Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur intrinsik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur intrinsik."— Transcript presentasi:

1 Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur intrinsik

2 Kata drama berasal dari bahasa Yunani draiomai yang berarti perbuatan atau tindakan. Drama diartikan sebagai kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan oleh orang banyak dengan media percakapan, gerak, dan laku, dengan atau tanpa dekor (layar dan sebagainya) didasarkan pada naskah yang telah tertulis dengan atau tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Drama merupakan tiruan kehidupan manusia yang diproyeksikan di atas pentas. Melihat drama, penonton seolah-olah melihat kejadian dalam masyarakat. Dalam hal ini, potret kehidupan dalam dunia nyata diangkat atau disampaikan melalui pemeranan tokoh-tokoh cerita.

3 Unsur intrinsik merupakan unsur dari dalam karya sastra itu sendiri. Unsur intrinsik merupakan bagian penting dalam sebuah karya sastra.

4 Tema, merupakan gagasan pokok yang mendasari terbentuknya cerita secara umum. Amanat, merupakan pesan atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita. Alur, adalah rangkaian cerita yang merupakan jalinan konflik antar tokoh yang berlawanan. Alur drama biasanya terdiri atas perkenalan, pertikaian, klimaks, peleraian, dan penyelesaian. Penokohan, mengungkapkan perwatakan dalam drama yang digambarkan menurut keadan fisik, psikis, dan sosiologis. Latar, adapun latar yaitu gambaran mengenai tempat, waktu, dan keadaan jalannya cerita. Latar sangat berhubungan dengan penataan panggung pementasan, penataan busana, serta perlengkapan lainnya.


Download ppt "Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur intrinsik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google