Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ITAR MINTARSIH X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS XI. MENAMBAHKAN GAMBAR, TEKS DAN ANIMASI DIDALAM PRESENTASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ITAR MINTARSIH X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS XI. MENAMBAHKAN GAMBAR, TEKS DAN ANIMASI DIDALAM PRESENTASI."— Transcript presentasi:

1 ITAR MINTARSIH X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS XI. MENAMBAHKAN GAMBAR, TEKS DAN ANIMASI DIDALAM PRESENTASI

2 PEMBUTAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS Presentasi merupakan salah satu cara untuk mengenalkan sesuatu hal baru kepada orang lain. Dengan presentasi suatu perusahaan ingin menawarkan sesuatu yang lebih dari yang sudah ada.Yang dipresentasikan tidak terbatas pada benda atau barang, tetapi dapat pula berupa ide, hasil temuan, pemikiran, rapat dll. Kita dapat membuat suatu presentasi dengan menggunakan STAR IMPRESS seperti gambar di bawah ini:

3 Membuat Presentasi Dalam membuat dokumentasi presentasi dengan menggunakan aplikasi STAR IMPRESS terdapat 3 cara yaitu: Cara Pertama : 1.Buka menu File. 2.Pilih submenu New. 3.Pilih Presentation. 4.Tekan tombol Enter atau tekan tombol kiri mouse satu kali. Cara Kedua: 1.Klik tombol Start. 2.Sorot Presentation. 3.Tekan tombol Enter atau tekan tombol kiri mause satu kali. Cara Ketiga: 1.Buka menu File. 2.Pilih submenu Template. 3.Sorot pilihan Presentation. 4.Tekan tombol Enter atau tekan tombol kiri mause satu kali.

4 Menambahkan Slide Baru Agar materi presentasi lebih menarik dan diminati audiens biasanya sebuah presentasi memiliki lebih dari satu slide. Untuk membuat slide baru ada 2 cara yaitu: Cara Pertama: 1.Arahkan pointer mouse ke kotak dialog Presentation Box dan pilih menu Insert Slide. 2.Pada kotak dialog Insert Slide, pilih slide kosong atau pilih sesuai kebutuhan. 3.Tekan tombol OK untuk mengakhiri penambahan slide baru. Cara Kedua: 1.Buka menu Insert dan pilih submenu Slide. 2.Klik Satu kali pada mouse sehingga muncul tampilan kotak Insert Slide. 3.Pilih layout presentasi yang diinginkan dan akhiri dengan menekan tombol OK.

5 Menyimpan Presentasi Setelah selesai membuat dokumen presentasi, hasil kerja dapat kita simpan, caranya adalah: Cara Pertama: 1.Arahkan Petunjuk mouse diatas gambar atau ikon Diskette. 2.Klik satu kali dengan menggunakan tombol kiri mouse sehingga akan tambil kotak penyimpanan file. 3.Isikan nama file atau dokumen presentasi pada textbox File name. 4.Setelah selesai dan tidak ada lagi yang diubah, tekan tombol Save. Cara Kedua: 1.Buka menu File dan pilih submenu Save. 2.Akan muncul kotak dialog yang digunakan untuk mengatur dokumen presentasi yang akn disimpan. 3.Isikan nama file atau dokumen presentasi pada textbox File name. 4.Setelah selesai dan tidak ada lagi yang diubah, tekan tombol Save.

6 MENAMBAHKAN GAMBAR, TEKS DAN ANIMASI DIDALAM PRESENTASI Sebuah presentasi yang menarik merupakan presentasi yang dapat menyampaikan pesan tertentu kepada orang yang menyimaknya dengan semua panca indera yang dimilikinya. Untuk itu akan lebih baik bila suatu presentasi tidak hanya berisi teks atau kata-kata saja tetapi juga berisi gambar dan animasi yang menarik sehingga pembaca tidak bosan dan tetap terus berharap atau menantikan sesuatu yang baru yang akan muncul di dalam presesntasi tersebut. Dengan demikian pesan yang kita sampaikan akan dapat dengan mudah mencapai sasarannya karena orang menyimak isinya.

7 Mengimport Gambar Gambar merupakan salah satu cara untuk berkomunukasi. Dengan menggunakan gambar orang akan dapat segera memahami apa maksud atau pesan yang ingin disampaikan. Untuk mengimport atau menambahkan gambar dalam slide presentasi adalah sbb: 1.Buka menu Insert, pilih submenu Graphic dan pilih submenu From file. 2.Aktifkan dengan melakukan klik satu kali pada tombol mouse sebelah kiri sehingga akan muncul kotak dialog Insert Graphics. 3.Pindah ke direktori tempat menyimpan gambar-gambar yang dapat dipakai untuk presentasi. 4.Pilih salah satu gambar yang sesuai sehingga txtbox File name terisi dengan nama file gambar tersebut. 5.Lanjutkan dengan menekan tombol Open untuk menyisipkan gambar tersebut ke dalam slide presentasi.

