Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OKY VIRGIAN SEPTYANDI, 3150406002 PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN 1998-2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OKY VIRGIAN SEPTYANDI, 3150406002 PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN 1998-2007."— Transcript presentasi:

1 OKY VIRGIAN SEPTYANDI, PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : OKY VIRGIAN SEPTYANDI - NIM : PRODI : Ilmu Sejarah - JURUSAN : Sejarah - FAKULTAS : Ilmu Sosial - oky_grand pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Ph. Dewanto, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Dra. Santi Muji Utami, M.Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN

4 Abstrak Perkembangan Pasar Tradisional Bandungan dari tahun memberikan pengaruh terhadap kemajuan ekonomi masyarakat Kecamatan Bandungan. Pasar ini tidak hanya menyediakan barang-barang seperti pasar pada umumnya, namun berperan juga sebagai sentra oleh-oleh wisata khas Bandungan. Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan komoditi andalan dari pasar tradisional ini. Pertumbuhan Pasar Tradisional Bandungan yang semakin hidup, berpengaruh terhadap dinamika masyarakat Kecamatan Bandungan. Pengaruh ini dapat dilihat dari sektor ekonomi, sosial dan budaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi masyarakat Kecamatan Bandungan sebelum tahun 1998? (2) Bagaimana perkembangan Pasar Tradisional Bandungan dari tahun ? (3) Bagaimana dinamika masyarakat Kecamatan Bandungan dari tahun ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi masyarakat Kecamatan Bandungan sebelum tahun (2) Perkembangan Pasar Tradisional Bandungan dari tahun (3) Dinamika masyarakat Kecamatan Bandungan tahun dengan berkembangnya Pasar Tradisional Bandungan. Metode sejarah merupakan metode yang dipakai dalam penelitian ini. Penggunaan metode sejarah berfungsi sebagai kerangka dalam menyusun skripsi agar terstruktur dan kredibel. Langkah dalam metode sejarah meliputi empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan studi pustaka. Pasar Tradisional Bandungan dengan image pasar sayuran dan buah-buahan memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan ekonomi masyarakat Kecamatan Bandungan. Perkembangan ini terlihat dari aktivitas masyarakat Kecamatan Bandungan dalam menyuplai kebutuhan pasar. Dinamika masyarakat ikut berkembang seiring dengan pertumbuhan pasar. Dilihat dari sisi ekonomi, perkembangan dinamika masyarakat Kecamatan Bandungan berupa peningkatan dan kesejahteraan taraf hidup yang meningkat. Dalam bidang sosial juga mengalami perubahan dengan hadirnya pasar ini, masyarakat lebih condong kepada orientasi ekonomi sehingga nilai-nilai kegotong-royongan sedikit memudar.

5 Kata Kunci perkembangan, pasar tradisional bandungan, dinamika masyarakat

6 Referensi Belshaw, Cyril S Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern. Jakarta: Gramedia. BPS Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang dalam Angka. Kabupaten Semarang : BPS Kab. Semarang Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Bawen Kabupaten Wonosobo dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: Semarang: BPS Kabupaten Semarang press Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang dalam Angka. Semarang: BPS Kabupaten Semarang press. Chourmain, Imam dan Prihatin Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Depdikbud. Depdikbud Peranan Pasar Pada Masyarakat Pedesaan Sumatera Barat. Jakarta: Depdikbud Sistem Ekonomi Tradisional Jawa Tengah. Jakarta: Depdikbud. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang Profil dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten semarang tahun Semarang: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang. Dinas pemuda, olahraga, kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang Profil Dinas pemuda, olahraga, kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang Semarang: Dinas pemuda, olahraga, kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang. Geertz, Clifford Penjaja dan Raja terjemahan Supomo. Jakarta : Gramedia Hefner, Robert W Budaya Pasar (Masyarakat dan Moralitas dalam Kapitalisme Asia Baru). Jakarta : PT. Pustaka Utama LP3S. Kuntowijoyo Metodologi Sejarah Edisi Kedua. Yogyakarta : Tiara Wacana Majid, M. Dien Pasar Angkup (Studi Kasus Perilaku Pasar). Dalam Perdagangan, Pengusaha China, Perilaku Pasar (Pengantar Dr. Dorodjatun Kuntjoro- Jakti). Jakarta: PT. Pustaka Grafika Kita. Nastiti, Titi Surti Pasar di Jawa Masa Mataram Kuna Abad VIII-IX masehi. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya Sarawati, Ufi Peranan Pasar Bagi Kerajaan Banten. Dalam Paramita. No. 2. Hal Soekanto, Soerjono Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyarto, Dakung (ed) Peranan Pasar Pada Masyarakat Pedesaan Jawa Barat. Jakarta: Depdikbud. Syamsidar (ed) Peranan Pasar pada Masyarakat Pedesaan di Daerah Riau. Jakarta : Depdikbud. Utomo, Cahyo Budi dan JB. Tjoek Soewarno Peranan Pasar pada Masyarakat Pedesaan di Daerah Jawa Tengah. Jakarta : Depdikbud.

7 Terima Kasih


Download ppt "OKY VIRGIAN SEPTYANDI, 3150406002 PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN 1998-2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google