanjutkan. Tidak perlu ragu, Anda dapat mengganti template kapan saja jika sudah bosan.

13 7. Blog telah jadi. Anda dapat langsung membuat posting pertama atau mencoba melihat tampilannya dulu di alamat 8. Untuk menuntaskan pendaftaran, periksa Anda. Sebuah pesan berjudul Verifikasi Google akan Anda terima. Klik sebaris link yang ada di dalam pesan untuk mengaktifkan akun dan memverifikasi alamat Anda. Kini blog siap dipakai.

14 Membuat Posting Untuk mulai mengisi artikel pada blog Anda, lakukan langkah sebagai berikut: 1. Jika Anda masih di halaman pendaftaran, klik tombol Mulai Blogging. Jika tidak, maka login ke lalu isikan alamat dan password yang telah Anda buat. Setelah masuk di Dasbor, klik tombol Entri Baru. 2. Pada halaman pembuatan Posting, berikan Judul posting, lalu ketikkan isi artikel Anda. Gunakan toolbox di atas kolom isian artikel untuk mengatur ukuran huruf, format teks, menyisipkan link, atau memasang gambar dan video.

15 3.Contoh, untuk memasang gambar dari komputer, klik tombol Tambah Gambar. Di jendela Unggah Gambar, tekan Browse, lalu pilih file gambar dari komputer. Anda pun bisa mengatur posisi dan ukuran gambar. Setelah siap, klik kotak Saya menyetujui Persyaratan Layanan, lalu klik Unggah Gambar. Setelah diproses, klik Selesai untuk kembali ke jendela pembuatan Posting. Terlihat gambar sudah muncul di sana.

16 4.Anda dapat menggolongkan tema setiap posting dengan memberinya Label. Ketikkan label di kotak Label untuk entri ini. Label berupa kata kunci tema, misalnya internet. Anda bisa mengetik beberapa kata kunci sekaligus. Pisahkan penulisannya dengan tanda koma, seperti belajar, internet, blogging. Daftar label nantinya me- mudahkan pembaca mencari posting Anda dengan tema tertentu.

17 5. Setelah semua selesai, publikasikan posting Anda. Klik Terbitkan Entri. 6.Untuk melihat hasilnya, klik link Lihat Blog (di jendela baru). Posting Anda telah selesai dan siap dibaca atau dikomentari pengunjung. 7.Jika kurang puas, edit posting tersebut dengan klik pada link Edit entri. Anda nanti bisa mengedit posting lama di menu Posting > Edit Entri, lalu klik Edit pada posting yang Anda tuju. Demikian juga, untuk menghapus sebuah posting, klik link Hapus di bagian kanan posting yang Anda maksud.

18 Mengatur Blog Selain membuat, mengedit, atau menghapus posting, Anda bisa mengatur setting blog secara keseluruhan. Klik menu Pengaturan, lalu pilih tab berikut : Dasar: untuk mengedit Judul blog atau menambahkan Uraian singkat pada blog Anda. Bagian lain biasanya tidak perlu diedit, karena sudah terisi nilai yang umum dipakai. Klik Simpan Setelan. Publikasikan: untuk mengganti alamat blog. Ini tidak perlu diubah, kecuali Anda benar-benar ingin berganti alamat blog. Format: untuk menata jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama, format waktu dan penanggalan, serta pemilihan bahasa menu blog. Komentar: untuk menentukan bagaimana pengunjung berkomentar di posting blog.

19 Next… Mengatur Blog Arsipkan: untuk mengatur frekuensi tampilan arsip di halaman blog Anda, apakah tahunan, bulanan, atau harian. Feed Situs: untuk menetapkan ijin berlangganan dan cara penyajian feed blog Anda. Feed adalah fitur yang memungkinkan orang lain membaca atau me-relay update posting Anda tanpa harus mengakses langsung ke blog Anda. & Seluler: untuk mengisikan daftar alamat rekan agar mereka mendapat kiriman setiap kali Anda membuat posting baru. Anda juga dapat memposting ke blog Anda via , caranya dengan mengatur alamat khusus pada Opsi Pengeposan. OpenID: untuk melihat URL OpenID Anda. OpenID adalah ID yang bisa digunakan sebagai identitas global untuk login ke berbagai situs yang menerapkan fitur login OpenID. Anda juga bisa mengijinkan orang mengisi komentar di blog Anda menggunakan OpenID mereka. Izin: untuk menetapkan rekan yang bisa login ke blog Anda, agar bisa turut mengisi posting di blog Anda.

20 Menata Layout Selain memposting dan mengatur setting blog, Anda juga dapat menata layout blog, misalnya menambahkan elemen, mengubah warna dan huruf, atau mengganti template. Klik menu Tata Letak \ untuk menata layout. 1. Di Elemen Halaman, Anda dapat menambahkan elemen baru. Klik link Tambah Gadget di posisi yang tersedia.

21 2. Pada jendela pilihan gadget, klik salah satu elemen yang tersedia, misalnya Kotak Penelusuran. 3. Atur settingnya, misalnya untuk kotak penelusuran berikan judul dan tab pencarian. Perhatikan pratayangnya, klik Simpan jika cocok. 4. Kini elemen baru muncul di jendela Elemen Halaman. Klik Lihat Blog untuk memeriksa hasilnya.

22 5. Anda bisa menata ulang posisi mendrag elemen kotak dengan elemen dan menempatkannya di lokasi lain. Klik Simpan dan lihat perubahannya di halaman blog Anda. 6. Di Font dan Warna, Anda bisa mengganti-ganti jenis font dan warna dasar blog. Perhatikan perubahannya pada kotak pratayang yang ada di bawah. Jika cocok, klik Simpan Perubahan. 7. Di Edit HTML, Anda dapat mengutak-atik kode HTML, yaitu kode pemrograman halaman blog. Anda harus paham dasar-dasar HTML untuk melakukan hal ini. 8. Di Pilih Template Baru anda dapat mengganti tema tampilan blog dengtan pilihan tema baru yang tersedia.

23 T E R I M A K A S I H SELAMAT MENCOBA


Download ppt "PANDUAN MEMBUAT BLOG By : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Tahun 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google