8 Mengedit Gambar Untuk menedit gambar caranya sama mudahnya dengan menyisipkan gambar ke dalam slide presentasi. Caranya adalah: 1.Pastikan gambar yang akan diedit dalam keadaan aktif, tandanya adanya 8 titik disekitar gambar tersebut. 2.Buka menu Edit, pilih submenu Object dan pilh submenu Edit. 3.Aktifkan dengan menekan tombol kiri mouse. 4.Arahkan pointer mouse ke main toolbar, pilih ikon Eyedroper dan aktifkan dengan melakukan klik satu kali pada tombol mouse sebelah kiri. 5.Ubah warna latar belakang gambar agar menjadi senada dengan warna latar belakang slide dengan cara mengaktifkan ikon eyedropper pada kotak dialog Eyedropper. 6.Berikan tanda cek pada kotak disamping kiri pilihan pertama pada kotak dialog Eyedropper dan buka kotak combo Replace with. 7.Pilih warna latar belakang yang kira-kira sama atau senada dengan warna latar belakang slide. 8.Tekan tombol Replace agar warna yang dipilih dapat terwujud. 9.Hilangkan mode edit gambar dengan menekan tombol Esc. Tampilannya akan kembali seperti biasa dengan perubahan pada gambar yang sudah disisipkan.

9 Menggambar di dalam Presentasi Selain menyisipkan dan mengedit gambar, slide presentasi juga dapat kita gambari. Caranya adalah sbb: 1.Buat satu slide presentasi yang masih kosong. 2.Arahkan pointer mouse di atas ikon Rectangle pada main toolbar kemudian aktifkan dengan cara menekan tombol kiri mouse. 3.Setelah itu geser pointer mouse ke atas slide presentasi dan kemudian klik dan geser pada slide presentasi tersebut hingga terbentuk sebuah kotak persegi.Bila sudah sesuai keinginan, lepaskan tombol mouse. Cara yang sama juga dapat dilakukan untuk membuat bentuk-betuk yang lain seperti elips, kurva, bentuk 3 dimensi, garis dan panah konektor.

10 Menambahkan Grafik dari Spreadsheet Caranya adalah : 1.Buka dokumen atau file spreadsheet di mana terdapat grafik. 2.Aktifkan grafik pada spreadsheet tersebut sehingga disekelilingnya muncul 8 titik. 3.Jalankan perintah copy dengan membuka menu Edit. 4.Aktifkan program aplikasi Star Impress. 5.Pada slide yang sudah tersedia, jalankan perintah Paste dari menu Edit sehingga grafik yang ada spreadsheet sudah berada di atas slide presentasi. Menambahkan Teks Pilih ikon Text pada main toolbar di sebelah kiri slide. 1.Bawa pointer mouse ke atas slide presentasi dan lakukan klik satu kali. 2.Ketikkan kalimat atau tulisan yang ingin ditampilkan. 3.Untuk mengatur besarnya huruf, ubah combo box yang berisikan angka 24 menjadi angka yang diinginkan. 4.Untuk mengubah warna huruf, pilih dengan membuka list box warna. 5.Untuk Mengatur letak teks, arahkan pointer mouse di antara titik hijau yang mengelilingi teks tersebut dan lakukan tindakan drag and drop ke tempat yang diinginkan.

11 Menambahkan Animasi Animasi dalam Star Impress ada dua macam, yaitu animasi untuk objek yang ada di slide presentasiseperti teks slide, dan lainnya yang disebut dengan efek. Jenis yang satu lagi adalah animasi yang disusun dari beberapa gambar, yang menjadi sebuah gambar yang dapat bergerak. Caranya adalah: 1.Buat objek berupa teks. 2.Buka menu Presentation dan aktifkan submenu Effects sehingga muncul kotak dialog Effects. 3.Aktifkan ikon Teks Effecst. 4.Pada combo box yang bertuliskan No Effects, ubah pilihan tersebut menjadi Uncover. 5.Pilih kotak paling kiri sehingga di atas combo box yang berisis pilihan Medium muncul tulisan Uncover from Left. 6.Tekan ikon Assign sehingga efek animasi yang kita inginkan diterapkan pada teks yang kita pilih.


Download ppt "ITAR MINTARSIH X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS XI. MENAMBAHKAN GAMBAR, TEKS DAN ANIMASI DIDALAM PRESENTASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google