Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POLA LOKASI KOTA Dasar: (1)Ukuran besar/kecilnya jumlah penduduk. (2)Posisi/letak antara kota satu dengan kota lain. Masing-masing dihasilkan karena fungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POLA LOKASI KOTA Dasar: (1)Ukuran besar/kecilnya jumlah penduduk. (2)Posisi/letak antara kota satu dengan kota lain. Masing-masing dihasilkan karena fungsi."— Transcript presentasi:

1 POLA LOKASI KOTA Dasar: (1)Ukuran besar/kecilnya jumlah penduduk. (2)Posisi/letak antara kota satu dengan kota lain. Masing-masing dihasilkan karena fungsi serta daya dukung berbeda Ada 3 pola lokasi kota: 1.Pola lokasi linier

2 1. POLA LOKASI LINIER  Terletak di sepanjang jalur transportasi.  Fungsi kota adalah pusat bongkar-muat barang dari alat transport yang satu ke alat transport yang lain.  Fasilitas yang ada pergudangan,terminal dan penginapan  Kota dengan fungsi ini disebut ENTREPOT

3 2.POLA LOKASI CLUSTER (MENGELOMPOK) Terdapat di wilayah yang tersedia sumber-sumber tertentu, seperti tambang/peristirahatan Juga bisa terdapat pusat industri di seputar bahan baku. Dalam jarak relatif dekat kota-kota itu berkembang

4 3. POLA LOKASI HIRARKHI  Terdapat di daerah pertanian.  Daya dukung kota dari penjualan barang dan jasa kepada penduduk di sekitarnya.  Kota dengan pola ini berfungsi sebagai CENTER PLACE/SERVICE CENTER

5 CITIES AS A SERVICE CENTER W. Christaller memperkenalkan hubungan antara kota dengan hinterlandnya. Ada beberapa elemen Center Place: Central Place (CP): tempat/pusat yang menyediakan barang dan jasa bagi penduduk di wilayah sekelilingnya (hinterland) Centrality: urutan centralitas suatu tempat berkaitan ukuran besar/kecil kota. Semakin besar kota semakin central. Complementary region: wilayah sekeliling kota yang dilayani central place (hinterland)

6 lanjutan Threshold : Jumlah minimum ( orang, daya beli) untuk mendukung suatu usaha agar tetap berjalan. Goods & Services: Barang dan jasa yang ditawarkan di CP. Ada barang & jasa yang tergolong high order dan low order. Range of goods: Jarak jangkauan pasar barang atau jarak jauh perjalanan orang untuk membeli barang. Range of goods dipengaruhi oleh: Harga barang, biaya transport, perlu/tidaknya akan barang, suka/tidaknya konsumen. Harga barang, biaya transport, perlu/tidaknya akan barang, suka/tidaknya konsumen.

7 lanjutan A System of FOB (Free On Board): Suatu sistem harga dimana biaya transport ditanggung oleh pembeli. Homogenous plain: Dataran rendah yang homogen. Excess Profit: Keuntungan berlebih karena ada pembeli dari luar complementary region.


Download ppt "POLA LOKASI KOTA Dasar: (1)Ukuran besar/kecilnya jumlah penduduk. (2)Posisi/letak antara kota satu dengan kota lain. Masing-masing dihasilkan karena fungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google