Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SAS.SMKDKI.NET PANDUAN SAS 2013 MODUL WALI KELAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SAS.SMKDKI.NET PANDUAN SAS 2013 MODUL WALI KELAS."— Transcript presentasi:

1 SAS.SMKDKI.NET PANDUAN SAS 2013 MODUL WALI KELAS

2 Pengantar tentang Login dan Akses 1.Login terdiri dari 3 elemen ( Wakil Kurikulum, Tata Usaha, Wali kelas / Guru ) 2.ID Wakil kurikulum menggunakan 2 digit terakhir 01 ( misal: ) 3.ID TU menggunakan 2 digit terakhir 02 (misal: ) 4.ID Wali Kelas dan Guru menggunakan 2-3 digit terakhir ( misal: / ) 5.Jika Wakil Kurikulum dan TU lupa password loginnya, maka harus menghubungi admin rayon masing- masing wilayah. 6.Jika Wali Kelas atau Guru, lupa passwordnya, maka bisa di ubah atau direset dari akses TU ( menu DATA GURU ) Akses Tata Usaha meliputi: 1.Input data sekolah ( kepala, alamat, telp dll ) 2.Input kompetensi keahlian ( jurusan ) 3.Input/import data guru 4.Input data kelas 5.Input/import data siswa 6.Buku induk 7.Format 8355 & A3 8.Pencarian siswa Akses Kurikulum meliputi: 1.Input /importmata pelajaran dan deskripsinya 2.Pemetaan mata pelajaran pada kelas masing-masing 3.Input ekstrakurikuler dan deskripsinya Akses Wali Kelas meliputi: 1.Input/import nilai siswa 2.Input kehadiran (CAS) 3.Input ekstrakurikuler 4.Input catatan antar mata pelajaran (CAS) 5.Cetak sampul 6.Cetak identitas 7.Cetak rapor 8.Cetak leger

3 1. Login Wali Kelas a) Buka web SAS SMKDKI 2013 ( ) b) Pilih server berdasarkan wilayah sekolah masing-masing, misal SMKN 22, berarti wilayah Jakarta Timur. c) Pilih opsi “SAS 2013” d) Masukkan User ID Walikelas ( bisa diperoleh dan ditambahkan dari akses TU ) e) Masukkan password yang diperoleh dari TU f) Pilih nama sekolah, dibawah kolom password g) Klik tombol “Login” untuk masuk akses wali kelas

4 2. Input nilai per-siswa a)Pilih menu “PROSES NILAI” b)Setting semester dan tahunnya terlebih dahulu, semester dan tahun harus diaktifkan dulu, jika tidak diaktifkan maka semua menu pada akses wali kelas tidak akan aktif. c)Klik tombol “Simpan” jika semester dan tahun sudah dipilih. d)Maka akan muncul konfirmasi “Berhasil set ke semester x tahun pelajaran xxxx”, tekan tombol “Ok” e)Maka tampilan akan berubah, dan akan muncul tambahan menu “PILIH SEMESTER & TAHUN PELAJARAN” dan “IMPORT NILAI, f)Jika akan merubah semesternya, silahkan klik menu “PILIH SEMESTER & TAHUN PELAJARAN”

5 2. Input nilai per-siswa a)Pilih mata pelajaran yang akan diinput nilainya. b)Pilih nama siswa yang akan diinput nilainya. c)Klik tombol “Input Nilai” Keterangan: Selain digunakan untuk Input nilai persiswa, menu ini juga dapat digunakan untuk merubah nilai siswa, apabila nilai siswa sudah terinput, atau ubah nilai siswa. Misal nilai sudah masuk, namun nilai siswa ybs belum kompeten, atau belum tuntas, kemudian siswa melakukan remidial kemudian nilainya sudah bagus, maka nilai siswa bisa diubah dari menu ini. Nilai siswa dalam bentuk 2 digit puluhan (misal 84, 72, 71 ), jika ada nilai koma, maka dibulatkan terlebih dahulu, nilai akan dikonversi secara otomatis oleh sistem menjadi 1 digit, 1 sd 4.

6 2. Input nilai per-siswa a)Setelah klik tombol “Input Nilai”, maka akan muncul form pengisian nilai per siswa, dengan indikator- indikator yang sudah standar. b)Pada nilai pengetahuan, ada nilai “Catatan Guru Per Individu”, catatan ini adalah catatan dari guru mata pelajaran kepada siswa ybs, isinya adalah tambahan capaian hasil belajar selama satu semester, jika ada KD yang tidak tuntas atau mempunyai keunggulan atau kelebihan siswa pada KD tertentu maka, guru dapat menambahkannya pada kolom ini, catatan ini akan muncul pada rapor, tabel deskripsi nilai pengetahuan. c)Pastikan nilai adalah 2 digit puluhan, atau maksimal 100. d)Klik tombol “Simpan” jika nilai sudah diisi. e)Selesai, cek nilai di rapor, jika akan merubah nilai, ulangi langkah no 2 ini.

