Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses mental Proses pengolahan informasi, a.l.: –Persepsi dan atensi –Mengingat dan menyimpan dalam ingatan –Kategorisasi, reasoning / thinking Attribution:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses mental Proses pengolahan informasi, a.l.: –Persepsi dan atensi –Mengingat dan menyimpan dalam ingatan –Kategorisasi, reasoning / thinking Attribution:"— Transcript presentasi:

1 Proses mental Proses pengolahan informasi, a.l.: –Persepsi dan atensi –Mengingat dan menyimpan dalam ingatan –Kategorisasi, reasoning / thinking Attribution: faktor penyebab suatu keadaan / kejadian. Judgment: –Judgment tentang probabilitas: seberapa besar kemungkinan sesuatu akan benar-benar terjadi. Mis., akan hujan, BBM naik, suku bunga bank turun, terjadi bencana, dll. –Judgment tentang utility / value: seberapa besar keuntungan / kerugian akan dialami bila peristiwa itu benar-benar terjadi. Mis., seberapa repot kalau baju basah, turunnya daya beli masyarakat kalau BBM naik, keuntungan kalau mengambil KPR, nilai kerusakan akibat bencana, dll.

2 Sudut pandang ekonomika Sumber informasi: ingatan, pengalaman masa lalu, informasi dari luar, dll. Intuitive statistician: –Setiap orang bisa melakukan probabilistic judgment, given information. –Probabilistic judgment mengikuti kaidah-kaidah normatif –Subjective probabilities: subjective measure of believe in a proposition. Contoh: bahwa akan turun hujan, dll.

3 Kita menilai probabilitas bahwa A termasuk dalam golongan B berdasarkan sejauh mana A memiliki kemiripan dengan B. Semakin mirip A dengan B, kita cenderung menganggap A mewakili [represenative terhadap] B.

4 Linda berusia 31 tahun, belum menikah, kritis, dan memiliki ide-ide yang cemerlang. Dia sangat menggemari masalah-masalah filsafat. Ketika masih menjadi mahasiswa dia sangat prihatin dengan masalah-masalah diskriminasi dan ketidakadilan sosial. Dia juga aktif berpartisipasi dalam berbagai demo mahasiswa. Kira-kira mana yang lebih menggambarkan diri Linda saat ini?  Linda adalah seorang teller di sebuah bank.  Linda adalah seorang teller di sebuah bank, dan sekaligus aktif di gerakan feminisme.

5 The world of bank tellers and feminists Bank tellersFeminists

6 Penghuni sebuah komplek perumahan di kota M sebagian besar (70%) berlatar belakang etnis Sunda, dan sisanya (30%) berasal dari etnis Batak. Si D seorang pria berusia 28 tahun, telah menikah dan memiliki dua orang anak yang masih kecil- kecil. Suaranya lantang, pintar menyanyi, dan sangat suka berdebat. Apakah latar belakang etnik Si D?  Sunda  Batak Base-rate Fallacy

7 Availability heuristic Kita menilai frekuensi munculnya suatu kejadian atau sebuah keadaan berdasarkan sejauh mana munculnya kejadian atau keadaan itu di masa lalu dapat diingat kembali [vividness, availability]

8 Mana yang lebih mengancam keselamatan hidup Anda?  Ikan hiu  Buah kelapa

9 Bayangkan PERSEMA berjaya pada musim kompetisi yang akan datang. Apakah PERSEMA akan menjadi juara Liga Indonesia?  Ya  Tidak

10 Bayangkan PERSEMA bermain buruk pada musim kompetisi yang akand datang. Apakah PERSEMA akan menjadi juara Liga Indonesia?  Ya  Tidak

11 Invasi Amerika Serikat di Iraq telah berjalan sekian tahun. Korban telah berjatuhan, terutama di pihak rakyat Iraq yang tak berdosa. Berapa banyak korban anak-anak dan usia lanjut pada peperangan ini? Di bawah atau di atas 2000 nyawa? Berapa persisnya?

12 Wabah flu burung yang menyerang unggas liar bisa menjadi wabah global. Sebuah kantor berita internasional melaporkan bahwa sekitar (40 ribu) burung bangau liar ditemukan mati di Vietnam. Bila virus yang menyerang +/ bangau liar itu tertularkan pada manusia, maka wabah besar-besaran akan mungkin terjadi Kembali ke masalah perang Iraq, berapa banyak korban anak-anak dan usia lanjut? Di bawah atau di atas nyawa? Berapa persisnya?

13 MAHALKAH? BELI? Sonya, model XY th Rp ,00

14 Sonya, model XY th Rp ,00 MAHALKAH? BELI? Sandra, model JK th Rp ,00

15 A very simple game: Monty Hall’s three doors  Tiga pintu, dibelakang salah satunya sebuah mobil mercedes, dibelakang dua pintu yg. lain masing seekor kambing.  Aturan: Pilih satu pintu, pembawa acara akan menunjukkan mana dari dua pintu yang memiliki kambing.  Pilihlah pintu yang mana. 123

16 3 Monty Hall’s three doors Sekarang salah satu pintu dibuka untuk menunjuk di mana si kambing. 12

17 3 Monty Hall’s three doors Pembawa acara bertanya: ‘Anda pingin ganti pilihan Anda?’ What do you do? 12

18 3 Monty Hall’s three doors Switch!Switch! 12 1/3 2/3

19 Certainty effect Manakah yang lebih Anda sukai? A.Investasi yang memberikan jaminan keuntungan Rp. 30 juta? atau A.Investasi yang menjanjikan 30% peluang keuntungan Rp. 40 juta (dan 20% peluang tidak mendapatkan keuntungan sama sekali).


Download ppt "Proses mental Proses pengolahan informasi, a.l.: –Persepsi dan atensi –Mengingat dan menyimpan dalam ingatan –Kategorisasi, reasoning / thinking Attribution:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google