Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

66 Pengertian Kurikulum Secara Etimologis Curriculum berasal dari kata Currerre (Latin) yang berlari cepat. Curriculum diartikan sebagai jarak yang harus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "66 Pengertian Kurikulum Secara Etimologis Curriculum berasal dari kata Currerre (Latin) yang berlari cepat. Curriculum diartikan sebagai jarak yang harus."— Transcript presentasi:

1 66 Pengertian Kurikulum Secara Etimologis Curriculum berasal dari kata Currerre (Latin) yang berlari cepat. Curriculum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start hingga finish S F Menurut Kamus Wbster’s (1857) Sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa untuk mendapatkan ijazah atau naik kelas.

2 67 Pengertian Kurikulum William B. Ragan Semua pengalaman yang diperoleh anak dibawah tanggung jawab sekolah. J. gallen Saylor dan M. Alexander Segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, baik dilaksanakan di dalam ruangan, di halaman, maupun di luar sekolah.

3 68 Pengertian Kurikulum Soedijarto Segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan untuk diatasi oleh siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dalam satu lembaga. UU No. 20 Tahun 2003 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertetu.

4 69 Kurikulum sebagai suatu sistem memiliki komponen2 pokok Tujuan Isi / Materi Organisasi dan Strategi / Kegiatan Belajar & Pembelajaran Evaluasi

5 70 Landasan Kurikulum 1. Filosofis/Yuridis Sistem nilai/pandangan hidup yang dianut oleh suatu masyarakat Peraturan perundang-undangan 2. Psikologis Karakteristik peserta didik 3. Sosiologis Karakteristik masyarakat 4. Organisatoris Disain yang tepat dan fungsional

6 71 Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Relevansi (kesesuaian) Kurikulum harus relevan dengan: 1. Kebutuhan peserta didik (sebagai individu dan anggota masyarakat) 2. Tuntutan dunia kerja 3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Efesiensi Dalam hal waktu, tenaga, biaya. Keefektifan Dalam pencapaian tujuan pembelajaran, baik oleh guru dalam melaksanakan program pembelajarannya, maupun oleh siswa yang melakukan kegiatan belajar. Kontinuitas adanya kesinambungan dalam isi dan program: antara satu kelas ke kelas berikutnya; antara satu sekolah ke sekolah di atasnya. Fleksibilitas memiliki keluwesan dalam pemilihan program2 oleh siswa, dan pengembangan program oleh guru.

7 72 DISAIN / ORGANISASI KURIKULUM 1. Separate subject curriculum, 2. Broadfield curriculum, dan 3. Integrated curriculum

8 73 Pendekatan Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada bahan (Subject matter oriented) Berorientasi pada tujuan (Objctive oriented) Berorientasi pada kompetensi (Competencies Based Curr).

9 74 Kurikulum Berbasis Kompetensi Pengertian Yaitu suatu kurikulum yang ditujukan untuk menciptakan tamatan yang kompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsanya. Kompetensi yang dikembangkan berupa keterampilan dan keahlian bertahan hidup dalam perubahan, pertentangan, ketidak menentuan, ketidakpastian, da kerumitan-kerumitan dalam kehidupan.

10 75 Prinsip-Prinsip Pengembangan KBK 1. Keseimbangan etika, logika, dan kinestika 2. Kesamaan memperoleh kesempatan 3. Memperkuat identitas nasional 4. Menghadapi abad pengetahuan 5. Menyongsong tantangan teknologi informasi dan komunikasi 6. Mengembangkan keterampilan hidup 7. Mengintegrasikan unsur-unsur penting ke dalam kurikuler 8. Pendidikan alternatif 9. Berpusat pada anak sebagai pusat pengetahuan 10. Pendidikan multikultural dan multibahasa 11. Penilaian berkelanjutan dan komprehensif 12. Pendidikan sepanjang hayat


Download ppt "66 Pengertian Kurikulum Secara Etimologis Curriculum berasal dari kata Currerre (Latin) yang berlari cepat. Curriculum diartikan sebagai jarak yang harus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google