Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT PENGEMBANGAN AIR MINUM APLIKASI PPM PAMSIMAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT PENGEMBANGAN AIR MINUM APLIKASI PPM PAMSIMAS."— Transcript presentasi:

1 DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT PENGEMBANGAN AIR MINUM APLIKASI PPM PAMSIMAS

2 Level Pengguna Aplikasi PPM User CMAC, 1. Untuk mendaftarkan pengaduan yang masuk di tingkat nasional dan menangani pengaduan dengan level derajat nasional 2. Melakukan review terhadap seluruh PPM yang sudah teregister, yang sudah berstatus Proses (sudah ditindaklanjuti) 3. Memberikan status selesai User ROMS Regional, untuk mendaftarkan pengaduan yang masuk di tingkat ROMS Regional dan mencatatkan proses dan hasil penanganan pengaduan untuk derajat penanganan ROMS Regional. User ROMS Provinsi, untuk mendaftarkan pengaduan yang masuk di tingkat provinsi dan mencatatkan proses dan hasil penanganan pengaduan untuk derajat penanganan provinsi User Kabupaten/Kota, untuk mendaftarkan pengaduan yang masuk di kabupaten/kota atau kel/desa mencatatkan proses dan hasil penanganan pengaduan untuk derajat penanganan kab/kota dan kel/desa

3 PENANGGUNG JAWAB PENGISIAN APLIKASI PPM Penanggung jawab pengisian data Aplikasi PPM di tingkat Kabupaten / Kota dilakukan oleh ROMS dan sebagai penanggung jawab adalah Koordinator Kabupaten/Kota. Penanggung jawab pengisian data Aplikasi PPM di tingkat Provinsi dilakukan oleh ROMS dan sebagai penanggung jawab adalah Koordinator Provinsi. Penanggung Jawab pengisian aplikasi di tingkat Regional dilakukan oleh Data Management Specialist. Penanggung jawab pengisian data Aplikasi PPM di tingkat Pusat dilakukan oleh TA Handling Complaint Unit.

4 PPM PAMSIMAS Alamat: Atau:

5 Menu Aplikasi PPM Menu Aplikasi PPM terbagi atas dua bagian utama: Bagian Pertama: PENGADUAN Bagian kedua : LAPORAN PPM

6 BERANDA PPM BERANDA PPM= Informasi singkat tentang PPM Pamsimas & Nomor SMS Pengaduan

7 PENGADUAN ONLINE PENGADUAN ONLINE: salah satu media pengaduan dimana masyarakat luas dapat menyampaikan pengaduan melalui website Pamsimas. Pengadu dapat menyampaikan pengaduannya dengan cara menuliskan alamat dan kata sandi setelah melakukan pendaftaran. Pengaduan yang disampaikan melalui media ini bisa dapat dilihat langsung setelah melalui proses Konfirmasi (jika lokasi &substansi pengaduan belum lengkap) oleh Tim PPM CMAC.

8 APLIKASI PPM PAMSIMAS Untuk dapat masuk ke dalam aplikasi PPM, user diharuskan login terlebih dahulu sesuai dengan username dan password yang telah diberikan oleh Tim MIS CMAC.

9 GARIS BESAR MENU APLIKASI PPM Input Pengaduan Baru adalah bagian untuk menginput data pengaduan masyarakat dari berbagai sumber atau media pengaduan. Pengaduan Masuk adalah bagian untuk menjawab atau menindaklanjuti pengaduan yang masuk. Pengaduan Keluar adalah bagian untuk melakukan edit terhadap pengaduan yang telah diinput atau diregistrasi.

