Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi

2 KELAS MAYA Panduan Pengguna Untuk Guru (Versi Mei 2013)

3 Daftar Isi Akses Situs Kelas M aya RegistrasiMembuat Materi Ajar Mengelola Rencana PembelajaranModul AjarMembuat Kelas MayaMembuat Ujian Semester

4 AKSES SITUS KELAS MAYA

5 01 | Akses Situs Kelas Maya#1 1.Buka alamat aplikasi (browser :Ie, Mozilla dll) : 2.Masukkan username dan password pada kolom yang disediakan, lalu Pilih tombol “Masuk” 3.Jika belum memiliki user silahkan tekan tombol “Daftar Sekarang Gratis!”

6 02 | Akses Situs Kelas Maya#2

7 REGISTRASI

8 00 | Langkah Registrasi 1. Daftar Guru 2. Pengguna Baru/ Peserta PPB 3. Data Sekolah 4 Biodata Guru 5 Mulai aktifitas (login Dengan Akun Baru) 6 Finalisasi data guru 7 Mengelola Profil

9 01 | Halaman Awal Kelas Maya

10 02 | Registrasi #1 REGISTRASI Menu Registrasi merupakan menu yang dapat diakses langsung dari halaman login, untuk anonymous user yang ingin melakukan registrasi ke dalam aplikasi, yaitu untuk mendaftar sebagai guru atau mendaftar sebagai siswa. 1.Buka alamat aplikasi : 2.Pilih tombol “Daftar Sekarang! Gratis!” 3.Halaman pilihan registrasi yang muncul

11 03 | Registrasi #2 4.Pilih “Daftar Sebagai Guru” untuk mendaftar sebagai guru dan pada tampilan berikutnya pilih “Daftar Baru” (untuk yang pernah mendaftar layanan PPB dapat “ Saya Pernah Terdaftar pada PPB” dan sistem akan mengambil data user anda) 5. Lengkapi data asal Provinsi, Kabupaten, Jenjang, dan Sekolah, lalu Pilih tombol “Simpan Pilihan”

12 04 | Registrasi #3

13 05 | Registrasi #3

14 06 | Registrasi #5 6. Lengkapi data Nama Depan, Nama Belakang, NUPTK, Username, Password, dan konfirmasi password, lalu Pilih tombol “Daftar” 7. Tunggu selama beberapa saat hingga akun Anda selesai dipersiapkan, lalu lakukan login kembali ke dalam aplikasi Rumah Belajar Kelas Maya dengan akun yang baru.

15 07 | Registrasi #6 8. Setelah login berhasil dilakukan, tandai mata pelajaran yang diajar, lalu Pilih tombol “Mulai Aktivitas” dan lakukan login ulang

16 08 | Login User

17 09 | Finalisasi Data Guru 9. Pada jendela “Finalisasi Akun Guru” pilihlah bidang studi ajar yang di kuasai lalu tekan tombol “Simpan Pilihan”. (User dapat melakukan 2 pilihan atau lebih dan dapat di lakukan perubahan jika diperlukan )

18 10 | Profil Guru MENGELOLA PROFIL Menu Profil merupakan halaman yang berisi informasi umum mengenai identitas user.

19 11 | Mengelola Profil 1. Pilih tombol “Profil Saya” yang terletak di bagian kanan atas. 2. Pilih tombol “Ubah Profil” untuk mengubah detail profil. 3. Pilih tombol “Cari” untuk mengunggah foto dari komputer Anda, lalu Pilih tombol “Unggah Foto” 4. Pilih tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

20 12 | Halaman Materi Ajar Halaman awal muncul setelah pengguna berhasil melakukan login sebagai guru, berisi daftar materi ajar dan kelas maya yang telah dibuat, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. 1.Pilih salah satu Materi Ajar yang diinginkan untuk langsung menuju halaman Kelola Materi Ajar yang bersangkutan. 2. Pilih salah satu Kelas Maya yang diinginkan untuk langsung menuju halaman Kelola Kelas Maya yang bersangkutan.