7 3. Import Nilai Siswa Sebelum melakukan import nilai, hal-hal yang perlu diperhatikan : a)Download format Ms. Excel pada halaman “IMPORT NILAI” (lihat tanda merah atas) b)Samakan format kolom pada nilai masing-masing guru spt format yang sudah didownload. c)Pastikan “Regional and Setting” PC/Laptop pada pilihan “English (United States)”. d)Pastikan pada saat save as type nya adalah “CSV (MS. DOS)” mode. e)Hapus baris ke 1 ( judul kolom, pada file format nilai yang didownload) f)Jika ada masih gagal, buka file csv nya menggunakan “Notepad” dan perhatikan pembatas antar nilai, harus menggunakan, (koma), jika ; (titik koma) maka sudah pasti gagal import.

8 3. Import Nilai Siswa g)Pilih mata pelajaran yang akan diimport nilainya h)Pilih file nilai yang sudah disimpan menjadi CSV, klik tombol “Browse”, cari filenya ditempat anda menyimpan file CSV nya. i)Klik tombol “Simpan” j)Maka akan muncul konfirmasi “Berhasil di import”, klik tombol “Ok” k)Jika nilai sudah berhasil klik pada menu “LIHAT RAPOR” atau “INPUT / UBAH NILAI” l)Untuk mata pelajaran Agama, hapus NIS siswa yang agamanya berbeda, atau kasih nilai 0 (nol) m)Dan input nilai siswa yang berbeda agama melalui menu “INPUT / UBAH NILAI” secara manual, lihat langkah no 2.

9 4. Input Kehadiran Siswa (CAS) a)Sebelum input kehadiran siswa, pastikan menu semester sudah aktif, klik menu “INPUT / UBAH NILAI” aktifkan semesternya terlebih dahulu. b)Klik menu “CAS” (Catatan Akhir Semester) c)Pilih nama siswa yang akan di input, kemudian klik tombol “Tampilkan” d)Input data kehadirannya dan catatan antar mata pelajarannya e)Kemudian klik tombol “Simpan”

10 5. Input data Ekstrakurikuler a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif. b)Klik menu “EKSTRAKURIKULER” c)Pilih siswa yang akan diinput d)Klik (+) tambah ekskul e)Pilih nama ekskul yang diikuti f)Pilih nilai ekskulnya g)Klik tombol “Simpan” h)Untuk mengisi ekskul kedua, ketiga dsb, mengulang dari c.

11 6. Cetak Sampul Rapor a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif, dan aplikasi PDF atau Adobe acrobat reader sudah terinstall b)Klik menu “CETAK SAMPUL” c)Pilih nama siswa yang akan dicetak d)Klik tombol “Cetak” e)Jika ada perubahan pada ukuran kertas, setting pada kertas printer “Printer Properties”

12 7. Cetak Biodata Siswa a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif dan aplikasi PDF Reader sudah terinstall (misal Adobe Acrobat Reader) b)Klik menu “CETAK BIODATA” c)Pilih nama siswa yang akan dicetak d)Pilih tanggal biodatanya (tertanda kepala sekolah) e)Klik tombol “Cetak”

13 8. Melihat nilai rapor a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif b)Klik menu “LIHAT RAPOR” c)Pilih nama siswa yang akan dilihat rapornya d)Klik tombol “Tampilkan” e)Maka akan tampil 

14 9. Mencetak rapor a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif. b)Klik menu “CETAK RAPOR” c)Pilih nama siswa yang akan dicetak d)Pilih tanggal rapor e)Klik menu “Cetak” f)Untuk pencetakan ke printer baca panduan Wali Kelas SAS 2010, dapat di download pada alamat: g)Selesai.

15 8. Melihat nilai leger capaian a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif b)Klik menu “LIHAT LEGER” c)Pilih nama mata pelajaran yang akan dilihat legernya d)Klik tombol “Tampilkan” e)Maka akan tampil 

16 9. Mencetak leger capaian a)Pastikan semester dan tahun sudah aktif. b)Klik menu “CETAK LEGER” c)Pilih nama mata pelajaran yang akan dicetak d)Pilih tanggal leger e)Klik menu “Cetak” f)Selesai.

17 Salam SMK Bisa !!! S E L E S A I Presentasi oleh: Alan


Download ppt "SAS.SMKDKI.NET PANDUAN SAS 2013 MODUL WALI KELAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google