10 MENU APLIKASI PPM Di dalam aplikasi PPM terdapat 3 menu utama untuk level pengguna PROVINSI dan KABUPATEN/KOTA. Sementara itu untuk level pengguna CMAC terdapat 4 menu utama dengan tambahan menu “Review PPM”

11 Tahapan Proses PPM Register atau input pengaduan, adalah proses meng-input laporan pengaduan dari masyarakat yang diterima dari berbagai sumber. Tindaklanjut Pengaduan, adalah memberikan penjelasan mengenai hasil verifikasi dan investigasi, rekomendasi, dan hasil akhir penanganan. Status Pengaduan, adalah memberikan kesimpulan mengenai status pengaduan apakah belum ditindaklanjuti, masih dalam status proses, mendapatkan review dari pusat (CMAC) atau sudah terselesaikan. Khusus untuk penetapan status penyelesaian pengaduan hanya bisa dilakukan oleh user pusat (dalam hal ini adalah CHS-CMAC)

12 INPUT PENGADUAN BARU Menu ini digunakan untuk memasukkan atau meregistrasi pengaduan. User harus memasukan isian sesuai dengan urutannya dan apabila ada tanda bintang (*) menandakan bahwa isian tersebut wajib untuk diisi. Sementara itu khusus untuk pengaduan dengan kategori Penyimpangan Dana, ada tambahan kolom isian nominal dana.

13 PENGADUAN MASUK Menu ini merupakan halaman pengaduan masuk yang ditujukan kepada user untuk ditindaklanjuti. Untuk dapat melakukan pengisian terhadap tindaklanjut pengaduan, user dapat melakukan klik pada nomor pengaduan. Pada halaman pengaduan masuk, user juga diberikan tempat untuk melampirkan dokumen pendukung pengaduan. Lampiran dokumen pendukung pengaduan ini berlaku hanya untuk pengaduan dengan kategori penyimpangan dana.

14 TAMPILAN ISIAN PENGADUAN MASUK

15 PENGADUAN KELUAR Menu ini merupakan pengaduan yang telah diregistasi atau dicatatkan oleh user. Pada menu ini user juga dapat melakukan edit terhadap pengaduan yang telah diregister.

16 REVIEW PPM Menu ini disajikan khusus bagi pengguna level CMAC untuk melakukan Review terhadap pengaduan yang sudah ditindaklanjuti atau pengaduan yang sudah berstatus proses dan juga untuk menyatakan selesai suatu pengaduan. User CMAC dapat memberikan catatan melalui menu ini terhadap kekurangan atau langkah – langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pengaduan apabila suatu pengaduan belum bisa dinyatakan selesai.

17 LAPORAN PPM Laporan PPM di dalam aplikasi PPM terbagi atas 6 bagian, yaitu: 1.Daftar Pengaduan 2.Rekap Progress 3.Rekap Berdasarkan Kategori 4.Rekap Penyimpangan Dana Berdasarkan sumber/media 5.Rekap penyimpangan dana berdasarkan derajat 6.Arsip PPM

18 1. DAFTAR PENGADUAN Sub menu ini berisikan seluruh pengaduan yang telah di registrasi melalui aplikasi PPM. Daftar pengaduan ini dapat pula di convert ke dalam bentuk excel yang dapat di download user atau pun masyarakat luas (untuk pengaduan non BPKP). Untuk lebih memudahkan user dalam mengakses pengaduan, daftar pengaduan ini dilengkapi dengan menu pencarian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan user.

19 2. REKAP PROGRES Menu ini menampilkan rekapitulasi progres pengaduan per provinsi ditambahkan dengan level pusat (CMAC, CPMU, CPIU). Pada rekap ini kita bisa mengetahui jumlah pengaduan yang masuk dan juga status pengaduan masing – masing Provinsi.

20 3. REKAP BERDASARKAN KATEGORI Rekap ini menyajikan rekapitulasi status pengaduan berdasarkan dari kategori pengaduan.

21 4. REKAP PENYIMPANGAN DANA BERDASARKAN SUMBER/MEDIA Rekap ini menyajikan rekapitulasi pengaduan dengan kategori penyimpangan dana berdasarkan sumber atau medianya

22 5. REKAP PENYIMPANGAN DANA BERDASARKAN DERAJAT Rekap ini menyajikan rekapitulasi pengaduan dengan kategori penyimpangan dana berdasarkan derajat penanganannya.

23 6. ARSIP PPM

24 TERIMA KASIH


Download ppt "DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT PENGEMBANGAN AIR MINUM APLIKASI PPM PAMSIMAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google