21 MEMBUAT MATERI AJAR

22 00 | Langkah Membuat Materi Ajar 1. Pilih Mata Pelajaran 2. Ubah Materi Ajar 3. Kelola Rencana Pembelajaran 4. Mengelola Modul Ajar 5. Mengelola Latihan 6. Mengaktifkan topik 7. Mempublikasikan Materi Ajar

23 01 | Materi Ajar #1 MEMBUAT MATERI AJAR Menu Materi Ajar berisi halaman untuk mulai membuat materi ajar yang baru atau mengelola materi ajar yang telah dibuat. 1.Untuk membuat materi ajar, Pilih menu Materi Ajar. 2. Pilih Mata Pelajaran yang ingin dibuat materi ajarnya.

24 02 | Materi Ajar #2 3. Selanjutnya akan muncul preview daftar topik yang tersedia untuk mata pelajaran tersebut. Pilih tombol “Buat Materi Ajar Ini” untuk membuat materi ajar.

25 03 | Materi Ajar #3 4. Dari jendela konfirmasi yang muncul, Pilih OK untuk melanjutkan.

26 04 | Materi Ajar #4 5. Di halaman selanjutnya, yaitu halaman Ubah Materi Ajar, nama dari Materi Ajar secara default adalah sama dengan nama mata pelajaran. Anda dapat melakukan perubahan untuk judul nama materi ajar maupun deskripsi dari mata pelajaran tersebut. Pilih tombol Simpan untuk menyimpan.

27 05 | Materi Ajar #4 6. Jika guru merasa telah selesai membuat seluruh konten materi ajar dan siap akan mempublikasikan materinya ke siswa, status publikasi bisa dicentang. Secara default, status publikasi berada dalam kondisi tidak tercentang. 7. Tombol Kelola Ujian adalah fitur untuk guru jika sudah ingin membuat soal ujian untuk materi tersebut, untuk ujian evaluasi pembelajaran satu semester. 8. Topik Ajar berisi daftar topik yang bisa diisi oleh guru dengan konten materi ajar yang diinginkan. Pilih salah satu topik yang ingin dibuat Modul Ajarnya.

28 MENGELOLA RENCANA PEMBELAJARAN

29 01 | Rencana Pembelajaran #1 Mengelola Rencana Pembelajaran Kelola Rencana Pembelajaran pada halaman yang tersedia, dengan mengPilih tombol “Ubah” atau “Hapus”

30 02 | Rencana Pembelajaran #2

31 MODUL AJAR

32 01 | Mengelola Modul Ajar #1 Pilih menu “Modul Ajar” untuk mulai membuat dan mengelola modul ajar. Modul Ajar terdiri atas beberapa tahap materi modul ajar yang harus diisi, antara lain: Pendahuluan, Kegiatan Awal, Kegiatan Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir. Pilih salah satu tahap tersebut, lalu mulailah mengisi layar editor yang tersedia dengan konten yang diinginkan, lalu Pilih tombol “Simpan”.

33 02 | Mengelola Modul Ajar #2

34 03 | Menambahkan file Terkait #1 Anda juga dapat menambahkan file-file tambahan untuk melengkapi modul ajar yang dibuat, melalui panel Koleksi Pribadi, Katalog Media, dan Tautan. Koleksi Pribadi Koleksi Pribadi adalah panel untuk mengunggah dan mengelola file-file pribadi dari komputer Anda ke Aplikasi Rumah Belajar Kelas Maya.

35 04 | Menambahkan file Terkait #2  Pilih panel “Koleksi Pribadi” dan tombol “Kelola” di dalam panel Koleksi Pribadi, sehingga muncul jendela kelola koleksi pribadi, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.  Pilih tombol “Buat Koleksi Pribadi” untuk membuat dokumen Office Web Apps secara online.  Lengkapi nama file dan pilih jenis dokumen Office yang ingin dibuat, kemudian Pilih tombol “Buat”

36 05 | Menambahkan file Terkait #3  Pilih tombol “Ubah” pada file yang baru saja berhasil dibuat, untuk mulai mengedit dokumen tersebut secara online.  Jika ingin mengunggah koleksi pribadi, pada langkah pilih “Unggah Koleksi Pribadi”  Pilih “Choose File” untuk memilih dokumen yang ingin diunggah, lalu Pilih tombol “Unggah”

37 06 | Menambahkan file Terkait #4  Tutup jendela Kelola Koleksi Pribadi untuk kembali ke halaman Modul Ajar.  Tarik dengan mouse nama file dari panel Koleksi Pribadi lalu lepaskan di atas konten layar editor yang diinginkan.

38 07 | Koleksi Pribadi Koleksi Pribadi Koleksi Saya adalah panel untuk mengakses file-file dan dokumen-dokumen lain yang sudah tersedia di Aplikasi Rumah Belajar Kelas Maya untuk membantu Anda melengkapi Modul Ajar yang sedang dibuat.

39 08 | Tautan Tautan Tautan adalah panel untuk mendaftarkan alamat-alamat tautan yang berhubungan dengan materi dari modul ajar yang sedang dibuat, sebagai bahan bacaan referensi.

40 09 | Preview #1 Tampilkan Preview untuk melihat tampilan preview dari modul ajar yang dibuat. Pilih tombol “Tampilkan Editor” untuk kembali ke layar editor.

41 10 | Preview #2

42 11 | Latihan Mengelola Latihan Latihan adalah aktivitas berupa soal-soal yang dapat dijawab oleh siswa secara mandiri, ketika siswa tersebut membaca suatu Modul Ajar di Materi Belajar.

43 12 | Membuat Latihan #1 1.Pilih menu “Latihan” untuk mulai membuat dan mengelola soal- soal latihan. 2. Soal-soal latihan dapat dibuat dalam bentuk beberapa jenis paket soal. Paket-paket soal akan diacak sehingga setiap siswa mengerjakan paket soal secara random dari daftar paket soal yang sudah dibuat oleh guru. Jumlah soal pada masing-masing paket tidak dibatasi, sesuai dengan kebutuhan guru. 3. Pilih tombol “Buat Paket Soal Latihan” pada paket soal yang diinginkan, untuk mulai membuat paket soal latihan.

44 13 | Membuat Latihan #2 4. Jenis soal terbagi menjadi tiga, yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan. 5. Untuk membuat soal pilihan ganda, Pilih menu “Pilihan Ganda” dan Pilih tombol “Tambah Soal Pilihan Ganda”, “Tambah Soal Benar Salah” dan “Tambah Soal Menjodohkan”.

45 14 | Membuat Latihan #2 6. Pilih tombol “Publikasikan” untuk mempublikasikan paket soal tersebut ke dalam daftar soal latihan yang akan diacak untuk dikerjakan oleh siswa.

46 15 | Aktifasi Materi Ajar Mengaktifkan Topik Materi Ajar Setelah selesai membuat konten modul ajar dan soal latihan untuk salah satu topik materi ajar, Anda dapat mengaktifkan topik tersebut, untuk menandai bahwa topik itu akan muncul di layar siswa yang ingin melihat materi ajar yang Anda buat.

47 16 | Publikasi Materi Ajar Mempublikasikan Materi Ajar 1.Jika Anda telah selesai mengisi seluruh konten Modul Ajar untuk semua topik yang ada di Materi Ajar Anda, maka Anda sudah bisa mempublikasikan Materi Ajar yang Anda buat, sehingga Materi Ajar tersebut dapat terlihat oleh Siswa dan dapat diikuti oleh Siswa. 2. Kembali ke halaman Ubah Materi Ajar, centang kolom “Publikasikan” 3. Pilih tombol “Simpan”

48 MEMBUAT KELAS MAYA

49 00 | Langkah Pembuatan Kelas Maya 1. Pilih Mata Pelajaran Pastikan sudah membuat Materi Ajar 2. Mengatur Jadwal Kelas Maya 3. Mengubah detail kelas Maya 4. Mengelola kuis, diskusi, latihandan proyek. 5. Mengaktifkan Kelas Maya 6. Melakukan Konfrensi

50 01 | Kelas Maya Menu Kelas Maya berisi halaman untuk mulai membuat kelas maya yang baru atau mengelola kelas maya yang telah dibuat. Kelas Maya hanya dapat dibuat jika guru sudah membuat Materi Ajar untuk Mata Pelajaran yang ingin dibuat kelas mayanya, dan Materi Ajar tersebut harus sudah memiliki status terpublikasi.

51 02 | Membuat Kelas Maya #1  Untuk membuat kelas maya, Pilih menu Kelas Maya.  Pilih Mata Pelajaran yang ingin dibuat kelas mayanya. Pastikan Anda sudah membuat Materi Ajar untuk Mata Pelajaran tersebut.

52 03 | Membuat Kelas Maya #2  Selanjutnya akan muncul preview daftar kelas maya yang sudah Anda buat untuk mata pelajaran tersebut. Pilih tombol “Buat Kelas Baru” untuk membuat kelas maya.

53 04 | Membuat Kelas Maya #3  Lengkapi formulir yang muncul dengan informasi kelas maya yang ingin dibuat, lalu Pilih tombol “Buat Kelas Baru”.

54 05 | Mengubah Detail Kelas Maya #1 Mengubah Detail Kelas Maya Pilih kelas maya yang baru saja berhasil dibuat. Pilih tombol “Ubah Detail Kelas” untuk mengubah informasi detail kelas maya.

55 06 | Mengubah Detail Kelas Maya #2 Mengelola Kelas Maya  Pilih tombol “Kelola Kelas Ini” untuk mulai mengelola kelas maya tersebut.  Daftar topik yang muncul di halaman Daftar Topik Kelas Maya adalah semua topik yang sudah Anda aktifkan ketika Anda membuatnya di Materi Ajar. Secara default, topik tersebut dalam keadaan terkunci (dilambangkan dengan gambar gembok), dengan kata lain siswa tidak bisa membuka isi dari topik tersebut, sampai Anda membuka kuncinya.  Pilih topik yang ingin dikelola.

56 Mengelola Kuis Kuis adalah aktivitas berupa soal-soal yang harus dijawab oleh siswa, sebelum siswa tersebut dapat melanjutkan membaca modul berikutnya.  Pilih menu “Kuis” untuk mulai mengelola Kuis.  Pilih tombol “Kelola Soal Kuis” untuk membuat soal-soal kuis.  Jenis soal terbagi menjadi tiga, yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan. 07 | Kuis #1

57 08 | Kuis #2  Untuk membuat soal pilihan ganda, Pilih menu “Pilihan Ganda” dan Pilih tombol “Tambah Soal Pilihan Ganda”.  Isilah kolom-kolom yang muncul, mencakup: Stimulus (bersifat opsinal, boleh diisi boleh tidak), Pertanyaan, Jawaban Benar, Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3 (bersifat opsional, boleh diisi boleh tidak); lalu Pilih tombol “Simpan”.

58 09 | Kuis #3  Pilih tombol “Kembali”.  Pilih tombol “Aktifkan” untuk mengaktifkan soal kuis yang telah dibuat, sehingga dapat dilihat oleh Siswa.

59 10 | Membuat Diskusi #1 Mengelola Diskusi 2-2 dan 4-4 Diskusi adalah aktivitas diskusi antar siswa yang melibatkan 2 /4 orang siswa di dalam satu kelompok.  Pilih menu “Diskusi 2-2” untuk mulai mengelola Diskusi 2-2. dan “Diskusi 4-4” untuk mengelola Diskusi 4-4  Pilih tombol “Kelola Pertanyaan” untuk membuat soal yang akan didiskusikan siswa di aktivitas Diskusi 2-2.

60 11 | Membuat Diskusi #2  Pilih tombol “Tambah Pertanyaan” untuk membuat pertanyaan diskusi.  Tulis soal yang ingin pada editor yang disediakan, lalu Pilih tombol Simpan.

61 12 | Membuat Diskusi #3

62 13 | Membuat Diskusi #4  Jika ingin membuat soal lain, Pilih kembali tombol “Tambah Pertanyaan” dan ulangi langkah di atas. Paket- paket soal yang telah dibuat akan didistribusikan secara acak oleh sistem, sehingga masing-masing kelompok akan mendapatkan satu paket pertanyaan diskusi secara acak. Jika guru hanya membuat satu jenis paket pertanyaan diskusi saja, maka semua kelompok akan mendapatkan paket pertanyaan diskusi yang sama.

63 14 | Tugas Proyek #1 Mengelola Tugas Proyek Tugas Proyek adalah aktivitas yang dilakukan siswa berupa tugas untuk melakukan proyek yang berkaitan dengan topik yang dibahas pada Kelas Maya, baik bersifat individu maupun kelompok, tergantung kebutuhan guru.

64 15 | Tugas Proyek #2  Pilih menu “Proyek” untuk mulai mengelola Artikel.  Buatlah soal di dalam editor yang telah disediakan, lengkapi tanggal deadline, lalu Pilih tombol “Simpan”.

65 16 | Membuka kunci Kelas Maya Membuka Kunci Topik Kelas Maya Setelah selesai membuat konten soal-soal untuk aktivitas kelas maya dan sudah ingin memperlihatkan isi topik itu kepada Siswa, Anda dapat membuka kunci dari topik tersebut, dengan mengPilih tombol “Buka Kunci”

66 17 | Ujian Semester #4  Setelah selesai membuat paket soal yang dipublikasikan, Pilih tombol “Aktifkan Ujian Semester” jika Anda ingin mengaktifkan Ujian Semester tersebut, sehingga Ujian Semester tersebut bisa diikuti oleh siswa yang mendaftar Kelas Maya.

67 18 | Menutup Kelas Maya Menutup Kelas Maya 1. Jika dikarenakan suatu hal, Anda tidak jadi mengelola kelas maya yang baru saja Anda buat, Anda dapat menutup kelas tersebut dengan cara Pilih tombol “Tutup Kelas Ini”. 2. Anda hanya dapat menutup suatu kelas maya dengan syarat bahwa kelas maya tersebut belum pernah dimulai (dengan kata lain, tanggal saat ini masih kurang dari tanggal dimulainya kelas maya tersebut).

68 MEMBUAT UJIAN SEMESTER

69 01 | Ujian Semester #1 Membuat Ujian Semester  1Setelah selesai membuat konten aktivitas di setiap topik Kelas Maya, Anda dapat mengelola Ujian Semester, yang berisi daftar soal ujian yang akan dikerjakan oleh Siswa di akhir semester.  Pada halaman yang berisi Daftar Topik Kelas Maya, Pilih tombol “Kelola Ujian Semester” yang terletak di sebelah kanan.

70 02 | Ujian Semester #2  Masukkan jumlah soal ujian yang ingin dibuat dan durasi pengerjaannya dalam satuan menit, lalu Pilih tombol Simpan.  Soal-soal ujian semester dapat dibuat dalam bentuk beberapa jenis paket soal. Paket-paket soal akan diacak sehingga setiap siswa mengerjakan paket soal secara random dari daftar paket soal yang sudah dibuat oleh guru. Jumlah soal pada masing-masing paket tidak dibatasi, sesuai dengan kebutuhan guru.  Pilih tombol “Buat Paket Soal Ujian” pada paket soal yang diinginkan, untuk mulai membuat paket soal ujian.

71 03 | Ujian Semester #3  Jenis soal terbagi menjadi tiga, yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan.  Untuk membuat soal, Pilih menu dan Pilih tombol bentuk soal yang di harapkan  Isilah kolom-kolom yang muncul pada setiap bentuk soal yang diharapkan

72


Download ppt "RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google